Bedtime Stories (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bedtime Stories
Poster resmi
Sutradara
Produser
Ditulis oleh
SkenarioMatt Lopez
Tim Herlihy
CeritaMatt Lopez
Pemeran
Penata musikRupert Gregson-Williams
SinematograferMichael Barrett
PenyuntingTom Costain
Perusahaan
produksi
Walt Disney Pictures
Happy Madison Productions
Gunn Films
Offspring Entertainment
Conman & Izzy Productions
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 25 Desember 2008 (2008-12-25)
Durasi99 menit[1]
Negara
Bahasa
Anggaran$80 juta[2]
Pendapatan
kotor
$212.9 juta[3]

Bedtime Stories adalah sebuah film komedi fantasi Amerika Serikat tahun 2008. Film ini disutradarai oleh Adam Shankman dari sebuah skenario oleh Matt Lopez dan Tim Herlihy berdasarkan sebuah cerita oleh Lopez. Film ini dibintangi Adam Sandler bersama Keri Russell, Jonathan Morgan Heit, Laura Ann Kesling, Guy Pearce, Aisha Tyler, Russell Brand, Richard Griffiths, Teresa Palmer, Lucy Lawless dan Courteney Cox. Dalam film ini, ketika kisah seorang tukang di hotel menjadi kenyataan akibat diceritakan oleh keponakannya. Perusahaan produksi Sandler, Happy Madison, dan perusahaan Andrew Gunn, Gunn Films, turut memproduksi film ini dengan Walt Disney Pictures.

Film ini dirilis secara teatrikal pada 25 Desember 2008 oleh Disney. Meskipun menerima ulasan yang umumnya negatif dari para kritikus, film ini merupakan kesuksesan box office, menghasilkan $212,9 juta dari anggaran $80 juta.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1974, Skeeter dan Wendy Bronson dibesarkan oleh ayah mereka, Marty dalam bisnis keluarga: Motel Sunny Vista. Namun, meskipun menjadi pengusaha hotel dan tuan rumah yang baik, Marty menghadapi masalah keuangan yang serius hingga bisnisnya dan hampir bangkrut. Motel tersebut dijual paksa kepada Barry Nottingham, CEO dan pendiri jaringan hotel Nottingham Hotels, dan dibangun kembali menjadi sebuah hotel mewah bernama Sunny Vista Nottingham. Saat ini, Skeeter terjebak bekerja sebagai tukang reparasi hotel, meskipun Nottingham sebelumnya menjanjikan mendiang Marty untuk membiarkan Skeeter menjalankan hotel jika dia bekerja keras. Nottingham mengumumkan rencana untuk menutup hotel lama agar membangun yang baru, bernama Sunny Vista Mega Nottingham, dan menunjuk Kendall Duncan sebagai calon manajernya, hanya karena dia mengencani putri Nottingham, Violet.

Wendy meminta Skeeter untuk menjaga anak-anaknya, Patrick dan Bobbi, karena sekolah tempat dia menjadi kepala sekolah akan tutup dan dia sedang mencari pekerjaan di Arizona. Malam pertama, Skeeter dengan sinis menceritakan kepada mereka sebuah cerita pengantar tidur di mana ia memerankan dirinya sebagai petani yang diunggulkan di dunia fantasi abad pertengahan, akan tetapi gagal dalam mendapatkan promosi pekerjaan. Tidak puas dengan akhir cerita yang tidak bahagia, anak-anak menambahkan bahwa petani mendapat kesempatan untuk promosi, dan hujan mulai mengguyur.

Keesokan harinya, cerita tersebut secara ajaib menjadi kenyataan: Nottingham, mengingat janji awal yang dia buat kepada Marty, memberikan kesempatan kepada Skeeter untuk menduduki posisi manajer apabila ia berhasil meyakinkan Nottingham. Dalam perjalanan pulang, sekumpulan bola permen karet menghujani Skeeter. Malam berikutnya, di hotel, Skeeter menceritakan kisah liar gaya barat di mana dia, sebagai koboi, diberikan kuda mahal bernama Ferrari secara gratis. Skeeter keluar malam itu, dia menyelamatkan Violet dari paparazzi yang menjengkelkan; dia kemudian melihat mobil Ferrari milik Violet dan salah mengira itu untuknya sebelum Violet pergi. Skeeter menyadari bahwa hanya penambahan cerita anak-anak yang menjadi kenyataan. Malam setelah itu, Skeeter, dengan bantuan anak-anak, bercerita tentang seorang stuntman yang mengendarai kereta di Yunani Kuno, yang memenangkan kencan dengan "gadis tercantik di negeri ini". Keesokan harinya, Skeeter akhirnya menghabiskan hari dan jatuh cinta pada teman kakaknya, Jill.

Pada malam terakhir Skeeter dengan anak-anak, dia memberi tahu mereka sebuah kisah bergaya ruang angkasa di mana dia menang mengalahkan Kendall dalam duel, tetapi anak-anak menambahkan bahwa seseorang membunuh Skeeter dengan bola api. Skeeter mengetahui dari Kendall bahwa Hotel Nottingham yang baru akan berada di lokasi sekolah tempat kakanya menjadi kepala sekolah. Skeeter dan Kendall membuat presentasi tentang cara terbaik untuk memasarkan hotel; dengan pidatonya yang tulus, Skeeter akhirnya memenangkan posisi manajer. Namun, Skeeter, paranoid terhadap api karena cerita anak-anak, meledakkan alat pemadam api ke kue Nottingham yang kemudian membuatnya di pecat dan tidak mendapatkan posisi manajer.

Skeeter yang sangat mengejutkan Jill dan Nottingham berhasil memindahkan lokasi hotel ke tepi pantai di Santa Monica; setelah itu Skeeter dan Jill ke sekolah yang akan dihancurkan. Saat berada di lokasi, memprotes penutupan sekolah, Bobbi dan Patrick menyelinap ke dalam gedung sekolah. Skeeter dan Jill tiba tepat pada waktunya untuk menghentikan Kendall meledakkan sekolah, menyelamatkan anak-anak dan sekolah. Beberapa waktu kemudian, Skeeter menikahi Jill dan membuka sebuah motel yang dinamai setelah nama ayahnya; dengan Kendall dan kaki tangannya Aspen menjadi staf motel. Violet menikahi sahabat Skeeter, Mickey, memberinya kendali atas Kerajaan Nottingham. Nottingham keluar dari industri perhotelan untuk menjadi perawat sekolah; dan Skeeter dan Jill menikah hingga punya bayi.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, Bedtime Stories memiliki rating persetujuan sebesar 27% berdasarkan 111 ulasan, dengan rating rata-rata 4.4/10. Konsensus situs tersebut menyatakan, "Meskipun mungkin mendapatkan beberapa tawa dari pra-remaja, komedi Adam Sandler yang ramah anak ini tidak merata, berjalan dengan buruk, dan tidak memiliki imajinasi yang diperlukan untuk benar-benar bekerja."[4] Di Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 33 dari 100 berdasarkan 26 ulasan, menyatakan "ulasan yang umumnya tidak menguntungkan".[5] Audiens yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai B+ pada skala A hingga F.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bedtime Stories". American Film Institute. Diakses tanggal February 7, 2022. 
  2. ^ "Bedtime Stories (2008) - Financial Information". The Numbers. 
  3. ^ "Bedtime Stories (2008)". Diakses tanggal 2008-01-25. 
  4. ^ "Bedtime Stories (2008)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal November 23, 2019. 
  5. ^ "Bedtime Stories". Metacritic. Diakses tanggal November 23, 2019. 
  6. ^ "Cinemascore". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]