Bayam palmer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Infobox spesiesBayam palmer
Amaranthus palmeri
Amaranthus palmeri.jpg
Taksonomi
DivisiTracheophyta ·
UpadivisiSpermatophytina ·
(tanpa takson)angiosperms ·
(tanpa takson)mesangiosperms ·
(tanpa takson)eudicots ·
(tanpa takson)core eudicots ·
OrdoCaryophyllales ·
FamiliAmaranthaceae ·
UpafamiliAmaranthoideae ·
GenusAmaranthus ·
SpesiesAmaranthus palmeri
S.Watson, 1877
Ubah data ini di Wikidata

Bayam palmer atau Amaranthus palmeri adalah spesies tanaman berbunga yang dapat dimakan, termasuk ke dalam genus amaranth. Bayam palmer memiliki beberapa nama umum dalam bahasa Inggris: carelessweed,[1] dioecious amaranth,[2] Palmer's amaranth, Palmer amaranth, dan Palmer's pigweed. Berasal dari Amerika Utara bagian selatan, sedangkan untuk populasi di Amerika Serikat bagian timur mungkin sudah dinaturalisasi, selain itu juga telah diperkenalkan ke Eropa, Australia, dan daerah lainnya. Amaranthus palmeri tumbuh dengan cepat dan sangat kompetitif.

Daun, batang, dan biji Amaranthus palmeri, seperti juga jenis bayam lainnya, dapat dimakan dan sangat bergizi.[1][3] Dulunya pernah banyak dibudidayakan dan dimakan oleh penduduk asli Amerika di seluruh Amerika Utara.[3] Spesies "Amaranthus" lainnya telah ditanam sebagai tanaman untuk sayuran dan benih selama ribuan tahun di Meksiko, Amerika Selatan, Karibia, Afrika, India, dan Tiongkok. Tumbuhan ini bisa menjadi racun bagi hewan ternak karena kandungan nitrat yang ada pada daunnya.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Amaranthus palmeri". Natural Resources Conservation Service PLANTS Database. USDA. 
  2. ^ "BSBI List 2007". Botanical Society of Britain and Ireland. Diarsipkan dari versi asli (xls) tanggal 2014-10-23. Diakses tanggal 2014-10-17. 
  3. ^ a b "Native American Ethnobotany Database". 
  4. ^ "Plants Poisonous to Animals". Cornell University Department of Animal Science.