Bahasa percakapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bahasa percakapan (istilah terkait: bahasa cakap, bahasa gaul, bahasa informal, bahasa sehari-hari) adalah ragam bahasa yang digunakan pada suasana santai atau tidak resmi. Bahasa percakapan memiliki beberapa ciri-ciri, yaitu bentuk kalimat yang lebih sederhana (susunan sintaksis dan logika bahasa yang tidak sempurna), kosakata yang digunakan adalah kosakata sehari-hari (tidak cenderung ke bidang tertentu), banyaknya penggunaan kata seru serta perangkat ekspresif lainnya, dan perubahan leksikon yang pesat. Pada perkembangannya, bahasa percakapan dapat menghasilkan ragam bahasa tersendiri seperti bahasa Indonesia gaul.[1][2][3][4][5]

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata dari bahasa percakapan ditandai dengan tulisan cak (dari cakapan) di awal penjelasan kata.[6]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Haedara, Finisha. "Ragam Bahasa" (dalam bahasa Inggris). 
  2. ^ Kwiek-Osiowska, Janina (1992). ABC... polskiej gramatyki: leksykon szkolny (dalam bahasa Polski). Kraków: Towarzystwo Miłośników Języka Polskiego. hlm. 101–103. ISBN 8370640486. OCLC 76290254. 
  3. ^ Buttler, Danuta (1982). "Miejsce języka potocznego w wśród odmian współczesnego języka polskiego". Dalam Urbańczyk, Stanisław. Język literacki i jego warianty (dalam bahasa Polski). Wrocław. 
  4. ^ Furdal, Antoni (1977). Urbańczyk, Stanisław, ed. Językoznawstwo otwarte (dalam bahasa Polski). Opole: Opolskie Towarzystwo Przyjaciół Nauk. Wydział Języka i Literatury. 
  5. ^ Buttler, Danuta (1977). "Polskie słownictwo potoczne". Poradnik Językowy (dalam bahasa Polski). 
  6. ^ "Petunjuk Pemakaian KBBI - KBBI Daring". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2020-01-03.