Bambang Bayu Suseno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bambang Bayu Suseno

Bambang Bayu Suseno atau disingkat BBS (lahir 14 April 1972) adalah Wakil Bupati Muaro Jambi periode 2017-2022. Ia merupakan wakil dari Bupati, Masnah Busro.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pria kelahiran Palembang ini, pada masa kecilnya, pernah berjualan es dan minuman tradisional hingga pernah jadi sopir angkot. Meskipun ia terlahir dari seorang ayah prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), sejak kecil dirinya sudah belajar disiplin dan hidup secara mandiri.

Riwayat pendidikan[sunting | sunting sumber]

Sejak kelas lima SD hingga SMP dirinya telah dititipkan oleh orang tuanya di salah satu Kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan untuk menimba ilmu. Ketika tamat SMP, ia dipindahkan lagi oleh orang tuanya dan sekolah SMA di Palembang.

Tamat SMA, masa itu, ia ikut tes SNMPTN dan lulus di Universitas Jambi, bertempat tinggal dan ngekos di Telanaipura, Kota Jambi. Selama kuliah S1 jurusan pertanian di Universitas Jambi, dirinya selalu ambil peluang mencari uang dengan kerjanya sendiri, jadi sopir angkot jalur pasar Telanaipura, ketika Sabtu dan Minggu.

Riwayat pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Ia menjadi kader partai Partai Amanat Nasional (PAN) sejak tahun 1999, saat itu ia masih belajar. Pada tahun 2004, ia nyalon DPRD Provinsi Jambi, tidak berhasil kemudian tahun 2009 ikut lagi dan terpilih jadi DPRD Provinsi Jambi, kemudian 2014 terpilih lagi legislatif di Provinsi, dan 2017 ia maju pilbub dan terpilih wakil Bupati Kabupaten Muarojambi.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]