Bebas genggam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perangkat telepon bebas genggam dipasang ke Saab 9-5.

Bebas genggam atau bebas tangan[1] (Inggris: handsfree) adalah kata sifat yang menjelaskan peralatan yang dapat digunakan tanpa menggunakan tangan atau tanpa digenggam (misalnya melalui perintah suara) atau, dalam arti luas, peralatan yang hanya membutuhkan penggunaan tangan yang terbatas, atau yang kendalimya diposisikan sedemikian rupa sehingga tangan mampu menyibukkan diri dengan tugas lain (seperti mengemudi) tanpa perlu mencari kendali jauh-jauh.[2][3][4]

Perangkat yang biasanya digunakan untuk komunikasi bebas genggam menggunakan Bluetooth sebagai teknologi nirkabelnya. Mereka masih memerlukan ponsel pintar atau perangkat lain untuk melakukan panggilan. Perangkat ini meliputi perangkat jemala Bluetooth, perangkat kendara bebas genggam (PKBG), dan perangkat navigasi pribadi (PNP). Awalnya diperkenalkan sebagai fitur opsional yang dihubungkan dengan kabel ke telepon pintar atau perangkat komunikasi lainnya, sekarang umumnya tersedia dengan teknologi nirkabel.

Pilihan perangkat bebas genggam Bluetooth sekarang juga mudah ditemukan di otomotif kelas atas mana pun sebagai bagian dari sistem stereo kendaraan, atau di unit sistem stereo suku cadang bermerek. Opsi ini menggunakan pengeras suara kendaraan untuk mentransmisikan suara penelepon dalam panggilan telepon dan memiliki mikrofon tertanam di unit stereo itu sendiri, roda kemudi, atau menggunakan mikrofon berkabel terpisah yang dapat ditempatkan di mana saja di dalam kendaraan.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia) Arti kata bebas tangan dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. ^ Schiesel, Seth (4 November 2010). "Kinect by Microsoft Keeps You Entertained Hands Free". Diakses tanggal 28 April 2017. 
  3. ^ Tedeschi, Bob (22 April 2009). "New Hands-Free Headsets From Plantronics and Aliph". Diakses tanggal 28 April 2017. 
  4. ^ Tedeschi, Bob (17 June 2009). "Talk Hands-Free and Listen to Your Songs too". Diakses tanggal 28 April 2017. 
  5. ^ Quain, John R. (22 April 2007). "Bluetooth Plays Matchmaker: M3, Meet MP3". Diakses tanggal 28 April 2017.