Baturetno, Wonogiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Baturetno
Kecamatan
Locator kecamatan Baturetna ing Kabupaten Wanagiri.png

Peta lokasi Kecamatan Baturetno
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Wonogiri
Pemerintahan
 • Camat Drs. Edy Martono, MM
Luas 89,10 km²
Jumlah penduduk 45.639 (2003)
Kepadatan 512 jiwa per km² (2003)
Desa/kelurahan 13


Baturetno adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Kecamatan ini berbatasan di sebelah barat dengan Waduk Gajahmungkur.


Baturetno adalah kecamatan yang sebagian wilayahnya terendam oleh proyek pembangunan waduk PLTA tersebut. Akibatnya, sejumlah penduduk beberapa desa harus bertransmigrasi ke provinsi lain, seperti di Sumatera Barat (Sitiung).

Mata pencaharian mayoritas penduduk kecamatan ini adalah pedagang, wiraswasta, dan petani sawah tadah hujan. Sebagaimana mayoritas penduduk Kabupaten Wonogiri yang terkenal sebagai perantau, warga Batuertno sebagian besar juga perantau.

Baturetno juga dikenal karena banyak memiliki perusahaan bus antarprovinsi. Hal ini tentunya berkaitan dengan kebiasaan penduduk yang senang merantau dimana bus adalah alat transportasi yang paling ideal saat ini.

Beberapa produk makanan khas Baturetno adalah tempe keripik, sate kambing, dan gudeg terik yang dapat dijumpai di sekitar Pasar dan terminal bus.

Kelurahan/Desa[sunting | sunting sumber]

Peta Kecamatan Baturetno

Kecamatan Baturetno terdiri atas 13 desa, yaitu:

  1. Balepanjang
  2. Baturetno
  3. Belikurip
  4. Boto
  5. Gambiranom
  6. Glesungrejo
  7. Kedungombo
  8. Saradan
  9. Sendangrejo
  10. Setrorejo
  11. Talunombo
  12. Temon
  13. Watuagung


Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sekolah yang ada di Baturetno terdiri dari Pendidikan pra Sekolah, Pendidikan Dasar dan Sekolah Lanjutan.

Iklim dan Geografis[sunting | sunting sumber]

Baturetno memiliki suhu harian antara 25°-30° Celcius, terletak di 7'59 LS dan 110'56'0" BT. Kontur wilayah Kecamatan Baturetno relatif datar dibanding wilayah kecamatan lain dalam Kabupaten Wonogiri.

Kuliner[sunting | sunting sumber]

Sate kambing dan tongseng menjadi salah satu masakan yang khas cita rasanya yang diresepkan turun temurun di keluarga yang memang sudah dikenal sebagai penjual sate kambing.Kuliner ini dapat ditemukan di kompleks pasar dan terminal bus Baturetno. Kue serabi merupakan kue yang banyak ditemukan di wilayah eks karesidenan Surakarta, demikian juga di Baturetno kue serabi dapat di jumpai dijual pada pagi hari di seputar perempatan Baturetno tentunya dengan penampilan dan rasa yang berbeda dengan yang ada di kota Solo. Begitu pula dengan bakso. Di kecamatan inilah banyak penjual bakso dengan cita rasa yang mantap dan ditemukan di daerah sekitar perempatan dan terminal bus maupun non bus.

Kuliner : Jangan Lombok Ijo, Soto Bening, Tempe Benguk, Bongko Pecel