Bahasa Konkan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Bahasa Konkani
कोंकणी
"Konkani" dalam aksara Dewanagari
Pengucapan[kõkɳi] (dalam bahasa itu sendiri), [kõkɵɳi] (dianglikkan)
Dituturkan di
WilayahKonkan (termasuk Goa, dan kawasan pesisir Karnataka, Maharashtra, dan beberapa bagian Kerala, Gujarat (Distrik Dang), dan Dadra dan Nagar Haveli dan Daman dan Diu)[1][2]
EtnisKonkani
Penutur
[3]
Rincian data penutur

Jumlah penutur beserta (jika ada) metode pengambilan, jenis, tanggal, dan tempat.[4]

Dialek
Dialek tersendiri: Malvani, Mangalorean, Chitpavani, Antruz, Bardeskari, Saxtti, Daldi, Pednekari, Koli,& Aagri[5]
Masa lampau:
Brahmi
Nāgarī
Goykanadi
Aksara Modi
sekarang: Dewanagari (resmi)[note 1]
Roman[note 2]
Kannada[note 3]
Malayalam.[6]
Aspek ketatabahasaan
Tipologi
Status resmi
Bahasa resmi di
 India
Diatur olehAkademi Karnataka Konkani Sahitya dan Pemerintah Goa[7]
Kode bahasa
ISO 639-2kok
ISO 639-3kokkode inklusif
Kode individual:
gom – Goan Konkani
knn – Maharashtrian Konkani
Glottologgoan1235  (Goan Konkani)[8]
konk1267  (Konkani)[9]
Lokasi penuturan
Persebaran penutur asli bahasa Konkani di India
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Konkani adalah anak cabang selatan bahasa Indo-Arya dan dianggap sebagai sempalan dari bahasa Marathi. Bahasa ini mulanya memang berasal dari wilayah Konkan dan Goa, tetapi karena masalah ekonomi. Maka, penutur bahasa ini kemudian berpindah ke berbagai wilayah di India. Disamping faktor penyerbuan dari berbagai bangsa seperti penguasa Islam dan Portugis. Akibatnya, para penutur bahasa Konkani ini dapat dijumpai di negara bagian Goa, Maharashtra, Karnataka, Kerala dan beberapa bagian Tamil Nadu. Penutur bahasa ini juga sangat heterogen baik dari status sosial, maupun agamanya. Diperkirakan ada 3 juta orang yang menggunakan bahasa Konkani.

Status bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa Konkani mulai diakui sebagai bahasa kesusastraan pada tahun 1975 oleh Akademi Sahitya, dan benar-benar dijadikan bahasa resmi negara bagian Goa pada tahun 1987. Bahasa ini juga masuk dalam konstitusi ke-8 pada tahun 1992 dan menjadi salah satu bahasa nasional di India, meskipun masih ada kekurangan di sana-sini. Sejak lepas dari Portugis, bahasa Konkani digunakan di segala bidang kehidupan oleh masyarakat Goa baik formal maupun informal.

Sistem penulisan[sunting | sunting sumber]

Masih ada kerancuan dalam sistem penulisan bahasa Konkani. Meskipun huruf Dewanagari ditetapkan sebagai huruf resmi, tetapi banyak sekali orang Konkani yang menggunakan huruf Latin maupun huruf Kannada dalam menulis.

Contoh:

  • Helo = Halo
  • Tum kaso aasaa? = Apa kabar?
  • Haamva baro aasaam. = Baik-baik
  • Deva barem karum = Terima kasih
  • Tumacem naamva kidem?= Siapa namamu?
  • Mhajem naamva….. = Nama saya……
  • Barem, melumya = Sampai jumpa

Kembali ke: Daftar Bahasa

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dewanagari telah diumumkan secara resmi sebagai aksara resmi.
  2. ^ Aksara Romawi tidak dimandatkan sebagai aksara resmi oleh hukum. Namun, peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Goa memungkinkan penggunaan aksara Romawi untuk komunikasi resmi. Peraturan ini telah diberlakukan oleh berbagai kementerian dalam berbagai tingkat. Sebagai contoh, Goa Panchayat Rules, 1996 Diarsipkan 2017-06-22 di Wayback Machine. menetapkan bahwa berbagai bentuk yang digunakan dalam proses pemilihan umum harus dalam aksara Romawi dan Dewanagari.
  3. ^ Penggunaan aksara Kannada tidak dimandatkan oleh hukum atau peraturan apa pun. Namun, di negara bagian Karnataka, bahasa Konkani digunakan dalam aksara Kannada dan bukan aksara Dewanagari.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Whiteley, Wilfred Howell (1974). Language in Kenya. Oxford University Press. hlm. 589. 
  2. ^ Kurzon, Denis (2004). Where East looks West: success in English in Goa and on the Konkan Coast Volume 125 of Multilingual matters. Multilingual Matters. hlm. 158. ISBN 978-1-85359-673-5. 
  3. ^ "Statement 1: Abstract of speakers' strength of languages and mother tongues - 2011". www.censusindia.gov.in. Office of the Registrar General & Census Commissioner, India. Diakses tanggal 7 July 2018. 
  4. ^ Nationalencyklopedin (dalam bahasa Swedia), OCLC 185256473, Wikidata Q1165538, diakses tanggal 24 April 2022 
  5. ^ Kapoor, Subodh (10 April 2002). The Indian Encyclopaedia: La Behmen-Maheya. Cosmo Publications. ISBN 9788177552713 – via Google Books. 
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama MadhaviSardesai
  7. ^ "The Goa Daman and Diu Official Language Act" (PDF). Government of India. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 4 March 2009. Diakses tanggal 5 March 2010. 
  8. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Goan Konkani". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  9. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Maharashtrian Konkani". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History.