Bankplassen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bankplassen (Alun-Alun Bank), Oslo. Di latar belakang, Kafe Engebret.

Bankplassen (Alun-Alun Bank) adalah alun-alun di lingkungan Kvadraturen di Oslo yang dibatasi oleh gerbang Kongens, Myntgata dan Kirkegata. Sebelum tahun 1953 Agnes Thorsens plass merupakan bagian dari Bankplassen. Alun-alun mengambil namanya dari bangunan Norges Bank milik Christiania Department yang terletak di Jalan Bankplassen nomor 3 dan dibangun pada tahun 1830 sebagai kantor cabang dengan desain arsitek Kristen Heinrich Grosch.[1] Sekarang Blankplassen digunakan oleh Museum Nasional Seni, Arsitektur, dan Desain. Alun-alun menerima rancangan tambahan oleh arsitek Sverre Fehn pada tahun 2008.

Ketika kantor pusat Norges Bank dipindahkan dari Trondheim ke Oslo, bangunan baru di Jalan Bankplassen nomor 4 selesai dibangun pada tahun 1906 dengan desain arsitek Ingvar Hjorth. Pada tanggal 1 September 1986, Norges Bank dipindahkan ke tempat yang baru dengan alamat di Jalan Blankplassen nomor 2[2] yang dirancang oleh arsitek Kjell Lund dan Nils Slaatto. Beberapa bangunan apartemen yang lebih tua digabung ke gedung baru. Lembaga terkenal lainnya di Bankplassen adalah Kafe Engebret dengan alamat Jalan Bankplassen nomor 1.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Visit Oslo. "National Museum - Architecture". Visit Oslo.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-04-12. Diakses tanggal 23 August 2011. 
  2. ^ European Association for Banking History, Manfred Pohl, Sabine Freitag (1994). Handbook on the history of European banks. Edgar Elgar Publishing. hlm. 810. ISBN 978-1-85278-919-0. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Bankplassen, Oslo di Wikimedia Commons