Bangbang, Tembuku, Bangli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bangbang
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiBali
KabupatenBangli
KecamatanTembuku
Kodepos80671
Luas4,00 km²
Jumlah penduduk3.774 jiwa (2010)[1]
Kepadatan943 jiwa/km² (2010)
Situs webhttps://tembuku.banglikab.go.id/

Bangbang adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli, provinsi Bali, Indonesia.

Asal Nama[sunting | sunting sumber]

Bangbang berarti "lubang yang besar", merujuk pada galian yang dahulu dibuat di desa ini saat terjadi peperangan antara Kerajaan Bangli dan Kerajaan Klungkung.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa ini berada pada ketinggian 700 m dpl, dan suhunya 29-30°C.

Pembagian Dusun/Banjar[sunting | sunting sumber]

Desa Bangbang terdiri atas 7 banjar, yakni:

  1. Bangbang
  2. Bangbang Kaja
  3. Bangbang Kawan
  4. Bangbang Tengah
  5. Bangkiang Sidem
  6. Cepunggung
  7. Nyanglan Kaja

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Penduduk desa Bangbang sampai dengan tahun 2010 terdiri dari 1.378 Kepala Keluarga.[2] Penduduk desa ini mayoritas bekerja sebagai petani. Lainnya bekerja sebagai guru dan pegawai desa.

Tempat Menarik[sunting | sunting sumber]

