Bandar Udara Internasional Parayas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Santander Airport

Aeropuerto de Santander

Aeropuerto de Parayas
Santander Airport.jpg
Informasi
JenisPublic
PemilikAena
PengelolaAeropuertos Españoles y Navegación Aérea (AENA)
LokasiMaliaño, Camargo, Cantabria, Spain
Ketinggian dpl16 kaki / 5 m
Koordinat43°25′37″N 03°49′12″W / 43.42694°N 3.82000°W / 43.42694; -3.82000
Situs webaena-aeropuertos.es
Peta
SDR berlokasi di Cantabria
SDR
SDR
Location of airport in Cantabria
SDR berlokasi di Spain
SDR
SDR
Location of airport in Spain
SDR berlokasi di Europe
SDR
SDR
Location of airport in Europe
SDR berlokasi di Earth
SDR
SDR
Location of airport in the World
Landasan pacu
Arah Panjang Permukaan
kaki m
11/29 7.939x147 2.420x45 Aspal
Statistik (2011)
Passengers 20111.116.398
Passenger change 10-1121,4%
Aircraft Movements17.070
Movements change 10-11 2.65%
Sources: Passenger Traffic, AENA[1]
Spanish AIP, AENA

Bandar Udara Internasional Parayas (IATA: SDRICAO: LEXJ) terletak sekitar 5 km dari Santander (Spanyol), dengan kode IATA SDR, di munisipal Camargo. Ini adalah satu-satunya bandar udara di Cantabria. Angin yang dominan bertiup dari timur laut dan iklimnya yang baik memungkinkan pemberangkatan hingga 98%.

Bandara ini sesungguhnya dibangun di atas rawa-rawa dan dibuka untuk penerbangan pada 1977. Sebelumnya di tempat yang sama sudah ada landasan pesawat yang jauh lebih kecil yang dibangun antara 1947 dan 1952 dan pada tahun berikutnya landasan itu diresmikan dan menggantikan landasan yang hingga saat itu terletak di Albericia. Setelah ditutup untuk sementara waktu, ketika bandara itu mengalami renovasi besar-besaran yang memperluas fasilitasnya, bandara itu dibuka kembali pada 1977 dengan landasan pacu sepanjang 2.400 m yang memungkinkan penerbangan hanya dengan mengandalkan mata telanjang. Pada tahun-tahun belakangan sesuai dengan Rancangan Direktur, bandara ini diperbarui dan diperbesar terminalnya dengan memasang dua belalai penyeberangan sehingga penumpang dapat langsung masuk ke pesawat.

MaskapaiTujuan
Iberia
operated by Air Nostrum
Madrid
RyanairBarcelona, Brussels-Charleroi, Gran Canaria, Lanzarote, London-Stansted, Madrid, Málaga, Milan-Orio al Serio, Palma de Mallorca, Paris-Beauvais, Rome-Ciampino, Seville, Tenerife-South, Valencia
Seasonal: Dublin, Frankfurt-Hahn, Pisa
VoloteaSeasonal: Ibiza, Minorca
VuelingBarcelona

Dari Bandara Santander sesungguhnya penumpang dapat terbang langsung ke Madrid, Barcelona, Sevilla, Alicante, Valencia, Málaga, Palma de Mallorca, Las Palmas de Gran Canaria, Roma, London dan Frankfurt. Selain itu, mulai Oktober 2006, penumpang dapat terbang langsung ke Liverpool. Hingga 2003 fasilitas di bandara ini dirasakan kurang dimanfaatkan karena sedikitnya penerbangan dan tarif penerbangan yang tinggi, sehingga banyak calon penumpang yang pindah ke Bandara Bilbao. Sekarang ini, dan sebagai hasil perjanjian yang ditandatangani antara Pemerintah Cantabria dengan perusahaan yang menawarkan penerbangan murah, Ryanair, jumlah penerbangan bertambah. Tarif yang rendah pun menyebabkan lebih banyak penumpang nasional maupun internasional. Pada tahun 2005 bandara ini melayani 664.000 penumpang; ini merupakan penambahan 88% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Jumlah penumpang dalam negeri dan luar negeri pun lebih seimbang. Peningkatan ini jauh lebih besar dibandingkan dengan apa yang terjadi di bandara-bandara lain di seluruh Spanyol.

Bandara ini mempunyai tempat pemberhentian taksi, kantor-kantor penyewaan kendaraan dan bus kota yang menghubungkan bandara dengan stasiun kereta api dan stasiun bus di ibu kota Cantabria.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ AENA passenger statistics and aircraft movements. Aena.es. Retrieved on 04-10-2011.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]