Baishan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Baishan (Ejaan Cina: 白山; pinyin: Báishān) adalah sebuah kota dengan tingkatan perfektur di Provinsi Jilin, Republik Rakyat Tiongkok. Secara harfiah, 白山 berarti Gunung Putih, yang awalnya merujuk kepada Gunung Baekdu, yang awalnya bernama "长白山" (pinyin: Chángbái Shān) di Tiongkok.

Baishan akan digelari sebagai Kota Air Mineral Internasional Cina.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1902, pemerintahan Qing membangun daerah Linjiang di tempat yang sekarang dikenal sebagai Baishan. Selama periode Manchukup, daerah Linjiang ada di bawah yurisdiksi Tonghua. Pada bulan Maret 1959, Pemerintah Provinsi Jilin mempromosikan Linjiang sebagai kota setingkat county dan menamainya Kota Hunjiang, yang masih berada di bawah administrasi Perfektur Tonghua. Pada tahun 1985, Hunjiang berkembang menjadi kota setingkat perfektur, membawahi tiga distrik dan county, termasuk Fusong, Jingyu, dan Changbai. Kota ini kemudian diganti namanya menjadi Baishan, pada April 1984, atas persetujuan Dewan Negara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baishan City to receive title of "International Mineral Water City", diakses dari situs berita People's Daily Online