Baji kentang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Baji kentang
Potato wedges at Mensa Paderborn (11956794164).jpg
SajianHidangan pembuka, hidangan sampingan
Bahan utamaKentang

Baji kentang (bahasa Inggris: potato wedges) adalah irisan kentang berbentuk baji yang tidak beraturan, sering kali besar dan tidak dikupas, yang dipanggang atau digoreng. Makanan ini biasanya dijual di gerbong makan minum dan rumah makan siap saji. Di Australia, baji kentang adalah makanan bar umum, yang hampir selalu disajikan dengan semacam saus. Seseorang dapat menggunakan krim asam, cabai manis, saus tomat, ranch, dan moster madu sebagai saus. Makanan ini biasanya dibumbui dengan berbagai rempah-rempah, biasanya paprika, garam, dan lada.

Nama lain[sunting | sunting sumber]

Baji kentang dengan keju dan bakon, ditemani saus cabai manis dan krim asam
  • Di beberapa daerah Amerika Serikat, khususnya Idaho, Oregon, Washington, Montana, Minnesota, Nebraska, Utah Utara, Ohio Timur Laut, Wisconsin, dan utara negara bagian New York, variasi baji kentang populer dikenal sebagai jojos.[1] Jojos adalah baji kentang yang dilumuri adonan encer, dibumbui, dan digoreng rendam dalam wadah yang sama dengan ayam goreng atau gorengan hasil penggorengan dalam tekanan.[2] Variasi dalam ejaan dan pengucapan makanan tersebut adalah mojos, khususnya di Kanada Barat, Amerika Serikat Barat, dan Yukon Kanada.[3]
  • Di Jerman, makanan ini dikenal sebagai Kartoffelspalten ('belahan kentang'), wilde Kartoffeln ('kentang liar'), Westernkartoffeln ('kentang Barat'), atau Kartoffelecken ('baji kentang').[4]
  • Di Swedia, makanan ini disebut klyftpotatis ('kentang baji').
  • Di Rusia, makanan ini dikenal sebagai картофель по-деревенски ('kentang gaya desa') atau картофель по-домашнему ('kentang rumahan').
  • Di Republik Ceko, makanan ini disebut Americké brambory ('kentang Amerika').
  • Di Finlandia, makanan ini disebut lohkoperunat ('bagian kentang').

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ DiStefano, Anne Marie (4 Juli 2013). "Restaurants add another chapter to jojos' long history". Portland Tribune. Diakses tanggal 8 Juli 2013. 
  2. ^ Price, Nikki (25-9-2009). "A fry with MoJo: The Coast loves its JoJos". Oregon Coast Today. Lincoln City, Oregon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Agustus 2011. Diakses tanggal 26-9-2009. 
  3. ^ "Greensboring - Outside the Media Beyond the News". Diarsipkan dari versi asli tanggal October 11, 2010. Diakses tanggal 14 Juni 2010. 
  4. ^ "Potato-Wedges" (dalam bahasa Jerman). EDEKA.