Bahasa Side

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Side
WilayahSide, Anatolia barat daya kuno
Punahabad ke-3 SM
Alfabet Side
Kode bahasa
ISO 639-3xsd
LINGUIST List
xsd
Glottologside1240[1]

Bahasa Side adalah bahasa Anatolia yang dikenal dari legenda koin yang berasal dari periode sekitar abad ke-5 hingga ke-3 SM yang ditemukan di Side, di pesisir Pamfilia, dan dua prasasti dwibahasa Yunani–Side masing-masing dibuat pada abad ke-3 dan ke-2 SM. Sejarawan Yunani bernama Arrianos dalam karyanya berjudul Anabasis Aleksander (pertengahan abad ke-2 M) menyebutkan keberadaan bahasa asli yang aneh di kota Side.

Side mungkin mirip dengan bahasa Lidia, Karia, dan Likia.

Alfabet Side memiliki 25 huruf, hanya beberapa yang jelas berasal dari alfabet Yunani.[2]

Keberadaan[sunting | sunting sumber]

Prasasti dan koin[sunting | sunting sumber]

Prasasti dalam bahasa Sidet, yang dipajang di Museum Side, Turki. Searah jarum jam dari kiri atas berkode S9, S1, S3, dan S4

Koin dari Side pertama kali ditemukan pada abad ke-19, yang memuat legenda dalam naskah yang saat itu tidak diketahui. Pada tahun 1914, sebuah altar muncul di Side dengan alfabet Yunani dan Side, tetapi yang terakhir belum dapat diuraikan. Hanya setelah penemuan prasasti dwibahasa Yunani-Side kedua pada tahun 1949, Hellmut Theodor Bossert mampu mengetahui cara baca 14 huruf dari aksara Side pada dua prasasti dwibahasa tersebut.[3] Pada tahun 1964, sebuah balok batu besar digali di dekat gerbang timur Side, dengan dua tulisan dalam bahasa Side yang lebih panjang, termasuk kata-kata serapan dari bahasa Yunani (istratag dari στρατηγός, berarti 'komandan'; dan anathema- dari ἀνάθημα, berarti 'persembahan nazar'). Pada tahun 1972, sebuah prasasti ditemukan di luar Side untuk pertama kalinya, di Lyrbe-Seleukia. Saat ini, sebelas koin Side dan beberapa koin dengan legenda Side telah diketahui penafsirannya.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

Selain prasasti, dua kata Side diketahui dari prasasti berbahasa Yunani kuno: ζειγάρη berarti jangkrik cicada,[4] disebutkan oleh ahli kamus kuno bernama Hesikhios, dan λαέρκινον berarti bunga Valeriana, disebutkan oleh Galenus. Selain itu, diyakini bahwa beberapa karakter yang tidak dapat dipahami dalam buku ketiga Hippokrates berjudul Epidemi awalnya adalah kutipan dari dokter bernama Mnemon dari Side, yang mungkin ada dalam alfabet Side.[5]

Kode prasasti Side[sunting | sunting sumber]

Kode prasasti berdasarkan nomor dan tanggal penemuan adalah:

  • S1 = S I.1.1: Prasasti dwibahasa Artemon dari Side (1914).
  • S2 = S I.1.2: Prasasti dwibahasa Apollonios dari Side (1949).
  • S3 & S4 = S I.2.1-2: Prasasti dedikasi Strategos dari Side (1964).
  • S5 = S II.1.1: Loh perunggu altar atau nazar Palimpsest (1969).
  • S6 = S I.1.3: Prasasti dwibahasa Euempolos dari Lyrbe-Seleukia (1972).
  • S7 = S I.2.3: Prasasti pada kepingan tepi pot (1982).
  • S8 = S I.2.4: Prasasti pada relief batu Heraldes (1982).
  • S9 = S I.2.5: Prasasti peringatan Athenodoros, yang sebelumnya ditafsirkan sebagai "daftar nama" - pada enam baris lengkap (dan jejak dua baris lagi), Athenodoros adalah prasasti Side terpanjang (1995).
  • S10 = S III: Koin abad ke-5 SM dengan sekitar dua puluh legenda yang berbeda (sejak abad ke-19).
  • S11: Kata-kata yang kemmungkinan ditulis oleh Mnemon,[6] dokter atau tabib dari Side (1983), yang menambahkan catatan di Side ke manuskrip Hippokrates.[7]
  • S12 = S II.2.1: Skarab (2005).[8]
  • S13 = S I.2.6: Prasasti grafitti dari Lyrbe-Seleukia (2014).

