Battle of the Sexes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Battle of the Sexes
Battle Of The Sexes Movie Poster.jpg
Poster film Battle of the Sexes
SutradaraJonathan Dayton
Valerie Faris
ProduserDanny Boyle
Christian Colson
Robert Graf
SkenarioSimon Beaufoy
PemeranEmma Stone
Steve Carell
Andrea Riseborough
Sarah Silverman
Bill Pullman
Alan Cumming
Elisabeth Shue
Austin Stowell
Eric Christian Olsen
MusikNicholas Britell
SinematografiLinus Sandgren
PenyuntingPamela Martin
Perusahaan
produksi
Decibel Films
Cloud Eight Films
DistributorFox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 2 September 2017 (2017-9-2) (Festival Film Telluride)
  • 22 September 2017 (2017-9-22) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 29 September 2017 (2017-9-29) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
121 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
Britania Raya
BahasaInggris
Anggaran$25 juta[2]
Pendapatan kotor$18,445,094[3][4]

Battle of the Sexes adalah film drama komedi biografi Britania Raya-Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Jonathan Dayton dan Valerie Faris dan diproduseri oleh Danny Boyle, Christian Colson dan Robert Graf. Naskah film ini ditulis oleh Simon Beaufoy berdasarkan kisah nyata petenis wanita nomor satu dunia Billie Jean King dalam pertandingan tenis antar-gender tahun 1973. Film ini dibintangi oleh Emma Stone, Steve Carell, Andrea Riseborough, Sarah Silverman, Bill Pullman, Alan Cumming, Elisabeth Shue, Austin Stowell dan Eric Christian Olsen.

Film Battle of the Sexes merupakan film kolaborasi kedua Emma Stone dan Steve Carell setelah film Crazy, Stupid, Love. Film ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Telluride pada tanggal 2 September 2017[5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 September 2017 secara terbatas dan 29 September 2017 secara luas.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini mendramatisasi peristiwa menjelang pertandingan tenis tahun 1973 antara Billie Jean King (Emma Stone) dan Bobby Riggs (Steve Carell) serta kehidupan pribadi mereka. Billie Jean dan Gladys Heldman (Sarah Silverman) bertemu dengan Jack Kramer (Bill Pullman) yang telah mengumumkan sebuah turnamen tenis di mana hadiah utama untuk wanita adalah seperdelapan dari hadiah pria, meskipun ada penjualan tiket yang sama. Billie Jean dan Gladys mengancam untuk memulai tur mereka sendiri namun Jack tidak akan mengubah persyaratan, dengan alasan status wanita yang dianggap rendah. Jack kemudian mengeluarkan mereka, para wanita yang mengikuti tur baru, dari Lawn Tennis Association. Tur mereka sedikit mengalami masalah hingga Gladys mendapatkan sponsor yang menguntungkan dari rokok Virginia Slims. Billie Jean memulai perselingkuhan dengan Marilyn Barnett (Andrea Riseborough), penata rambutnya, mengancam pernikahannya dengan Larry King (Austin Stowell).

Sementara pernikahan Bobby dengan Priscilla Wheelan yang kaya raya (Elisabeth Shue) bermasalah karena Bobby yang kecanduan judi. Diusir keluar dari rumahnya ketika Bobby tidak bisa menyembunyikan Rolls Royce yang dimenangkannya dalam taruhan tenis, ia menyukai ide pertandingan yang menantang melawan pemain tenis wanita papan atas, dengan membual bahwa bahkan pada usia 55 tahun, Bobby bisa mengalahkan wanita manapun. Billie Jean menolak, namun Margaret Court (Jessica McNamee), yang baru saja mengalahkan Billie Jean dalam sebuah pertandingan, menerima tantangan tersebut. Bobby dengan mudah mengalahkan Margaret dan Billie Jean memutuskan bahwa ia harus menerima tantangan Bobby, namun menuntut keputusan akhir mengenai peraturan tersebut. Billie Jean melakukan pelatihan intensif, sementara Bobby bersantai. Billie Jean menunjuk Jack sebagai penyiar pertandingan, mengancam untuk tidak bermain kecuali jika Jack tidak menarik diri, dan Jack melakukannya. Setelah awal yang lambat, Billie Jean akhirnya memenangkan pertandingan melawan Bobby.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Emma Stone sebagai Billie Jean King
  • Steve Carell sebagai Bobby Riggs
  • Andrea Riseborough sebagai Marilyn Barnett
  • Sarah Silverman sebagai Gladys Heldman
  • Bill Pullman sebagai Jack Kramer
  • Alan Cumming sebagai Ted Tinling
  • Elisabeth Shue sebagai Priscilla Wheelan
  • Austin Stowell sebagai Larry King
  • Natalie Morales sebagai Rosie Casals
  • Eric Christian Olsen sebagai Lornie Kuhle
  • Lewis Pullman sebagai Larry Riggs
  • Jessica McNamee sebagai Margaret Court
  • Martha MacIsaac sebagai Jane Bartkowicz
  • Wallace Langham sebagai Henry
  • Mark Harelik sebagai Hank Greenberg
  • Fred Armisen sebagai Rheo Blair
  • Chris Parnell sebagai DJ
  • John C. McGinley sebagai Herb

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Battle of the Sexes mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 85%, berdasarkan 263 ulasan, dengan rating rata-rata 7.2/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 73 dari 100, berdasarkan 46 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Battle of the Sexes mendapatkan $12,638,526 di Amerika Utara dan $5,806,568 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $18,445,094, lebih kecil dari anggaran produksi film $25 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $515,450, menempati posisi ke-16 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $3,417,342, menempati posisi ke-6 di box office di belakang film Kingsman: The Golden Circle, It, American Made, The LEGO Ninjago Movie dan Flatliners.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Battle of the Sexes (12A)". British Board of Film Classification. November 14, 2017. Diakses tanggal April 26, 2018. 
  2. ^ "Production of Fox Searchlight's Battle of the Sexes Contributed Over $25 Million to the California Economy". MPAA. September 21, 2017. Diakses tanggal September 29, 2017. 
  3. ^ a b "Battle of the Sexes (2017)". The Numbers. Diakses tanggal December 27, 2017. 
  4. ^ a b "Battle of the Sexes (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 27, 2017. 
  5. ^ Hammond, Pete (August 31, 2017). "'Darkest Hour', 'Battle Of The Sexes', 'Lady Bird' Among World Premieres In 2017 Lineup – Telluride Film Festival". Deadline.com. Diakses tanggal August 31, 2017. 
  6. ^ D'Alessandro, Anthony (March 21, 2017). "'Battle Of The Sexes': Billie Jean King-Bobby Riggs Tennis Pic Sets Fall Date". Deadline.com. Diakses tanggal March 21, 2017. 
  7. ^ "Battle of the Sexes (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 27, 2017. 
  8. ^ "Battle of the Sexes reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 27, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]