Balungbangjaya, Bogor Barat, Bogor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Balungbangjaya
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KotaBogor
KecamatanBogor Barat
Kodepos
16116
Kode Kemendagri32.71.04.1005 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Balungbangjaya adalah sebuah kelurahan di kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya wilayah Kelurahan Balumbangjaya sekarang merupakan salah satu desa dari Kecamatan Ciomas hingga tahun 1992[1] dan hingga tahun 1994 menjadi bagian dari Kecamatan Dramaga, pemekaran dari Ciomas.[2] Tahun 1995 Kotamadya Bogor mengalami pemekaran wilayah berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 2 Tahun 1995[3] yang menyebabkan perubahan batas-batas wilayah antara Kabupaten dan Kotamadya, sebagian desa dari Kecamatan Ciomas dan Dramaga masuk ke Kecamatan Bogor Barat bersama beberapa desa dari Kecamatan Semplak[4][5], sebagian lainnya tetap masuk dalam wilayah Kabupaten Bogor.

Balungbang Jaya sekarang ini menjadi Balumbang Jaya pada saat itu menjadi bagian dari Desa Babakan-Kecamatan Ciomas karena dengan semakin berkembangnya penduduk kemudian membentuk sebuah desa baru. Adalah Ir. Jahja Djan (Yahya Jan) seorang insinyur pertanian yang bermukim di daerah Babakan Lio pada kurun waktu tahun 1984, yang atas ide dan prakarsanya mengusulkan sebuah nama yang akan digunakan sebagai identitas desa baru tersebut, yang namanya diambil dari singkatan 3 dusun kampung besar yang ada, yaitu Babakan (Babakan Lio dan Babakan Lebak), Batu Hulung, dan Cilubang dan "Jaya" adalah kata yang dimaknai dan dijiwai sebagai sesuatu yang akan, ingin dan mampu menggapai kesuksesan dalam kehidupan.

Namun dalam perkembangannya nama Balungbang Jaya mengalami perubahan menjadi Balumbang Jaya dikarenakan kesalahan/ mal administrasi pada saat pendaftaran dan pengukuhan untuk masuk menjadi bagian dari wilayah Kota Bogor yang sebelumnya ketika Kota Bogor masih menjadi Kotamadya Bogor kesalahan penulisan dan penyebutan nama Balungbang Jaya tidak terjadi.

Adapun desa-desa dari Kecamatan Dramaga yang masuk ke dalam wilayah Kotamadya Bogor berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 2 Tahun 1995, yaitu :

  1. Desa Sindangbarang;
  2. Desa Bubulak;
  3. Desa Margajaya;
  4. Desa Balumbangjaya;
  5. Desa Situgede.

Batas-Batas[sunting | sunting sumber]

Wilayah Balungbang Jaya memilik Batas dengan wilayah :

  1. Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Babakan (Dramaga), dan Kelurahan Situ Gede
  2. Sebelah Timur berbatasan dengan Kelurahan Situ Gede dan Kelurahan Bubulak
  3. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kelurahan Marga Jaya dan Desa Dramaga
  4. Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Babakan (Dramaga)

Referensi[sunting | sunting sumber]