Bahasa Proto-Anatolia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Proto-Anatolia
Reka ulang dariRumpun bahasa Anatolia
WilayahAnatolia
Zamankira-kira 3000 SM
Leluhur
reka ulang
L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Pemberitahuan
Templat ini mendeteksi bahwa artikel bahasa ini masih belum dinilai kualitasnya oleh ProyekWiki Bahasa dan ProyekWiki terkait dengan subjek.
Apa tujuan penilaian artikel?
Sistem penilaian memungkinkan ProyekWiki memantau kualitas artikel dalam bidang subjeknya, dan memprioritaskan pengerjaan artikel ini

Siapa yang dapat menilai artikel?

Secara umum, siapa pun dapat menambah atau mengubah peringkat artikel. Namun, menilai sebuah artikel sebagai "Kelas-A" umumnya membutuhkan persetujuan dari setidaknya dua penyunting, dan label "AB" dan "AP" hanya boleh digunakan pada artikel yang telah diulas dan saat ini ditetapkan sebagai artikel bagus atau artikel pilihan.

Terjadi false positive? Silakan laporkan kesalahan ini.

12.41, Kamis, 30 Mei, 2024 (UTC) • Sebanyak 1.313 artikel belum dinilai


Bahasa Proto-Anatolia ialah bahasa purba yang muncul dari Rumpun bahasa Anatolia Kuno (yaitu bahasa Het dan kerabat dekatnya). Seperti hampir semua bahasa purba yang lain, tidak ada tulisan yang terbukti kebenarannya telah ditemukan. Bahasa ini telah direkonstruksi dengan menerapkan metode perbandingan untuk semua Rumpun bahasa Anatolia yang terbukti, serta Rumpun bahasa Indo-Eropa.

Craig Melchert, seorang pakar Rumpun bahasa Anatolia, memperkirakan bahwa bahasa Proto-Anatolia mulai menyimpang kira-kira 3000 SM, dalam hal apa pun selambat-lambatnya kira-kira 2500 SM.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Melchert forthc., 7f.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]