Banglapedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Banglapedia
Banglapedia.png
Pengarang Professor Sirajul Islam
Negara Bangladesh
Bahasa Inggris, Bengali
Genre Ensiklopedia
Penerbit Banglapedia Trust, Asiatic Society of Bangladesh
Tanggal rilis Januari 2003
Jenis media Buku (Hardback), CD-ROM, Online
Halaman 10 Volume
ISBN ISBN 984-32-0576-6

Banglapedia adalah ensiklopedia nasional Bangladesh yang pertama. Ensiklopedia ini tersedia dalam versi buku, CD-ROM dan versi online, dah tersedia dalam dua bahasa, yaitu bahasa Bengali dan Inggris. Versi buku terdiri dari sepuluh volume yang masing-masing volumenya berjumlah 500 halaman. Edisi pertama diterbitkan pada Januari 2003 oleh Asiatic Society of Bangladesh, dengan rencana untuk memperbaharuinya setiap dua tahun.

Banglapedia tidak dirancang sebagai ensiklopedia umum tetapi sebagai ensiklopedia khusus Bangladesh. Tujuan ensiklopedia ini adalah mendefinisikan Bangladesh sebagai wilayah yang terdiri dari India Timur kuno, Suba Bangla, Shahi Bangalah, Mughal Suba Bangla, Pemerintahan Bengal, Provinsi Bengal, Bengal Timur, Pakistan Timur, dan Independen Bangladesh, dalam sejarah yang sukses.

Pemimpin redaksi ensiklopedia adalah Sirajul Islam. Lebih dari 1200 penulis dan spesialis di Bangladesh dan luar negeri membantu menciptakan ensiklopedia ini. Banglapedia memiliki lebih dari 5.700 entri dalam enam kategori editorial, yang masing-masing diawasi oleh editor ahli, serta lebih dari 2.000 ilustrasi tunggal, ilustrasi empat-warna, dan 2.100 referensi silang.

Proyek ini didanai oleh pemerintah Bangladesh, organisasi sektor swasta, lembaga akademik, dan UNESCO. Meskipun anggaran aslinya adalah 800.000 taka (sekitar 10.000 USD), Asiatic Society akhirnya menghabiskan 80 juta taka (kira-kira 1 juta USD) untuk proyek ensiklopedia tersebut. Meskipun terdapat kontroversi entri pada "Perang Pembebasan Bangladesh dan masyarakat adat", tetapi versi bahasa Bengali dan Inggris tetap menjadi populer setelah publikasi.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Proyek Banglapedia berasal ketika Asiatic Society of Bangladesh bekerja pada studi tiga volume yang berjudul History of Bangladesh , 1704-1971 pada tahun 1991. Para editor merasa perlu untuk mereferensi ulang secara standar, sebagai proyek yang berkembang dengan susah payah, yang fakta-faktanya diambil dari berbagai perpustakaan. Ide ini akhirnya menyebabkan kertas konsep yang disiapkan oleh Sirajul Islam dan rekan-rekannya dan diserahkan kepada Asiatic Society of Bangladesh pada awal tahun 1994. Proyek Banglapedia secara resmi diadopsi pada tanggal 19 Februari 1997 dan Islam diangkat sebagai direktur proyek dan pemimpin redaksi. Sebagai kepala Komite Pelaksana Proyek, tugasnya adalah untuk merencanakan dan mengelola pendanaan proyek. Pada tahun 1996, sekitar tiga lusin komite dibentuk dengan tiga sampai empat orang di setiap komite untuk merekomendasikan entri baru. Dua puluh tujuh ribu entri yang diusulkan, dan membutuhkan ringkasan 20 volume. Karena kendala keuangan, jumlah entri dipotong turun menjadi sekitar 6.000. Proyek ini secara resmi dilepas pada tahun 1998.

Ketika proyek ini dimulai, Asiatic Society hanya mempunyai delapan ratus ribu taka di kas untuk proyek tersebut. Banglapedia mengangkat kontribusi lebih lanjut dari universitas, bank, perusahaan multinasional, organisasi internasional, dan individu bahkan pribadi. Sebuah lembaga besar, termasuk UNESCO, Komisi Universitas Hibah, perguruan tinggi, lembaga keuangan, dan LSM awalnya membiayai proyek, yang mana diselesaikan pada biaya 80 juta taka. Departemen Pendidikan mendanai sekitar 74% dari biaya tersebut, sedangkan 26% dana lainnya berasal dari universitas dan bank. Sebelum penjualan yang dimulai pada 3 Januari 2003, 4.000 eksemplar dari versi bahasa Inggris dan 250 salinan versi Bengali sudah terjual dari yang awalnya terdiri dari 5.000 eksemplar untuk setiap versi. Untuk salinan tambahan dari 10.000 cetakan lainnya, orang-orang rela menunggu dalam antrian di luar kantor Asiatic Society pada hari perilisan, dan penjualan terus berjalan sampai pukul 9:30 di malam hari. Sebanyak 4.500 set versi Bengali dan 2.500 dari versi bahasa Inggris terjual pada hari perilisan.

Isi[sunting | sunting sumber]

Banglapedia memiliki lebih dari 5.700 entri, yang terbagi menjadi enam kategori: seni dan humaniora, sejarah dan warisan, negara dan pemerintahan, masyarakat dan ekonomi, ilmu pengetahuan alam, dan ilmu biologi. Penulisan setiap artikel diawasi oleh seorang editor ahli.

Berbagai topik yang dibahas oleh Banglapedia mencakup geografi politik, agama, sastra, seni dan arsitektur, praktik rakyat, dan lembaga-lembaga, pemerintahan pribumi dan kolonial, politik, masyarakat, ekonomi, etnis, dan ilmu pengetahuan alam. Semua 64 kabupaten di Bangladesh dijelaskan secara rinci dalam Banglapedia seperti contohnya rekening topografi untuk jumlah peternakan susu dan penetasan. Lebih dari 2.000 ilustrasi tunggal dan empat-warna menggambarkan Bangladesh dari seni dan arsitektur, kehidupan sehari-hari, kota dan desa, serta tokoh nasional Bangladesh. Ada bagian yang menjelaskan bagaimana cara menggunakan Banglapedia, yang menjelaskan apa itu sistem tanggal, siapa saja kontributornya, apa saja referensi silangnya, dan lain-lain.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Kontroversi di Banglapedia terlebih dulu tersebar sebelum ensiklopedia tersebut terbit. Ada juga komplain dari Jamaah Al-Islami selama kegiatan Perang Pembebasan Bangladesh. Sebuah studi oleh Bdnews24.com, mengklaim bahwa Banglapedia tidak akurat tentang penduduk pribumi Bangladesh. Ensiklopedia ini juga dilaporkan telah menggunakan mata uang menghina seperti Mogh untuk Marma dan Rakhine, Tipra untuk Tripuri, dan Murang untuk Mros. Para pemimpin masyarakat adat, termasuk anggota dewan Bukit Chittagong, Parbattya Chattagram Jana Sanghati Samiti, Rupayan Dewan, dan sekretaris Jenderal Forum Adivasi Sanjib Drong, telah mendukung temuan penelitian ini. Kepala Editor, Islam, mengakui kesalahan ini dan berjanji untuk mengubah edisi kedua menjadi lebih baik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]