Mermaid Man dan Barnacle Boy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Barnacleboy)
Mermaid Man dan Barnacle Boy
Tokoh SpongeBob SquarePants
Mermaid Man dan Barnacle Boy
Mermaid Man (kiri) dan Barnacle Boy (kanan)
Penampilan
perdana
Mermaid Man and Barnacle Boy (1999)
PenciptaStephen Hillenburg
PemeranMermaid Man:
Ernest Borgnine (1999–2012)
Adam West (Mermaid Man muda)
Mr. Lawrence (Mermaid Man muda, 1999)
Barnacle Boy:
Tim Conway (1999-2013)
Burt Ward (Barnacle Boy muda)
Informasi
SpesiesManusia
Jenis kelaminLaki-laki

Mermaid Man dan Barnacle Boy adalah tokoh fiktif dalam serial animasi Nickelodeon SpongeBob SquarePants. Mermaid Man diisi oleh Ernest Borgnine dari tahun 1999 sampai kematiannya pada tahun 2012, dan Barnacle Boy diisi oleh Tim Conway dari tahun 1999-2013 sampai kematiannya pada tahun 2019. Mermaid Man dan Barnacle Boy dibuat dan didesain oleh Stephen Hillenburg. Karakter ini pertama kali muncul pada tanggal 21 Agustus 1999 dalam episode Mermaid Man and Barnacle Boy.

Peran di SpongeBob SquarePants[sunting | sunting sumber]

Mermaid Man dan Barnacle Boy adalah pahlawan super semi-pensiun dalam kota fiksi Bikini Bottom. Dalam dunia seri, mereka adalah pahlawan super asli. Selain melawan kejahatan, mereka telah dimasukkan ke dalam berbagai media, termasuk seri televisi The Adventures of Mermaid Man and Barnacle Boy,[1] buku komik, kartu, dan paket makanan anak-anak (Kiddie Meal) di Krusty Krab. Sekarang Mermaid Man dan Barnacle Boy tinggal di panti jompo bernama Shady Shoals. Tapi penggemar berat mereka, SpongeBob SquarePants dan Patrick Star, membujuk mereka untuk berhenti pensiun.[1][2]

Mermaid Man[sunting | sunting sumber]

"Apa yang bisa Anda mungkin jelaskan tentang karakter yang memiliki sesuatu di seluruh hidungnya seperti ini ... dan mengatakan "JAHAT!"

Ernest Borgnine[3]

Mermaid Man digambarkan sebagai orang tua stereotipikal, dan tampaknya menderita kehilangan memori ringan karena ia mudah bingung dengan perilaku orang lain, meskipun ini sebagiannya juga bisa disebabkan kekurangan pada pendengarannya.[4] Berbeda dengan pasangannya, Barnacle Boy, dia tidak begitu kesal dan agak lebih toleran terhadap optimisme gembira SpongeBob, tetapi hanya sampai batas tertentu karena kesalahan SpongeBob telah memicu konsekuensi serius sebelumnya pada masa lalu, dan rekannya tampaknya kesal dengan Mermaid Man karena kecenderungan linglungannya.[5] Meskipun demikian, Mermaid Man telah mempertahankan beberapa kemampuannya sebagai pembasmi kejahatan, meskipun beberapa dari mereka telah berganti dengan cara yang lebih tepat dengan sifat stereotipikalnya yang umumnya terkait dengan usianya, namun, beberapa penggemarnya tampak sangat terganggu oleh ini. Sudah terungkap bahwa melalui serangkaian kejadian rumit ia dan temannya tiba-tiba dilengkapi dengan kekuatan super bertema air pada masa muda mereka, dan memilih untuk mendedikasikan hidup mereka untuk melawan kejahatan bawah laut.[6]

Barnacle Boy[sunting | sunting sumber]

Barnacle Boy digambarkan sebagai rekan yang lebih muda dan kurang dihargai Mermaid Man.[4] Pemarah dan sedikit mudah marah, Barnacle Boy dikenal karena merenung, sifat murung dan kesal dengan perilaku linglung rekannya karena usia tuanya, dan bahkan ke tahun emasnya Barnacle Boy masih diperlakukan seperti anak-anak, dimanjakan dengan cara yang kekanak-kanakan.[4]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Suara[sunting | sunting sumber]

Pembuat seri Stephen Hillenburg menyebut kemunculan Borgnine dan Conway "sangat fantastis." Dia berkata "Dari awal, bintang tamu pertama yang sesungguhnya adalah (Ernest) Borgnine dan (Tim) Conway(...) Ketika kau punya tamu seniman, kau tidak tahu apa yang akan terjadi. Tapi Borgnine adalah orang paling teranimasi di planet."[7]

Mermaid Man[sunting | sunting sumber]

"Suaraku pecah ketika aku memberi suara "JAHAT!"

