Bahasa Ithkuil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ithkuil
Iţkuîl
Ithkuil-name.jpg
Pelafalan/iθˈku.ɪl/
Dibuat olehJohn Quijada
Tanggal1978–2016
Penggunatidak ada (tidak tercantum tanggal)
Tujuan
morfofonemik
Kode bahasa
ISO 639-3tidak ada
Glottologada tidak ada[1]
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA

Bahasa Ithkuil adalah bahasa buatan eksperimental yang dibuat oleh John Quijada.[2] Bahasa ini dirancang untuk mengekspresikan tingkat kognisi manusia yang lebih dalam secara singkat, gamblang, dan jelas, terutama dalam konsep yang terkait kategorisasi manusia. Bahasa ini dibuat dengan menggabungkan konsep bahasa buatan a priori dan bahasa rekayasa. Bahasa Ithkuil didesain untuk meminimalkan ketidakjelasan dan ambiguitas semantik dalam bahasa alami manusia.[3] Ithkuil dikenal sebagai bahasa yang memiliki kompleksitas tata bahasa sangat rumit dan memiliki fonem yang luas, meskipun telah mengalami penyederhanaan dalam desain terakhirnya. Nama "Ithkuil" adalah bentuk serapan bahasa Inggris dari Iţkuîl, yang dalam bentuk aslinya secara harfiah bermakna "representasi hipotetis suatu bahasa". Quijada sendiri menyatakan bahwa dia tidak membuat Ithkuil untuk menjadi bahasa pembantu atau digunakan dalam percakapan sehari-hari. Dia ingin bahasa ini digunakan untuk bidang yang lebih rumit dan mendalam serta memerlukan banyak abstraksi, seperti filsafat, seni, sains, dan politik.[4]

Frasa atau kalimat yang bermakna biasanya dapat diungkapkan dalam bahasa Ithkuil dengan unit linguistik yang lebih sedikit daripada dalam bahasa alami. Sebagai contoh, kalimat Ithkuil yang terdiri dari dua kata "Tram-mļöi hhâsmařpţuktôx" dapat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai: "Sebaliknya, saya pikir pegunungan yang terjal ini mungkin menghilang di beberapa titik". Quijada menganggap ciptaannya terlalu rumit untuk dikembangkan secara alami, dan menganggap bahasa ini sebagai latihan dalam mengeksplorasi bagaimana suatu bahasa dapat berfungsi. Belum ada orang, termasuk Quijada sendiri, yang dapat berbicara dengan lancar dalam bahasa Ithkuil.

Empat versi bahasa ini telah dipublikasikan: versi awal pada tahun 2004, versi sederhana yang disebut Ilaksh dipublikasikan pada tahun 2007, versi terkini pada tahun 2011, dan pada tahun 2017 terdapat beberapa varian revisi terbaru dari bahasa tersebut, yang dinamai Ithkuil IV.[5][6][7]

John Quijada adalah seorang ahli bahasa berkebangsaan Amerika Serikat yang mengembangkan Ithkuil sejak tahun 1978 hingga 2004. Revisi kedua dari Ithkuil yang "resmi" atau "pasti" diterbitkan pada 15 Juli 2011.

Contoh kalimat majemuk[sunting | sunting sumber]

Kalimat ini ditulis menggunakan aksara tersendiri

Romanisasi: Pull̀ uíqišx ma’wałg eřyaufënienˉ päţwïç auxë’yaļt xne’wïļta’şui tua kit öllá yaqazmuiv li’yïrzişka’ p’amḿ aìlo’wëčča šu’yehtaş[8]

IPA: [ˈpʊlːˋ ʊˈɪˊqɪʃx ˈmaʔwaʟɡ ɛʁjɑʊfɤˈnɪɛnˉ ˈpæθwɯç aʊˈxɤʔjaɬt xnɛʔwiɬˈtaʔʂʊɪ tʊa kɪt œlːˈaˊ jaˈqazmʊɪv lɪʔjɯɾˈzɪʂkaʔ p’amːˊ aɪlɔˈwɤtʃːa ʃʊʔˈjɛhtaʂ] ( simak)

Terjemahan (Inggris): "As our vehicle leaves the ground and plunges over the edge of the cliff toward the valley floor, I ponder whether it is possible that one might allege I am guilty of an act of moral failure, having failed to maintain a proper course along the roadway."

Terjemahan: "Saat kendaraan kami tergelincir dan terjun ke tepi tebing menuju dasar lembah, saya merenungkan apakah mungkin seseorang menuduh saya bersalah atas tindakan kegagalan moral, karena gagal mempertahankan jalur yang benar di sepanjang jalan".

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Bahasa Ithkuil dikembangkan selama 45 tahun, menjadi eksperimen linguistik di luar bahasa Indo-Eropa Barat sebagai tanggapan terhadap hipotesis Sapir-Whorf dan kasus tata bahasa Charles J. Fillmore. Bahasa ini berkembang menjadi "serangkaian konsep tata bahasa yang kompleks dan rumit" dengan "ide-ide yang terinspirasi oleh pembelajaran berjam-jam teks tentang linguistik teoretis, tata bahasa kognitif, psikolinguistik, pemerolehan bahasa, relativitas linguistik, semantik, semiotika, filsafat, teori himpunan kabur, dan bahkan fisika kuantum." Bahasa Ithkuil sangat terinspirasi oleh ahli bahasa kognitif, seperti George LakoffRonald LangackerGilles Fauconnier, dan Len Talmy.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). ada "Ithkuil" Periksa nilai |chapterurl= (bantuan). Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ Joshua Foer (December 24, 2012). "John Quijada and Ithkuil, the Language He Invented". The New Yorker. Diakses tanggal November 11, 2020. 
  3. ^ "A Philosophical Design for a Hypothetical Language– Introduction". 
  4. ^ "Ithkuil FAQs". 
  5. ^ Quijada, John (June 26, 2019). "Newest Update" (PDF). Ithkuil.net. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2019-09-03. 
  6. ^ Quijada, John (October 3, 2020). "Morphophonology Version 0.15" (PDF). 
  7. ^ Quijada, John (March 4, 2021). "Morphophonology Version 0.15.8.1" (PDF). 
  8. ^ Menurut versi tahun 2004.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]