Baojun RS-5

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Baojun RS-5 adalah generasi lanjutan dari Wuling Almaz. Baojun RS-5 dihadirkan karena berubahnya permintaan serta meningkatnya harapan dari konsumen.[1] Memakai merek Baojun dengan nama RS-5, mobil ini termasuk dalam Crossover Utility Vehicle (CUV), yang juga diterapkan pada Honda CR-V. Baojun RS-5 merupakan model persilangan keempat Baojun yang posisinya berada di atas Baojun 510 dan Baojun 530.[2]

Desain dan dimensi[sunting | sunting sumber]

Baojun RS-5 memiliki dimensi panjang 4,57 cm, lebar 1.87 cm, dan tinggi 1.72 cm.[1] Ada lima varian desain yang ditawarkan, yaitu Super Connected Manual, Super Connected Trends, Smart Driving Deluxe Edition, Smart Driving Control Premium Edition, serta Smart Driving Ultimate.[3] Dari bagian luar akan terlihat kesan mewah, terutama lini depan dengan desain mutakhir khas Xpander yang pada bagian bumper terdapat lampu utama, kemudian di atasnya disematkan lampu DRL. Grille dibuat dalam ukuran besar dan setiap detail bagian menonjolkan garis tajam, sehingga menimbulkan kesan kokoh dan kuat. Kabin dibalut dengan memakai material kulit soft touch dualtone. Setir dibentuk dalam tampilan flat bottom, yang dilengkapi dengan bermacam-macam panel, mulai dari audio steering system, hingga cruise control.[4] Baojun RS-5 menerapkan warna krem dan merah marun dengan desain minimalis yang memberi kesan mewah.[5]

Performa mesin[sunting | sunting sumber]

Baojun RS-5 menggunakan mesin tipe 1,5 liter yang telah didukung oleh teknologi Turbo. Dengan mesin bawaan tersebut, mobil Baojun RS-5 ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 151 PS. Sistem transmisinya sudah mendukung kecepatan akselerasi dengan menggunakan model 7 percepatan otomatis. Hal yang menarik adalah walau bertenaga besar, Wuling Baojun RS-5 tetap hemat pemakaian bahan bakar. Tercatat bahwa mobil ini hanya menggunakan 1 liter bahan bakar setiap jarak 12,5 km. Kemudahan berkendara lainnya berupa push start & stop engine, sehingga tidak perlu lagi menancapkan kunci kontak.[4]

Fitur[sunting | sunting sumber]

Fitur yang ditawarkan oleh Baojun RS-5 cukup menarik. Salah satunya tadalah fitur panoramic sunroof dengan ukuran luas pada bagian atap. Ini menimbulkan suasana nyaman saat pintu kabin dibuka. Di sektor pemacu telah diterapkan teknologi turbo yang menjanjikan performa di atas rata-rata mobil di kelas yang sama. Fitur baru yang lainnya adalah pemakaian push start dan stop engine yang memudahkan pengguna saat menghidupkan mesin.

Fitur keselamatannya seperti forward collision warning, automatic emergency braking, dan collision mitigation mampu mendeteksi adanya pejalan kaki di depan. Teknologi safety distance alarm, adaptive brake assist, intelligent speed limit assist, electronic stability system, anti-lock braking system, electronic brake distribution, vehicle dynamic control system, brake assist function, traction control function, dan uphill accessibility mempermantap keamanan dan kenyamanan berkendara. Teknologi parkir yang digunakan adalah kamera 360 derajat untuk melihat ke belakang, penggunaan autohold automatic parking untuk rem elektronik, dan sensor parkir pada bagian depan dan belakang mobil. Selain itu diterapkan pula teknologi adaptive cruise control, lane departure warning, lane keeping assist, curved cruise assist, intelligent far and near light switching dan tire pressure monitoring system. Perangkat perlindungannya diperkuat dengan 6 airbag yang masing-masing berjumlah dua buah pada bangku depan, bangku baris pertama dan di tiap sisi jendela.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Ari Wibowo, Eko (13 April 2019). "Baojun RS-5 Akan Jadi Generasi Penerus Wuling Almaz?". gooto.com. Diakses tanggal 25 Desember 2019. 
  2. ^ Pradono, Anindiyo (29 Oktober 2018). "Wuling Baojun RS-5 Meluncur, Rival Honda CR-V". oto.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-25. Diakses tanggal 25 Desember 2019. 
  3. ^ a b Abdurachman, Amal, ed. (11 Agustus 2019). "Baojun RS-5, Kerabat Wuling Almaz yang Menggoda". Liputan6.com. Diakses tanggal 25 Desember 2019. 
  4. ^ a b Adhi, Alexi. "Harga Wuling Baojun RS-5 2019 : Review, Spesifikasi & Gambar". otomaniac.com. Diakses tanggal 25 Desember 2019. 
  5. ^ AS, R. "Wuling Baojun rs-5 Harga dan Spesifikasi Lengkap". futuready.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-11-23. Diakses tanggal 25 Desember 2019.