Ernest Borgnine[8]

Dalam pengisian suara Mermaid Man, suara Ernest Borgnine pecah ketika ingin memberi suara "JAHAT!". Dalam wawancara dengan Archive of American Television, Borgnine berkata "Oh astaga! Kami memulai sesuatu... dan kami meneruskannya."[8] Borgnine menyebut voice-over seperti "mencuri uang" dimana "suaramu menjadi pemeran... kamu membuat karakter itu hidup melalui suaramu."[3]

Pada 8 Juli 2012, Borgnine meninggal pada umur 95.[9][10][11][12] Setelah kematian Borgnine, Nickelodeon menghormatinya dengan marathon SpongeBob SquarePants selama dua jam.[13][14]

Mermaid Man muda disuarai oleh Mr. Lawrence dalam episode musim pertama bernama "Mermaid Man and Barnacle Boy" dan oleh Adam West dalam episode "Back to the Past."[15][16]

Barnacle Boy[sunting | sunting sumber]

Barnacle Boy disuarai oleh komedian dan pemeran pemenang Emmy Award Tim Conway, yang dengan Borgnine membintangiMcHale's Navy. Pada 2010, Burt Ward, bersama Adam West sebagai Mermaid Man, menjadi bintang tamu sebagai Barnacle Boy muda dalam episode "Back to the Past".[16]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Writers: Paul Tibbitt, Mark O'Hare, Mr. Lawrence (August 21, 1999). "Mermaid Man and Barnacle Boy". SpongeBob SquarePants. Musim ke-1. Episode ke-6a. 
  2. ^ Writers: Casey Alexander, Chris Mitchell, Paul Tibbitt (October 7, 2005). "Mermaid Man and Barnacle Boy VI: The Motion Picture". SpongeBob SquarePants. Musim ke-4. Episode ke-67b. 
  3. ^ a b "Ernest Borgnine Interview". Archive of American Television. Diakses tanggal May 2, 2013. 
  4. ^ a b c Writers: C.H. Greenblatt, Kaz, Merriwether Williams (June 1, 2002). "Mermaid Man and Barnacle Boy V". SpongeBob SquarePants. Musim ke-3. Episode ke-52b. 
  5. ^ Writers: Chuck Klein, Jay Lender, Mr. Lawrence (April 8, 2000). "Mermaid Man and Barnacle Boy II". SpongeBob SquarePants. Musim ke-1. Episode ke-20b. 
  6. ^ Writers: Casey Alexander, Zeus Cervas, Sean Charmatz, Richard Pursel (September 23, 2011). "Mermaid Man Begins". SpongeBob SquarePants. Musim ke-8. Episode ke-163a. 
  7. ^ Cavna, Michael (July 14, 2009). "The Interview: 'SpongeBob' Creator Stephen Hillenburg". The Washington Post. Diakses tanggal May 25, 2013. 
  8. ^ a b Day, Patrick Kevin (July 9, 2012). "Ernest Borgnine won a new generation on 'SpongeBob SquarePants'". Los Angeles Times. Diakses tanggal May 2, 2013. 
  9. ^ Lloyd, Robert (July 9, 2012). "Ernest Borgnine: From Marty to McHale to Mermaid Man". Los Angeles Times. Diakses tanggal May 2, 2013. 
  10. ^ "Ernest Borgnine, Voice of Mermaid Man, dead at 95—Watch Clips from His Best Work". Heavy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-14. Diakses tanggal May 2, 2013. 
  11. ^ "Ernest Borgnine, of 'Marty' and 'Mermaidman' Fame, Dies at 95". Yahoo! News. Diakses tanggal May 2, 2013. 
  12. ^ Duggan, Fearghall (July 9, 2012). "RIP Ernest Borgnine: A Superhero In A Seashell Bra". Sabotage Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-29. Diakses tanggal May 2, 2013. 
  13. ^ Blair, Kevin (July 10, 2012). "Nickelodeon To Honor Ernest Borgnine With Two-Hour 'SpongeBob SquarePants' Marathon". Starpulse.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-16. Diakses tanggal May 2, 2013. 
  14. ^ Zahed, Ramin (July 10, 2012). "Nick Offers Special Borgnine SpongeBob Tribute". Animartion. Diakses tanggal May 2, 2013. 
  15. ^ "Voice Of Mermaid Man". Behind the Voice Actors. Diakses tanggal May 2, 2013. 
  16. ^ a b Arrant, Chris (April 7, 2011). "Nickeledon Announces Superhero-Themed "Spongebob Squarepants" DVD". Cartoon Brew. Diakses tanggal May 3, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]