Bandar Udara Internasional Mataveri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bandar Udara Internasional Mataveri
Mataveri Airport Easter Island Chile.jpg
Informasi
JenisPublik/militer
PengelolaAngkatan Udara Chili
LokasiRapa Nui
Zona waktuUTC-4
Koordinat{{{coordinates}}}

Bandar Udara Internasional Mataveri atau Bandar Udara Isla de Pascua (IATA: IPCICAO: SCIP) berlokasi di Hanga Roa di Rapa Nui (Kepulauan Paskah) (Isla de Pascua dalam Bahasa Spanyol). Sebagai bandara paling terpencil di dunia, Bandar Udara Internasional Mataveri berjarak 3759 kilometer (2336 mi) dari Santiago, Chili (SCL) yang memiliki penerbangan berjadwal menuju tempat itu dengan maskapai penerbangan nasional LAN Airlines (sebelumnya LanChile). Landasan pacu dimulai dari garis pantai di bagian tenggara Mataveri dan hampir mencapai pantai di bagian barat daya, hampir memisahkan gunung Rano Kau dari seluruh bagian pulau.

Bandara ini menjadi pintu masuk utama bagi ribuan turis yang datang ke kepulauan Paskah untuk melihat patung Moai yang terkenal. Bandara ini juga memiliki lounge transit yang digunakan bagi penumpang yang akan melanjutkan perjalanan atau kembali dari Papeete, Tahiti, yang juga dilayani oleh LAN Airlines.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penerbangan berjadwal dari daratan uatama Chili dimulai tahun 1967 dengan sebuah penerbangan bulanan menggunakan DC-6B yang memakan waktu 9 jam, menggunakan sebuah landasan pacu menggunakan sebuah landasan pacu yang diperpanjang dan diperkeras untuk digunakan sebagai pangkalan udara AS.[butuh rujukan] Tahun 1970, layanan dikembangkan dengan menggunakan layanan migguan yang menggunakan pesawat yang lebih cepat Boeing 707 dari daratan utama. Layanan menuju Tahiti ditambahnkan tahun 1971, dan frekuensinya ditingkatkan menjadi dua kali seminggu.[1].

Bandara ini memiliki landasan pacu tunggal sepanjang 3.318 m (10.885 ft). Bandara ini pernah sekali direncanakan sebagai situs pambatalan penerbangan untuk pesawat ulang alik AS saat penerbangan orbit kutub dari Vandenberg, California direncanakan. Proyek untuk memperpanjang landasan pacu dimulai tahun 1984 (berakhir tahun 1987) dan memungkinkan pesawat berbadan lebar menggunakan bandara ini, yang berikutnya menambah jumlah wisatawan ke pulau.[butuh rujukan] LAN saat ini menerbangkan pesawat Boeing 767 ke pulau untuk penerbangan berjadwalnya.

Maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

MaskapaiTujuan
LAN AirlinesLima , Papeete, Santiago de Chile

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Steven R Fischer The island at the end of the world. Reaktion Books 2005 ISBN 1-86189-282-9 Page 220

Pranala luar[sunting | sunting sumber]