Barang pribadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Barang pribadi adalah harta benda yang bergerak.[1] Dalam sistem hukum umum, milik pribadi juga dapat disebut barang atau barang pribadi. Dalam sistem hukum perdata, barang milik pribadi sering disebut barang bergerak atau barang bergerak – setiap barang yang dapat dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain.

Properti pribadi dapat dipahami dibandingkan dengan real estat, properti tidak bergerak atau properti nyata (seperti tanah dan bangunan).

Harta bergerak di atas tanah (ternak yang lebih besar, misalnya) tidak secara otomatis dijual dengan tanah, itu "pribadi" kepada pemiliknya dan dipindahkan dengan pemiliknya.

Kata ternak adalah varian Norman Lama dari chatel Prancis Kuno, chattel (berasal dari bahasa Latin capitalis, "kepala"), yang dulunya identik dengan harta benda bergerak umum.[2]

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Barang pribadi dapat diklasifikasikan dalam berbagai cara.

Tidak berwujud[sunting | sunting sumber]

Harta pribadi tidak berwujud atau "tak berwujud" mengacu pada harta pribadi yang sebenarnya tidak dapat dipindahkan, disentuh, atau dirasakan, melainkan mewakili sesuatu yang bernilai seperti instrumen yang dapat dinegosiasikan, sekuritas, layanan (ekonomi), dan aset tak berwujud termasuk pilihan dalam tindakan.

Nyata[sunting | sunting sumber]

Properti pribadi berwujud mengacu pada semua jenis properti yang umumnya dapat dipindahkan (yaitu, tidak melekat pada properti atau tanah nyata), disentuh atau dirasakan. Ini umumnya termasuk barang-barang seperti furnitur, pakaian, perhiasan, seni, tulisan, atau barang-barang rumah tangga. Dalam beberapa kasus, mungkin ada dokumen kepemilikan formal yang menunjukkan kepemilikan dan pengalihan hak atas properti itu setelah kematian seseorang (misalnya, kendaraan bermotor, perahu, dan sebagainya) Namun, dalam banyak kasus, properti pribadi yang berwujud tidak akan "berhak" atas nama pemilik dan dianggap sebagai properti apa pun yang dia miliki pada saat kematiannya.

Perbedaan lainnya[sunting | sunting sumber]

Akuntan juga membedakan properti pribadi dari properti nyata karena properti pribadi dapat disusutkan lebih cepat daripada perbaikan (sementara tanah tidak dapat disusutkan sama sekali). Ini adalah hak pemilik untuk mendapatkan manfaat pajak untuk barang, dan ada bisnis yang mengkhususkan diri dalam menilai properti pribadi, atau barang.

Perbedaan antara jenis properti ini penting karena berbagai alasan. Biasanya hak seseorang atas barang bergerak lebih dilemahkan daripada hak seseorang atas barang tidak bergerak (atau barang nyata). Undang-undang pembatasan atau periode preskriptif biasanya lebih pendek ketika berurusan dengan properti pribadi atau bergerak. Hak milik nyata biasanya dapat ditegakkan untuk jangka waktu yang lebih lama dan di sebagian besar yurisdiksi, real estat dan barang tidak bergerak terdaftar dalam daftar tanah yang disetujui pemerintah. Di beberapa yurisdiksi, hak (seperti hak gadai atau kepentingan keamanan lainnya) dapat didaftarkan terhadap properti pribadi atau bergerak.

Dalam hukum umum dimungkinkan untuk menempatkan hipotek atas properti nyata. Hipotek semacam itu membutuhkan pembayaran atau pemilik hipotek dapat meminta penyitaan. Properti pribadi sering kali dapat diamankan dengan perangkat sejenis, yang disebut dengan hipotek barang, kuitansi perwalian, atau hak jaminan. Di Amerika Serikat, Pasal 9 Uniform Commercial Code mengatur pembuatan dan penegakan kepentingan keamanan di sebagian besar (tetapi tidak semua) jenis properti pribadi.

