Bandar Udara Internasional Philip S. W. Goldson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bandar Udara Internasional Philip S. W. Goldson
Informasi
JenisPublik
LokasiBelize City
Zona waktuUTC-6
Koordinat{{{coordinates}}}
Bandar Udara Internasional Philip Goldson, Belize

Bandar Udara Internasional Philip S. W. Goldson (IATA: BZEICAO: MZBZ) adalah sebuah bandar udara yang melayani kota terbesar di Belize, Belize City. yang diberi nama sesuai politisi yang sudah meninggal Phillip Stanley Wilberforce Goldson.

Bandara ini akan melakukan ekspansi besar-besaran seperi perpanjangan landasan pacu, peluasan apron dan ekspansi terminal. Ekspansi ini dilakukan untuk menerima lebih banyak pesawat dan menrik penerbangan dari Eropa. Ekspansi ini direncanakan selesai pada tahun 2015.

Philip S. W. Goldson berada pada keinggian 5 meter yang berarti bahwa bandara dan seluruh kota Belize City berada dalam ancaman serius banjir karena ketinggian rendah dan kedekatan dengan pantai.

Untuk alasan ini, ibu kota Belize telah dipindahkan menuju Belmopan, namun Bandar Udara Internasional Philip S. W. Goldson masih merupakan yang tersibuk dan terbesar di negara ini.

Philip S. W. Goldson berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota Belize City, di Ladyville. Cara terbaik untuk mencapai bandara dari pusat kota adalah dengan menggunakan taksi. Meskipun terdapat sebuah layanan bus bandara, layanan ini sangat tidak beraturan dan tidak dapat diandalkan.

Maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

MaskapaiTujuan
Aero Caribbean Havana, Guatemala City
American Airlines Dallas/Fort Worth, Miami
Continental Airlines Houston-Intercontinental
Musiman: Newark
Delta Air Lines Atlanta
Delta Connection dioperasikan oleh Pinnacle Airlines Atlanta
Maya Island Air Cancún, Caye Caulker, Caye Chapel, Corozal, Dangriga, Guatemala City, San Pedro Sula, Placencia, Punta Gorda, San Pedro [Ambergris Caye], Savannah
TACA San Salvador
Tropic Air Belmopan, Caye Caulker, Corozal, Dangriga, Flores, Kanantik, Placencia, Punta Gorda, San Pedro [Ambergris Caye], Sarteneja
US Airways Charlotte

Pranala luar[sunting | sunting sumber]