Selain itu beberapa kosakata Side disebutkan melalui penulis Yunani Kuno, meskipun tidak ditulis dalam alfabet Side: "laerkinon" (λαέρκινον, = akar valerian), "zeigarê" (ζειγάρη = jangkrik).[9]

Fitur[sunting | sunting sumber]

Alfabet Side[sunting | sunting sumber]

Alfabet Side berjumlah 25 huruf, ditulis dari kanan ke kiri. Batas kata sering dicantumkan (tetapi tidak selalu) ditandai dengan goresan vertikal. Sejak 2010-an, beberapa ahli bahasa sepakat jumlah huruf Side berkembang karena transliterasi dari bahasa-bahasa lain. Hampir dua pertiga jumlah huruf telah diuraikan.

Bahasa Side[sunting | sunting sumber]

Prasasti-prasasti menunjukkan bahwa Side sudah sangat dipengaruhi oleh bahasa Yunani pada saat dibuat. Bersama bahasa Luwia, Likia, dan Karia, Side merupakan rumpun dari Luwik. Namun, hanya beberapa kata yang dapat diturunkan dari akar kata Luwia, seperti malwadas berarti "persembahan nazar" (Luwia: malwa-) dan maśara berarti "untuk para dewa" (Luwia: masan(i)-, berarti "dewa"). Aada juga kata ganti yang umum ditemukan di bahasa Anatolia lainnya (ab, berarti "dia") dan kata keterangan (osod, berarti "ada" atau "sana").

Deklinasi kata benda pada dasarnya mengikuti pola bahasa Anatolia yang sudah dikenal:[10]

Tunggal Jamak
(Hidup) (Mati) (Hidup) (Mati)
Nominativus -ś (?)
Akusativus
Dativus -o -a
Genitivus
Lokativus -i
Ablativus -d

Belum ada kata kerja yang teridentifikasi dengan aman.

Seperti bahasa tetangganya, Pamfilia, aferesis sering muncul dalam nama-nama Side (Poloniw berarti Apollonios, Thandor berarti Athenodoros), seperti sinkope (Artmon berarti Artemon).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Sidetic". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ Pandey, Anshuman. "Introducing the Sidetic Script" (PDF). Unicode Consortium. Diakses tanggal 2021-04-12. 
  3. ^ Bossert, H. T. (1950). "Scrittura e lingua di Side in Pamfilia". PDP. 13: 32–46. 
  4. ^ Hesychius says the Greek equivalent is "τέττιξ", or cicada: Liddell, Henry George; Scott, Robert. "'Tettix', in: A Greek-English Lexicon". Perseus.Tufts. Diakses tanggal 2021-05-02. 
  5. ^ Nolle, Johannes (1983). "Die "Charaktere" im 3. Epidemienbuch des Hippokrates und Mnemon von Side". Epigraphica Anatolica. 2: 8.85–98. 
  6. ^ Smith, William. "Mnemon (A Dictionary of Greek and Roman biography and mythology)". Perseus Tufts. Diakses tanggal 2021-04-12. 
  7. ^ Nollé, Johannes (1983). "Die "Charaktere" im 3. Epidemienbuch des Hippokrates und Mnemon von Side". Epigraphica Anatolica. 1: 85–98. 
  8. ^ Rizza, Alfredo (2005). "A new epigraphic Document with Sidetic(?) signs". Kadmos. 44 (1–2): 60–74. doi:10.1515/KADM.2005.010. 
  9. ^ Nollé (1983) p. 95.
  10. ^ Касьян, А.С. (Alexei S. Kassian). "Сидетский язык [The Sidetic language] (in: Языки Мира : Реликтовые индоевропейские языки Передней и Центральной Азии [Languages of the world : Relict Indo-European languages of Near- and Central-Asia], pp. 175-177)". Moskva Academia. Diakses tanggal 2021-04-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]