Tidak ada lembaga serupa dengan hipotek dalam hukum perdata, namun hipotek adalah alat untuk mengamankan hak nyata terhadap properti. Hak-hak nyata ini mengikuti properti bersama dengan kepemilikan. Dalam hukum umum, hak gadai juga tetap ada pada properti dan tidak dihapuskan dengan pemindahtanganan properti; hak gadai mungkin nyata atau adil.

Banyak yurisdiksi memungut pajak properti pribadi, pajak tahunan atas hak istimewa memiliki atau memiliki properti pribadi dalam batas-batas yurisdiksi. Biaya pendaftaran mobil dan kapal adalah bagian dari pajak ini. Sebagian besar barang rumah tangga dikecualikan selama disimpan atau digunakan di dalam rumah tangga; pajak biasanya menjadi masalah ketika otoritas perpajakan menemukan bahwa harta pribadi yang mahal seperti karya seni disimpan secara teratur di luar rumah.

Perbedaan antara properti pribadi berwujud dan tidak berwujud juga signifikan di beberapa yurisdiksi yang mengenakan pajak penjualan. Di Kanada, misalnya, pajak penjualan provinsi dan federal dikenakan terutama pada penjualan properti pribadi berwujud sedangkan penjualan barang tidak berwujud cenderung dikecualikan. Perpindahan ke pajak pertambahan nilai, di mana hampir semua transaksi dikenakan pajak, telah mengurangi signifikansi perbedaan tersebut.

Perorangan Versus Milik pribadi[sunting | sunting sumber]

Dalam teori politik/ekonomi, terutama filsafat sosialis, Marxis, dan sebagian besar anarkis, perbedaan antara milik pribadi dan milik pribadi sangatlah penting. Item properti mana yang merupakan hal yang terbuka untuk diperdebatkan. Dalam beberapa sistem ekonomi, seperti kapitalisme, kepemilikan pribadi dan pribadi dianggap sama persis.[butuh rujukan]

  • Harta milik pribadi, atau harta milik, termasuk "barang-barang yang dimaksudkan untuk penggunaan pribadi" (misalnya, sikat gigi, pakaian, dan kendaraan, dan jarang uang).[3] Itu harus diperoleh dengan cara yang adil secara sosial, dan pemiliknya memiliki hak distributif untuk mengecualikan orang lain (yaitu hak untuk memerintahkan "bagian yang adil" dari milik pribadi).
  • Milik pribadi adalah hubungan sosial antara pemilik dan orang-orang yang dirampas, yaitu bukan hubungan antara orang dan benda. Properti pribadi dapat mencakup artefak, pabrik, tambang, bendungan, infrastruktur, vegetasi alami, gunung, gurun, dan laut—ini menghasilkan modal bagi pemiliknya tanpa pemilik harus melakukan pekerjaan apa pun. Sebaliknya, mereka yang melakukan kerja dengan menggunakan milik pribadi orang lain kehilangan nilai pekerjaan mereka, dan sebaliknya diberi gaji yang terpisah dari nilai yang dihasilkan oleh pekerja.[butuh rujukan]
  • Dalam teori Marxis, properti pribadi biasanya mengacu pada modal atau alat produksi, sedangkan properti pribadi mengacu pada barang dan jasa konsumen dan non-modal.[4][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Personal property". Sir Robert Harry Inglis Palgrave. Dictionary of political economy, Volume 3. 1908. H. 96
  2. ^ Origin of chattel Diarsipkan 2009-08-14 di Wayback Machine., di akeses 2009-08-14
  3. ^ Friedland, William H.; Rosberg, Carl G. (1965). African Socialism. Stanford University Press. hlm. 25. ISBN 978-0804702034. 
  4. ^ "B.3 Why are anarchists against private property? - Anarchist Writers". anarchism.pageabode.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 November 2017. Diakses tanggal 29 April 2018. 
  5. ^ "End Private Property, Not Kenny Loggins". jacobinmag.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 October 2017. Diakses tanggal 29 April 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]