Baufra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Baufra dalam hieroglif
ra
Z1
G30V1Y1
Z2
f

Bau-f-Râ
B3.w-f-Rʾ
Rekemuliaannya[1]
Papirus Westcar, kolom 4.18
V10AraG29fV11A

Ba-ef-Rê
B3-f-Rʾ
Re adalah kemuliaannya[1]
Wadi Hammamat, nama cartouche no.5

Baufra /bɑːfrɑː/ (juga dibaca Bauefre dan Ra-bau-ef) adalah nama yang diduga putra raja Mesir Kuno (Firaun) Khufu dari Dinasti ke-IV Kerajaan Lama. Ia dikenal dari sebuah cerita di Papirus Westcar dan dari prasasti batu di Wadi Hammamat. Dia tidak dibuktikan dalam sejarah modern atau arkeologi, yang membuat tokoh sejarahnya diperdebatkan oleh para cendekiawan hingga hari ini.

Identitas[sunting | sunting sumber]

Ada kemungkinan bahwa Baufra identik dengan Horbaef atau Babaef I.[2]

Baufra dalam Wadi Hammamat[sunting | sunting sumber]

Dalam prasasti di Wadi Hammamat nama Baufra ditulis dalam cartouche kerajaan, yang membingungkan dalam egiptologi, karena Baufra tidak dibuktikan dalam sejarah modern maupun arkeologis. Mungkin dia dipuja sebagai pelindung setempat para pekerja tambang. Fenomena serupa dapat diamati dengan pangeran Djedefhor, yang namanya juga salah ditulis dalam cartouche, terlepas dari kenyataan bahwa ia diturunkan oleh prasasti yang dibuktikan arkeologis sebagai "putra raja” saja. Nama Baufra muncul sebagai nama belakang dalam daftar penamaan raja-raja Khufu, Djedefre, Khafre dan Hordjedef.[2][3] Egiptologis seperti Donald B. Redford percaya bahwa nama dan pemuliaan baik Baufra dan Djedefhor didasarkan pada kesalahpahaman yang muncul pada awal Kerajaan Baru, ketika karya sastra seperti “Khufu dan para penyihir” dan “Ramalan Neferti” disusun dan protagonis ditempatkan dengan dugaan peran sejarah. Orang Mesir mungkin mengira bahwa semua putra dan cucu Khufu bertakhta setelah raja ini, karena semua raja hingga Shepseskaf sebenarnya adalah putra, cucu atau cicit Khufu. Garis penerus ini kemudian secara keliru dianggap termasuk Baufra dan Djedefor.[4]

Baufra dalam Papirus Westcar[sunting | sunting sumber]

Baufra muncul di Papirus Westcar sebagai tokoh sastra. Namanya diberikan di sini sebagai nama pribadi tanpa cartouche kerajaan. Dalam cerita, putra-putra Khufu menghibur ayahanda mereka dengan menceritakan kisah-kisah tentang penyihir dan keajaiban yang disaksikan di bawah nenek moyang Khufu Djoser, Nebka dan Sneferu. Baufra muncul sebagai narator dari cerita ketiga.

Baufra menceritakan kisah tentang kakek kerajaannya Sneferu, ayahanda Khufu. Dalam cerita itu terungkap bahwa Sneferu bosan dan tertekan pada suatu hari, dan Imamnya Djadjaemankh mengatakan kepadanya bahwa dia harus memanggil gadis-gadis cantik untuk melakukan perjalanan mendayung di danau kerajaan. Saat bersantai di danau, perjalanan terganggu oleh pelayan yang kehilangan jimat berharga. Djadjaemankh menyelamatkan jimat dengan menggunakan mantra yang memindahkan air danau ke samping. Kemudian jimat dibawa kembali ke pelayan dan perjalanan dayung dilanjutkan. Sneferu senang dengan Djadjaemankh, menghadiahinya dan menghabiskan sisa hari untuk merayakannya.

Mendengar selesainya kisah ini, Khufu memberikan persembahan kepada Kas Sneferu dan Djadjaemankh, dan dia puas dengan putranya Baufra.[5][6]

Kemungkinan makam[sunting | sunting sumber]

Mastaba ganda G 7310 – 7320 di bidang timur kompleks piramida Giza dikaitkan dengan Baufra beberapa kali.[7] Tetapi yang lain menugaskan makam itu kepada pangeran Babaef I.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hermann Ranke, Anneliese Biedenkopf-Ziehner: Die ägyptischen Personennamen. J. J. Augustin, Glückstadt 1935, page 89.
  2. ^ a b Aidan Dodson & Dyan Hilton: The Complete Royal Families of Ancient Egypt. Thames & Hudson, London 2004, ISBN 0-500-05128-3, page 50-61.
  3. ^ Peter Jánosi: Giza in der 4. Dynastie. Die Baugeschichte und Belegung einer Nekropole des Alten Reiches, Bd. I: Die Mastabas der Kernfriedhöfe und die Felsgräber. Verlag der Österreichischen Akademie der Wissenschaften, Wien 2005, ISBN 3-7001-3244-1, page 64–65.
  4. ^ Donald B. Redford: Pharaonic king-lists, annals, and day-books: a contribution to the study of the Egyptian sense of history (= SSEA publication, Society for the Study of Egyptian Antiquities. Band 4). Benben, Indiana 1986, ISBN 0920168078, S. 237.
  5. ^ Verena M. Lepper: Untersuchungen zu pWestcar. Eine philologische und literaturwissenschaftliche (Neu-)Analyse. Ägyptologische Abhandlungen, Band 70. Harrassowitz, Wiesbaden 2008, ISBN 3-447-05651-7, page 41–46.
  6. ^ Miriam Lichtheim: Ancient Egyptian literature: a book of readings. The Old and Middle Kingdoms, Volume 1. University of California Press 2000, ISBN 0-520-02899-6, page 215 – 220.
  7. ^ William Stevenson Smith: The Origin of Some Unidentified Old Kingdom Reliefs. In: American Journal of Archaeology, vol. 46 (1942), pp. 523-524
  8. ^ Miroslav Bárta: The Title Inspector of the Palace during the Egyptian Old Kingdom. Archiv Orientální 67, No. 1 (February, 1999), pp. 4, 10, 12-13 (discussion of "Anonymous" title holder).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]