Bahasa Isyarat Kamboja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Isyarat Kamboja
Dituturkan diKamboja
WilayahPhnom Penh
Penutur
Kode bahasa
ISO 639-3csx
Glottologcamb1244[1]
QIDQ50934287
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Isyarat Kamboja (CBDSL) adalah bahasa isyarat orang tuli Kamboja.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sedikit yang diketahui tentang keadaan bahasa sebelum sekolah orang tuli Kamboja pertama didirikan di ibu kota Phnom Penh pada tahun 1997. Meskipun bahasa pendidikan adalah Bahasa Isyarat Amerika yang diubah suai mengikuti urutan kata Khmer, masyarakat tuli Phnom Penh telah mengembangkan bahasa mereka dengan dukungan Program Pengembangan Orang Tuli Maryknoll.[2]

Penggolongan[sunting | sunting sumber]

CBDSL berbagi sekitar 40% kosakata dasar dengan Bahasa Isyarat Thai Modern (MTSL). Selain dari unsur ikonik, keterpahaman yang ada dengan Bahasa Isyarat Amerika disebabkan oleh kosakata yang dimiliki bersama antara CBDSL, MTSL, dan ASL. Tidak ada hubungan dengan bahasa lain di negara-negara tetangga yang telah diketahui.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Cambodian Sign Language". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ Cambodian Sign Language Production Team (2010) Cambodian Sign Language: English and English – Cambodian Sign Language Dictionary. Hong Kong: Centre for Sign Linguistics and Deaf Studies.
  3. ^ Woodward, Bradford, Sokchea & Samath (2015) Cambodian Sign Language. In Jepsen et al. (eds.) Sign Languages of the World: A Comparative Handbook, pp. 159–176. De Gruyter Mouton and Ishara Press.

Templat:Bahasa di Kamboja