  • Pura Puser Tasik, Pura Pusar Tasik merupakan pura tua kahyangan jagat dan ada peninggalan arkeolog. Pura ini diperkirakan dibangun pada abad 10 bersamaan dengan Pura Penataran Sasih Pejeng, Tirta Empul Tampak Siring Gianyar, Manik Gumang Karangasem. Pura ini dibangun sebelum desa Bangbang berdiri. tempat menarik lainnya adalah banyaknya mata air yg diyakini pula untuk penyembuhan dari penyakit cacar air diantaranya adalah:
  • Pancuran Yeh Adeng, sumber air ini berada disebalh timur desa Bangbang terdapat dilereng bukit Klodo (selatan)
  • Pancuran Yeh Buah, merupakan sumber air minum masyarakat bangbang pada jaman dahulu sebelum dibukanya jalan raya yang menghubungkan desa Bangbang dengan desa Nongan Karangasem. dan sekarang air tersebut dekat dengan jalan raya dan untuk permandian umum. Yeh buah ini disebelahnya adalah terdapat sebuah bukit juga yang namanya bukit Dajanan (bukit utara) Desa Bangbang memiliki 2 bukit namun tidaklah seperti bukit2 lainnya berada disebuah ketinggian akan tetapi desa Bangbang memiliki bukit yang terletak dilembah yg sangat mudah bisa dilihat keindahan panoramanya.
  • Kresek,yang berarti juga bunyi bila kita menginjak seresah kering. Tempat ini juga dipakai nama kawasan desa yg disebut rurung atau jalan yaitu Rurung Kresek terletak di tenggara Desa, terdapat sebuah pancuran yang namanya Yeh Kresek. Masih ditempat ini pula terdapat juga 2 lagi yakni Pancuran Yeh Kedis, dan pancuran Yeh Pengeraris.Pengeraris sering disebut dengan air kematian (air pengentas utk orang yg sudah meninggal dalam ritual Hindu Bali). objek ini selain terdapat mata air juga terdapat fauna berupa monyet. Yang mana primata ini menempati sepanjang aliran sungai Tukad Jinah yg sebgai batas desa Bangbang Bangli dengan Desa Nongan, Pesaban Kabupaten Karang Asem. Nama unik lainnya daerah ini adalah Kalang Baung (yang artinya Kalangan Buung pada saat pertempuran pasukan Gelgel Klungkung dengan pasukan Dalem Tampuagan (trah raja Klungkung). Pertempuran ini dikisahkan sangat dasyat saling tebas (tek tek) dan sampai sekarang ada sebuah tempat yang namanya Teku berasal dari kata tek tek s iAku ditandai dengan monumen sebuah pura Teku yang terdapat di selatan desa Bangbang dan pas ujung br. adat desa Nyanglan Kaja.
  • Lampeng. Lampeng adalah sebuah nama rurung juga terdapat di barat laut desa Bangbang. nama Lampeng diambil dari sumber mata air yg terdapat disekitar wilayah tersebut yg dulunya juga sebagai pusat air bersih warga dan sekaligus permandian. Terletak disisi timur Tukad Bubuh berbatasan dengan desa Undisan. Setelah dibangun kreteg tahun 80an jalan menuju ke lokasi ini sudah sangat nyaman karena dibuat undag beton sampai kesumber air ini.
  • Kepuh, Kepuh adalah sebuah nama pohon. Pohon kepuh yg oleh penduduk setempat sering disebut adalah sebuah tempat yang sangat indah dengan panorama lembah sawah dengan tukad Bubuh. Sawah subak telabah timun yang membentang indah dengan terace filednya. Komple ini selain pohon kepuh juga terdapat pohon beringin yang sudah ratusan tahun bediri dengan gagahnya dan terdapat sebuah pelinggih. Konon pada jaman dahulu disinilah tempat cetra/kuburan desa Bangbang sebelum dipindah ke sebelah timur desa. Sebelah dari komplek kepuh ini terdapat terace juga yang namanya Babakan. Masih di subak ini juga ada sebuah lokasi persawahan yang namanya paum bedil, semongo pengurugan yang semuanya mempunyai cerita unik semasa perang raja Klungkung dan Dalem Tampuagan.
  • Rurung Jepun, ini adalah sebuah jalan peumahan yang mana diambil dari nama sebuah air kelebutan (pancuran) yang namanya Yeh Jepun. Yeh jepun fungsinya adalah sama dengan yeh lainnya yg ada di desa Bangbang yaitu sebagai sumber air minum dan permandian umum untuk warga sekitar. disekitar daerah ini terdapat nama unik pula namanya aungan pegat yaitu irigasi subak Bangbang Let yang trowonngannya teruputus putus yang oleh warga disebutkan aunagn pegat.
  • Rurung Bungbungan. Bungbung dalam bahasa bali adalah potongan bambu. sanagt dekat dengan nama ini adalah bungbung jangkrik, bungbung tuak atau bonjor, bungbung uyah tempat garam tradisional yang tergantung diatas jalikan(perapian) jaman dahulu. komplek perumahan ini terletak di banjar kaje (kaje berarti utara) Disekitar daerah ini terdapat mata air pula yang namanya Klebutan Suda Mala. Air suci ini sangat unik, adalah terdapat didasar tebing yang bila air sungai besar klebutan ini tidak terlihat dan tdk dapat dijangkau. Air suci ini oleh warga bangbang dipakai untuk upacara panca yadnya. Disini pula tedapat komplek perumahan yang namanya Taman. Taman berarti indah, daerah ini terletak di barat daya desa bangbang masih wilayah rurung bungbungan..teras view sebelah baratnya adalah tukad bubuh dengan persawahan desa Payuk Peninjoan.
  • Bodog. Bodog adalah komplek daerah di Desa Bangbang yang merupakan wilayah subak Bangbang Anyar (baru) Daerah ini dulunya persawahan namun karena Bendungan Bangbang Anyar longsor maka sekarang merupakan perkebunan bahkan dijadikan perumahan yang warganya memiliki tanah didaerah ini. Masih bicara soal Bodog didaerah ini pula terdapat sekolah Kesehatan Negeri Bangli (SMK-Kesehatan) yang berdiri sekitar 4 tahun silam 2011.
  • Tirta dan Brokong. Tirta adalah tempat air suci yang merupakan pura Beji dari Pura Pusar Tasik. Aneh dan Unik tempat ini adalah ada air dimusim kemarau dan tidak ada setes airpun dimusim hujan. Air suci ini akan ada bila ada upacara piodalan di Pura PusarTasik. Sedangkan Brokong adalah sebuah nama cerukan atau lembah yang terdapat disebelah selatan clebutan Tirta yang indah dan menawan karena terdapat ceburan air yang tinggi saat musim hujan dan lembah tukad jinah yang sangat indah. Dari tempat ini akan bisa melihat indahnya Gunung Agung megah perkasa. Tempat unik lainnya...bersambung..( ditulis Anak Bangbang Dewa Putra Adnyna)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]