Bank makanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bank makanan di Johor, Malaysia

Bank makanan (Inggris: food bank) adalah tempat di mana makanan ditawarkan kepada badan-badan nirlaba untuk dibagikan kepada orang tidak mampu secara cuma-cuma (dengan syarat kerja sukarela). Bank makanan biasanya mendapat makanan dari toko serba ada dan sumbangan dari masyarakat, biasanya menjelang liburan Thanksgiving. Selain itu pemerintah AS dan negara bagian sering menyumbangkan sisa dari USDA. Bank makanan yang merupakan anggota America's Second Harvest memiliki hubungan dengan produsen makanan besar. Bank makanan pertama adalah St. Mary's Food Bank, dimulai pada 1967 di Phoenix, Arizona.

Model operasional[sunting | sunting sumber]

Capital Area Food Bank, bank makanan dengan model gudang.

Ribuan bank makanan di dunia menggunakan beberapa macam model yang berbeda.[1] Contoh model bank makanan yang populer ialah model "garis depan" dan "gudang". Bank makanan dengan model garis depan menyalurkan langsung makanan mereka ke orang-orang yang kelaparan, sementara bank makanan dengan model gudang menyuplai makanan melalui perantara, seperti organisasi nirlaba.[a] Bank makanan di Amerika Serikat dan Kanada umumnya menggunakan model gudang.[2]:25

Model lain yang cukup populer untuk membedakan operasional bank makanan ialah model amal dan serikat pekerja. Bank makanan dengan model amal menyumbangkan makanan dengan maksud menyelamatkan makanan sisa yang umumnya berakhir sebagai limbah.[2]:25-28 Sementara itu, bank amal serikat pekerja juga memberikan edukasi seputar hak asasi manusia dan pekerjaan.[2]:32-33

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Organisasi seperti ini dapat berbentuk organisasi pribadi, publik, agama, atau sekuler. Jenis organisasi penerima bervariasi, tergantung pada lingkungan sekitarnya, peraturan bank makanan, dan peraturan pemerintah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama globalFBhistory
  2. ^ a b c Riches, Graham; Development, Canadian Council on Social (1986). Food Banks and the Welfare Crisis (dalam bahasa Inggris). James Lorimer & Company. ISBN 978-0-88810-363-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]