Rumpun bahasa Iberia Barat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumpun bahasa
Bahasa Iberia Barat
Bahasa Roman Iberia Barat
PersebaranSemenanjung Iberia, Amerika Latin, Afrika, Israel, Filipina, Timor Leste, Pulau Paskah, Goa
Penggolongan bahasa
Kode bahasa
Glottologwest2838
Lokasi penuturan
Bahasa-bahasa Semenanjung Iberia
Bahasa Iberia Barat: Bahasa Ositano-Roman: Lainnya:
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Iberia Barat ialah cabang dari bahasa Ibero-Roman yang meliputi bahasa Kastilia (Bahasa Spanyol, bahasa Yudeo-Spanyol, bahasa Extremadura dan Loreto-Ucayali), bahasa Astur-Leon (bahasa Asturia, Leon, bahasa Miranda dan Kantabria),[1][2] dan turunan bahasa Galisia-Portugis (bahasa Portugis, bahasa Galisia, Eonavian, bahasa Fala, dan Yudeo-Portugis).

Hingga beberapa abad yang lalu, bahasa itu membentuk kesinambungan dialek yang meliputi wilayah barat, tengah, dan selatan Semenanjung Iberia—kecuali wilayah bahasa Basque dan berbahasa Katala. Ini masih merupakan masalah di beberapa daerah, terutama di bagian utara semenanjung, tetapi karena sejarah sosiopolitik yang berbeda dari bahasa-bahasa ini (kemerdekaan Portugal sejak awal abad ke-12, penyatuan Spanyol pada akhir abad ke-15 di bawah Monarki Katolik, yang mengistimewakan bahasa Spanyol Kastilia di atas bahasa Iberia lainnya), bahasa Spanyol dan Portugis cenderung menyalip dan sebagian besar menyerap bahasa saudara sementara terus menyimpang satu sama lain.

Terdapat kontroversi mengenai anggota subkelompok bahasa Galisia-Portugis dan Astur-Leon itu merupakan bahasa atau dialek. Klasifikasi yang umum, meskipun diperdebatkan menyatakan bahwa bahasa Portugis dan Galisia sebagai bahasa yang terpisah, seperti halnya bahasa Asturia, Leon, dan Miranda. Bahasa Kantabria dan Extremadura dianggap sebagai dialek bersama dari bahasa Leon untuk UNESCO, sedangkan yang terakhir merupakan dialek bahasa Kastilia dalam kode ISO.

Bahasa Papiamento ialah bahasa kreol Iberia Barat yang dituturkan di Hindia Barat Belanda dan diyakini berasal dari bahasa Portugis, bahasa Yudeo-Portugis, bahasa Spanyol, dan bahasa Yudeo-Spanyol.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

[a] Bahasa Iberia Barat

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Huruf tebal menunjukkan rumpun bahasa. Tanda palang menunjukkan bahasa mati.
  2. ^ Barranquenho dapat dianggap sebagai varietas bahasa Portugis yng sangat dipengaruhi bahasa Spanyol, varietas bahasa Spanyol yang sangat dipengaruhi bahasa Portugis atau bahasa campuran.
  3. ^ Bahasa Extremadura kadang-kadang dianggap sebagai dialek bahasa Astur-Leon
  4. ^ Eonavia kadang-kadang dianggap sebagai dialek bahasa Galisia

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Menéndez Pidal, R (2006) [1906]. El dialecto Leonés. León: El Buho Viajero. ISBN 84-933781-6-X. 
  2. ^ UNESCO Interactive Atlas of the World’s Languages in Danger, where Cantabrian is listed in the Astur-Leonese linguistic group.