Bahasa Seri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bahasa Seri
Cmiique Iitom
Dituturkan diMeksiko
WilayahSonora
Penutur bahasa
~800 (tidak tercantum tanggal)
Status resmi
Bahasa resmi di
Diatur oleh
Kode bahasa
ISO 639-1
ISO 639-2nai
ISO 639-3sei

Bahasa Seri adalah sebuah bahasa yang dituturkan oleh Suku Seri, di dua desa di pesisir pantai di Sonora, Meksiko. Kemungkinan bahasa ini adalah bagian dari keluarga Bahasa Hokan.

Fonotaktik[sunting | sunting sumber]

Seri memperbolehkan gugusan tiga konsonan muncul berurutan pada awal dan akhir suku kata. Seperti bahasa Inggris yang memperbolehkan tiga konsonan berurut (contohnya seperti spray dan acts). Namun konsonan yang muncul lebih bebas pada Bahasa Seri. Sebagai contoh, bahasa Inggris memperbolehkan spr- tapi tidak *ptk-,kumpulan yang ada di seri (pada kata ptcamn, "lobster".)

Kadang, empat konsonan berurutan muncul (contoh: /kʷsχt/ in cösxtamt, "akan ada banyak..."; /mxkχ/ in ipoomjcx "bila dia membawanya...")

Tata Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa Seri mempunyai urutan kata SOV dan sukup sintetis.

Kosakata[sunting | sunting sumber]

Bahasa Seri mempunyai beberapa kata serapan kebanyakan berasal dari bahasa Spanyol.

Banyak ide dalam Bahasa Seri diutarakan tidak dengan satu kata namun dengan sebuah ekspresi yang terdiri dari beberapa kata, seperti contoh, "kompas" adalah ziix hant iic iihca quiya (secara harafiah "benda yang tahu dimana tempat berada"), dan "radio" adalah ziix haa tiij coos (secara harafiah, "benda yang mendudukan di sana lagu").

Sistem Penulisan[sunting | sunting sumber]

Seri ditulis dengan Alfabet Latin dengan sistem pengejaan yang didasarkan dari bahasa Spanyol.

A a C c Cö cö E e F f H h I i J j Jö jö L l M m
/ɑ/ /k/ /kʷ/ /ɛ/ /ɸ/ /ʔ/ /i/ /x/ /xʷ/ /ɬ/ /m/
N n O o P p Qu qu R r S s T t X x Xö xö Y y Z z
/n/ /o/ /p/ /k/ /ɾ/ /s/ /t/ /χ/ /χʷ/ /j/ /ʃ/

Qu melambangkan /k/ sebelum e and i, dan c digunakan di sisanya. Vokal panjang ditandakan dengan menggandakan huruf vokal tersebut. Lateral Bersuara /l/ di tunjukan dengan menaruh garis di bawah l ->. Ḻ ḻ. Penekanan biasanya tidak ditunjukkan namun dapat ditandai dengan aksen akut di atas huruf vokal yang diberi penekanan

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Marlett, Stephen A. (1981). The structure of Seri. Dissertation, University of California at San Diego.
  • Marlett, Stephen A. & Moser, Mary B. (2005). Comcáac quih yaza quih hant ihíip hac: Diccionario seri-español-inglés. Hermosillo, Sonora: Universidad de Sonora and Plaza y Valdés Editores.
  • Marlett, Stephen A., F. Xavier Moreno Herrera and Genaro G. Herrera Astorga. (2005). Seri. Journal of the International Phonetic Association 35.1: 117-121.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]