Bantuan:Buat Akun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Cara meningkatkan belajar pada saat masa pademi covid-19[sunting | sunting sumber]

Belajar dari rumah sudah menjadi rutinitas semua siswa sekolah saat ini. Hal ini dikarenakan virus Covid-19 yang menjadi pandemi dan momok untuk semua orang. Imbas dari adanya virus Corona yang meresahkan adalah sekolah-sekolah mewajibkan siswanya untuk belajar secara online di rumah. Lalu, bagaimana cara untuk belajar di rumah secara efektif?


1. Tentukan Waktu

Cara belajar efektif di rumah yang pertama ialah kamu harus menentukan waktu atau buat schedule yang mirip seperti di sekolah. Tidak perlu sama persis, kok. Misalnya dengan menerapkan waktu belajar pukul 08.00 sampai pukul 13.00.

Lalu, selama 5 jam belajar itu, bagikan lagi berapa lama durasi belajar untuk mata pelajaran yang berbeda dan jangan lupa waktu istirahat. Contoh :

  • 08.00 – 09.00: Teknologi Komunikasi Praktik
  • 09.00 – 09.30: Istirahat
  • 09.30 – 10.30: Sistem Operasi
  • 10.30 – 12.00: Matematika Teknik
  • Dst.

Dengan menentukan waktu seperti ini, jadwal belajar kamu akan lebih terfokus dan kamu pun jadi enggak ketinggalan pelajaran.

2. Rapikan Meja Belajar

Setelah menentukan waktu, cara selanjutnya ialah dengan merapikan meja belajar. Gimana kamu mau rajin dan semangat kalau meja belajar kamu berantakan?. Makanya, momen ini pun bisa sekaligus kamu gunakan untuk ajang bersih-bersih dan membuang benda-benda yang sudah tidak diperlukan. Pastikan meja belajar kamu cukup luas dan lengang supaya kamu bisa belajar dan berkreasi dengan bebas. Sediakan juga tempat sampah di dekat meja belajar.

3. Cari Tahu Cara Belajar yang Sesuai

Cara belajar tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang senang belajar sambil mendengarkan musik, ada yang butuh ketenangan, ada pula yang senang sambil makan makanan ringan (ngemil). Mencari tahu cara belajar yang sesuai dengan kamu ini bisa menghindari kamu dari kantuk atau rasa malas yang menyerang. Dengan bersantai dan rileks, belajar pun bisa jadi lebih efektif, Namun, pastikan cara belajar ini tetap bisa membuat kamu on track alias enggak terdistraksi.

4. Cari Media Belajar yang Tepat

Selain mendapat materi-materi belajar dari sekolah, kamu tentu harus tetap membekali diri kamu dengan media-media belajar lain yang tepat. Misalnya saja lihat materi di youtube, mendaftrkan pada lembaga belajar online seperti ruang guru,quipper,dll.

Selain bisa mendapatkan berbagai materi dari semua mata pelajaran. Di sana, kamu bakalan diajar oleh para tutor profesional dan andal melalui video, rangkuman, dan latihan soal.

5. Belajar Bareng Teman

Dengan belajar bareng teman-teman via video call, mungkin kamu jadi lebih semangat. Rasa kantuk dan bosan pun pasti enggak akan ada. Kamu bisa mengajak beberapa teman dan jangan lupa tentukan jadwalnya, ya.

6. Minum Air Putih

Selain menyiapkan tempat, waktu, dan materi pelajaran, kamu juga harus menyiapkan fisik kamu nih supaya bisa tetap fit selama waktu belajar. Untuk itu, jangan lupa selalu sediakan air putih, ya, supaya konsentrasi tetap terjaga. Tak hanya untuk konsentrasi, rutin minum air putih sebanyak minimal 8 gelas sehari pun bisa bikin kamu sehat. Kamu bisa menyiapkan air putih di botol minum besar supaya enggak bolak-balik ketika belajar.