Bait (film 2000)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bait
Theatrical release poster
SutradaraAntoine Fuqua
ProduserSean Ryerson
Ditulis olehAndrew Scheinman
Adam Scheinman
Tony Gilroy
PemeranJamie Foxx
David Morse
Penata musikMark Mancina
SinematograferTobias A. Schliessler
PenyuntingAlan Edward Bell
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 15 September 2000 (2000-09-15)
Durasi119 minutes
NegaraUnited States, Canada
BahasaEnglish
Anggaran$51 million
Pendapatan
kotor
$15,471,969

Bait adalah film Amerika Serikat-Kanada produksi tahun 2000 bergenre drama komedi kriminal yang disutradarai oleh Antoine Fuqua, berdasarkan skenrio yang ditulis bersama antara Andrew Scheinman, Adam Scheinman, dan Tony Gilroy. Film ini dibintangi oleh Jamie Foxx dan David Morse. Sayangnya, film yang dibiayai oleh Warner Bors., ini kurang menuai kesuksesan. Dari anggaran sebesar $51 juta yang dikeluarkan, hanya meraup penghasilan sebesar $15 juta. Bait dirilis pada 15 September 2000.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film Bait diawali pada malam musim semi di Manhattan, dua orang pria membobol gudang penyimpanan emas batangan, pada saat yang bersamaan Alvin Sanders (Jamie Foxx) dan saudaranya memasuki gudang untuk mencuri udang. Apes bagi alvin karena dia tertangkap dan satu sell dengan perampok bernama jaster yang menderita penyakit jantung. Jaster sempat berpesan pada alvin sebuah tempat bernama bronx, pesan itu dimintanya untuk menyampaikan ke istrinya. Jaster ternyata dipenjara karena menyimpan emas hasil rampokan itu, dan polisi mengetahuinya, tak pelak jaster mendapat siksaan dari para detektif. Tak disangka jaster ketika sedang di interogasi mengalami serangan jantung dan mati. Polisi yang hilang akal akhirnya menyeret alvin untuk diinterogasi tentang keberadaan emas dan siapa dalang dari perampokan itu.

Alvin yang sebenarnya hanya pencuri udang yang kebetulan ada di TKP dan kebetulan satu sell dengan jaster mendapat perlakuan hampir sama, namun karena alvin memang tak tahu menahu tentang emas batangan itu, ia pun dimanfaatkan oleh pihak kepolisian untuk melacak keberadaan emas atau dalang perampokan dengan menanamkan chip yang mampu melacak dan mendengarkan apa saja yang ia katakan dan apa saja yang ia dengar. Tanpa sepengetahuan alvin, pelacakan itu menyeretnya ke keadaan yang bahkan tak pernah ia alami, bagaimana tidak, karena untuk memuluskan misi pihak kepolisian, alvin tidak boleh terlibat dalam aksi kriminal apapun, dengan demikian pihak kepolisian akhirnya membantu alvin secara keuangan dengan mengirimkan ribuan dollar, hanya karena agar alvin cukup dan tidak masuk dunia kriminal, paling tidak hingga dalang perampokan tertangkap. Ternyata benar, dalang perampokan juga ternyata mengincar alvin, karena dialah orang yang terakhir berinteraksi dengan jaster, dalang perampokan akhirnya menemukan alvin dan tahu bahwa alvin sedang dilacak dan disadap, beberapa kali pihak kepolisian terkecoh, tapi untung saja alvin yang merupakan sebuah umpan atau dalam bahasa inggris berarti “Bait“, masih dalam keadaan aman dan terkendali.

Hingga pada akhirnya sang dalang perampokan menyandera pacar alvin dan anaknya, sebagai tebusan memberitahu lokasi emas batangan. Alvin tak bisa menghindar, ia pun memberitahu letak emas itu. Disaat yang sama, pihak kepolisian melakukan pengejaran karena mengetahui ikan telah menggigit umpan dan hendak memutuskan tali, dengan banyak personil mereka menggrebek rumah alvin, namun terlambat, alvin telah membocorkan lokasinya di sebuah lapangan pacuan kuda, disebuah kandang kuda. Dalang perampokan ternyata sungguh keji, ia membawa bom berbahan peledak besar yang dipasang diparkiran tepat dibawah tribun penonton, hal ini dilakukan jika alvin ternyata berbohong. Padahal sebenarnya alvin memang berbohong, tidak ada emas di sana, hanya strategi alvin untuk membuat kuda panik, dengan kuda yang panik, otomatis senjata yang ditodongkan padanya oleh sang dalang perampokan juga mudah direbut, pergumulan yang akhirnya dimenangi alvin, dengan segenap kekuatan ia pun lantas menuju parkiran di mana mobil van yang menyekap pacar dan anaknya, akhirnya bom meledak ditengah danau yang ada ditengah pacuan kuda itu, jadi tidak menimbulkan korban, sementara sang dalan perampokan berhasil juga ia lumpuhkan. Seperti kebanyakan film action india, polisi datang ketika krisis keadaan sudah berlalu. Misteri keberadaan emas terjawab, alvin justeru ingat apa yang dikatakan jaster ketika ada seseorang yang menanyakan sebuah buku tentang bronx yang ternyata ada hubungannya dengan sebuah klub baseball, akhirnya alvin memberikan infromasi itu pada pihak kepolisian dengan catatan ia mendapatkan bagian meski cuma satu persen saja, dan ternyata ditepati pihak kepolisian, dilaporkan emas batangan yang ditemukan berjumlah 40 padahal sebenarnya 45, 5 emas batangan diberikan pada alvin sebagai imbalan.[1]

Ulasan[sunting | sunting sumber]

Bait menuai beragam ulasan negatif dari para kritikus, dengan perolehan rating sebesar 26% di Rotten Tomatoes berdasarkan 82 ulasan.[2] Salah satu ulasan bagus datang dari Roger Ebert yang memberikan nilai 3 dari 4, dengan komentar "It's over the top, an exercise in action comedy that cuts loose from logic and enjoys itself."[3]

Box office[sunting | sunting sumber]

Ketika ditayangkan di Amerika Utara, penghasilan yang tercatat di box office setempat menunjukkan angka penghasilan sebesar $5,485,591 USD pada akhir pekan, masih berada di bawah The Watcher. Bait akhirnya gagal meraih kembali anggaran yang telah dikeluarkan sebesar $51 juta, di mana laba kotor hanya mencapai $15 juta dari pemutaran seluruh dunia.

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Soundtrack film ini dirilis pada 12 September 2000 oleh Warner Bros. Records menampilkan rapper dan musik R&B. Soundtrack ini menempati peringkat ke-49 di Top R&B/Hip-Hop Albums.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sinopsis Film Bait". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-01. Diakses tanggal 2017-11-26. 
  2. ^ "Bait (2000)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal May 8, 2013. 
  3. ^ Ebert, Roger (September 15, 2000). "Bait". rogerebert.com. Diakses tanggal May 8, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]