Baol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kerajaan Baol atau Bawol di Senegal tengah adalah salah satu kerajaan yang berdiri setelah Kerajaan Jolof mengalami perpecahan pada tahun 1555. Penguasa kerajaan Baol (yang bergelar "Teigne" atau "Teen") menguasai kerajaan ini dari kota Diourbel.

Wilayah kerajaan ini terbentang dari wilayah pesisir di barat hingga wilayah ibu kotanya di timur, termasuk kota Touba dan MBacke. Kerajaan ini terletak di sebelah selatan Kerajaan Cayor dan di sebelah utara Kerajaan Sine. Raja pertama Baol adalah Ji yang Agung.

Baol dikenal akan kudanya yang lebih cepat dan kuat daripada kuda-kuda lain di wilayah sekitar.

Baol merupakan kerajaan yang dikuasai oleh suku Wolof, tetapi rakyatnya juga berasal dari suku Saafi dan kelompok-kelompok Serer lainnya. Sistem sosial dan politik kerajaan ini sama dengan Cayor.

Prancis mulai mencoba menaklukkan Kerajaan Baol pada tahun 1859, dan sebagian besar wilayah kerajaan ini telah dikuasai oleh Prancis pada tahun 1859, walaupun Prancis baru dapat mengendalikan seluruh wilayah Baol pada tahun 1895.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • http://www.worldstatesmen.org/Senegal_native.html
  • Clark, Andrew F. and Lucie Colvin Phillips, Historical Dictionary of Senegal, Second Edition Published as No. 65 of African Historical Dictionaries, (Metuchen, New Jersey: The Scarecrow Press, 1994) p. 74-75