Bahasa Interslavia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Interslavia
Medžuslovjansky, Меджусловјанскы
Flag of Interslavic.svg
Dibuat oleh Ondrej Rečnik, Gabriel Svoboda, Jan van Steenbergen, Igor Polyakov, Vojtěch Merunka, Steeven Radzikowski
Tanggal 2006
Pengguna Ratusan  (2012)[1]
Tujuan
Bentuk awal
Latin, Kiril
Kode bahasa
ISO 639-3 Tidak ada (mis)
Glottolog Tidak ada
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Bahasa Interslavia adalah bahasa buatan yang didasarkan dari bahasa-bahasa Slavia. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi komunikasi di antara bangsa-bangsa Slavia, dan juga untuk membantu orang yang tidak menuturkan bahasa Slavia untuk berkomunikasi dengan orang-orang Slavia. Selain itu, bahasa ini juga memiliki peran edukatif.

Bahasa Interslavia dapat digolongkan sebagai bahasa setengah buatan, karena bahasa ini pada dasarnya merupakan kelanjutan dari Bahasa Slavonik Gerejawi Kuno, tetapi bahasa ini juga memadukan perubahan-perubahan yang telah terjadi dalam bahasa-bahasa Slavia. Maka dari itu, tata bahasa dan kosa katanya yang dipakai adalah tata bahasa dan kosa kata yang ada dalam semua bahasa Slavia, dan bahasa ini juga mencoba untuk tidak menciptakan unsur baru. Fokus utamanya adalah untuk memastikan bahwa bahasa ini dapat langsung dipahami oleh penutur bahasa-bahasa Slavia.[2]

Bahasa ini memiliki sejarah yang panjang dan telah mendahului bahasa-bahasa buatan lainnya (seperti Volapük dan Esperanto) selama beberapa abad. Deskripsi bahasa Interslavia yang paling tua ditulis oleh pendeta Kroasia Juraj Križanić dan berasal dari tahun 1659–1666.[3] Bahasa Interslavia versi modern diciptakan pada tahun 2006 dengan nama Slovianski. Pada tahun 2011, Slovianski direformasi dan digabungkan dengan dua proyek lainnya, sehingga namanya diubah menjadi "Interslavia"; nama ini sendiri diusulkan oleh Ignac Hošek dari Ceko pada tahun 1908.[4][5]

Bahasa Interslavia dapat ditulis dengan menggunakan abjad Latin atau Kiril.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ G. Iliev, Short History of the Cyrillic Alphabet (Plovdiv, 2012), hlm. 67. HTML version
  2. ^ "INTRODUCTION". Steen.free.fr. Diakses tanggal 30 November 2014. 
  3. ^ М.И. Исаев, Словарь этнолингистическиж понятий и терминов. Moscow, 2001, hlm. 85–86. (Rusia)
  4. ^ Л.П. Рупосова, История межславянского языка, dalam: Вестник Московского государственного областного университета (Московский государственный областной университет, 2012 no. 1, hlm. 55. (Rusia)
  5. ^ Jan van Steenbergen. "Interslavic – Introduction". Steen.free.fr. Diakses tanggal 11 January 2015.