Beatrice dari Navarra (1242-1295)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Beatrice dari Navarra
Beatrix of Navarra.jpg
Segel Beatrice
Suami/istriHugues IV dari Bourgogne
AnakIsabelle dari Bourgogne
Orang tuaThibaut I dari Navarra
Marguerite dari Bourbon

Beatrice dari Navarra (1242? - 1295), Permaisuri Bourgogne, adalah putri Thibaut I dari Navarra dan istri ketiganya Marguerite dari Bourbon. Saudara-saudaranya termasuk Thibaut III dari Navarra dan Henri I dari Navarra. Ia juga dikenal sebagai Beatrix dari Champagne.

Beatrice menikah dengan Hugues IV, Adipati Bourgogne.[1] Setelah menikah, Beatrice menjadi Adipati wanita di Bourgogne.[2]

Hugues dan Beatrice memiliki keturunan sebagai berikut:

Putra Beatrice, Hugues tidak berhasil menggantikan ayahandanya, karena Hugues IV memiliki anak lagi, Robert, oleh pernikahannya dengan Yolande de Dreux. Hugues IV meninggal pada tahun 1271 dan digantikan oleh Robert. Setelah suaminya meninggal, Beatrice pensiun ke château de l'isle-sur-Serein. Ia berselisih dengan anak tirinya Robert, dan meminta perlindungan dari Philippe II dari Prancis. Ia juga menolak klaim suksesi kakandanya pada tahun 1273.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Theodore Evergates, Aristocratic Women in Medieval France, (University of Pennsylvania Press, 2011), 80.
  2. ^ A charter dated November 1258 confirms the marriage between “Hue duc de Bourgoigne” and “Thiebaut…foy de Navarre, de Champaigne et de Brie cuens palatins…demoiselle Biatrix nostre serour
  3. ^ Philippe Le Bel et la Noblesse Franc-Comtoise, Frantz Funck-Brentano, Bibliothèque de l’École des chartes, Vol. 49 (1888), 9.
Beatrice dari Navarra (1242-1295)
Lahir: 1242 Wafat: Juli 1295
Didahului oleh:
Yolande de Dreux
Permaisuri Bourgogne
1258–1272
Diteruskan oleh:
Agnes dari Prancis