Bahasa di Rumania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bahasa di Rumania[1]
Bahasa resmi Bahasa Rumania (>90%)
Bahasa minoritas Hongaria, Romani, Ukraina, Jerman, Serbia, Rusia, Kroasia, Slowakia, Bulgaria, Turki
Bahasa asing utama Inggris (31%)[2]
Prancis (23%)
Italia (7%)
Jerman (7%)
Bahasa isyarat Bahasa Isyarat Rumania

Di Rumania ada beberapa bahasa yang dituturkan. Selain bahasa Rumania, satu-satunya bahasa resmi nasional, bahasa lain yang digunakan termasuk bahasa Hongaria, bahasa Inggris, Lithuania, Bulgaria, Serbia-Kroasia, Rusia, Slowakia, Romani, Ukraina, dan Jerman.

Bahasa resmi[sunting | sunting sumber]

Menurut Sensus Rumania 2002, bahasa Rumania dituturkan oleh 91% dari populasi sebagai bahasa utama. Menurut Konstitusi Rumania [3] dan Undang-undang 1206 tahun 2006 [4] satu-satunya bahasa resmi di Rumania adalah bahasa Rumania baik di tingkat nasional maupun daerah.

Bahasa-bahasa minoritas[sunting | sunting sumber]

Komposisi etnis di Rumania. Daerah dengan mayoritas atau pluralitas Hongaria ditampilkan dalam warna hijau gelap.

Setelah jatuhnya pemerintah komunis Rumania pada tahun 1989, berbagai bahasa minoritas telah mendapatkan hak-hak mereka yang lebih luas. Rumania saat ini telah memiliki undang-undang yang berkaitan dengan hak-hak kaum minoritas untuk menggunakan bahasa mereka sendiri dalam sistem administrasi dan peradilan lokal.

Sementara bahasa Rumania adalah satu-satunya bahasa resmi di tingkat nasional dan daerah, ada 14 bahasa lainnya yang hidup di Rumania.[5] Hukum linguistik Rumania mencakup hak untuk semua kelompok minoritas yang merupakan lebih dari 20% penduduk suatu tempat. Hal ini termasuk penggunaan tanda-tanda dalam bahasa minoritas, akses ke pemerintahan daerah dan sistem peradilan, hak untuk menerima pendidikan dalam bahasa itu, dan serangkaian hak lainnya.

Bahasa Hongaria[sunting | sunting sumber]

Bahasa Hongaria adalah bahasa minoritas terbesar di Rumania: menurut sensus 2002 ada 1.447.544 penutur asli bahasa Hongaria di negara ini, atau 6,7% dari total penduduk. Minoritas ini sebagian besar tinggal di Transilvania, yang merupakan bagian dari Kerajaan Hongaria sampai 1918 (Transilvania Utara adalah bagian dari Kerajaan Hongaria antara tahun 1940 dan tahun 1947) meskipun ada juga minoritas penutur bahasa Hongaria di bagian lain negara ini.

Bahasa Romani[sunting | sunting sumber]

Tanda dalam trilingual (bahasa Rumania-bahasa Hongaria-bahasa Jerman) di Satu Mare.
Lokasi Budești dalam Kabupaten Călărași dan Kabupaten Călărași di wilayah Rumania.

Orang Roma merupakan minoritas kedua terbesar di Rumania dan menurut sensus 2002, ada 241,617 pengguna bahasa Romani, atau 1,1% dari keseluruhan populasi. Dialek-dialek Romani yang digunakan antara lain Romani Balkan, Romani Vlax, dan Romani Karpatia. Romani digunakan dalam tanda-tanda, administrasi, pendidikan dan pengadilan setempat di 79 kecamatan dan satu kota (Budești).

Bahasa Ukraina[sunting | sunting sumber]

Ada 57.593 penutur bahasa Ukrainia di Rumania, yang pada umumnya terkonsentrasi di Provinsi Maramureş; di sana mereka membentuk 6,67% dari keseluruhan populasi, tetapi juga di provinsi Suceava dan Timiș. Orang Ukrainia merupakan mayoritas dari empat komun: Bistra, Maramureș, Rona de Sus, Știuca dan Copăcele.

Bhasa Jerman[sunting | sunting sumber]

Tanda berbahasa Jerman/Romani di Sibiu (dikenal sebagai Hermannstadt dalam bahasa Jerman), tempat tinggal Transylvanian Landler.

Ada berbagai kelompok berbahasa Jerman di Rumania, yang terbesar di antaranya secara historis dikenal sebagai Sakseni Transilvania dan Swabia Banat. Orang-orang Jerman pernah jauh lebih besar jumlahnya di antara penduduk Rumania daripada sekarang, meskipun mereka masih merupakan kelompok etno-linguistik keempat terbesar sekarang. Pada 1938 ada 780.000, dan pada 1992 ada 111.301, tetapi sensus 2002 melaporkan hanya ada 45,.129 orang Jerman. Sejak 1989 mereka diwakili oleh Forum Demokratis Jerman di Rumania, yang berfungsi dalam bahasa Jerman.

Bahasa Rusia[sunting | sunting sumber]

Kabupaten Tulcea County, tempat tinggal sebagan besar orang Rumania Lipova.

Ada 29.890 orang Lipova, yang secara etnis adalah para emigran Rusian dari Kekaisaran Rusia yang pindah ke Rusia karena perbedaan agama dengan Gereja Ortodoks Rusia. Mereka umumnya menggunakan bahasa Rusia, dan kebanyakan tinggal di Provinsi Tulcea.

Bahasa-bahasa Turkik[sunting | sunting sumber]

Bahasa Turki[sunting | sunting sumber]

Penutur bahasa Turkis merupakan 0,1% dari seluruh, dengan sebuah komunitas yang terdiri dari sekitar 28.714 penutur. Komunitas berbahasa Tur ki pada umumnya merupakan peninggalan dari pemerintahan Usmanni yang pernah menguasai sebagian besar Rumania. Mereka tinggal di bagian selatan Rumania (Dobrudja).

Tatar[sunting | sunting sumber]

Bahasa Tatar juga merupakan sekitar 0,1% dari seluruh populasi Rumania, dengan sebuah komunitas yang terdiri dari 21.482 penutur. Kebanyakan dari mereka adalah orang Tatar Krimea, yang berbahasa Tatar Krimea, dan pada umumnya komunitas ini hidup di Provinsi Constanţa.

Bahasa-bahasa lain[sunting | sunting sumber]

Komunitas-komunitas Slavia Selatan di Rumania

Bahasa-bahasa yang tidak begitu umum dipergunakan di Rumania antaranya: bahasa Serbo-Kroasia (26.732: 20.377 bahasa Serbia, 6.355 bahasa Kroasia), bahasa Slowakia (16.108), bahasa Bulgaria (6.747), bahasa Yunani (4.146).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Europeans and their Languages" (PDF). Ec.europa.eu. December 2005. Diakses tanggal 2016-01-28. 
  2. ^ "SPECIAL EUROBAROMETER 386 Europeans and their Languages" (PDF). ec.europa.eu. 
  3. ^ "Constitutia României". Cdep.ro. Diakses tanggal 2016-01-28. 
  4. ^ [1] Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.
  5. ^ "Romania : Languages of Romania". Ethnologue.com. 1999-02-19. Diakses tanggal 2016-01-28. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]