Bahasa Iliria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rumpun bahasa
Iliria
PersebaranIliria, Eropa Tenggara
(kini Albania, Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, Kosovo, Montenegro, Makedonia Utara, dan Serbia)
Penggolongan bahasa
Kode bahasa
ISO 639-3xil
Glottologilly1234  (Illyrian)
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Iliria adalah suatu atau beberapa bahasa Indo-Eropa telah punah yang pernah dituturkan oleh Suku Iliria di Eropa Tenggara pada Zaman Klasik. Bahasa ini tidak memiliki bukti tertulis, kecuali beberapa nama orang dan nama tempat. Berdasarkan nama-nama tersebut, disimpulkan bahwa bahasa ini merupakan bagian dari rumpun Indo-Eropa.

Dalam catatan-catatan kuno, istilah "Iliria" diterapkan pada berbagai suku yang menetap di wilayah yang luas di Eropa Tenggara, termasuk Ardiaei, Autariatae, Delmatae, Dassareti, Enchelei, Labeatae, Pannonii, Parthini, Taulantii, dan lain-lain (lihat Daftar suku kuno di Iliria). Tidak diketahui sejauh mana semua suku ini membentuk kelompok linguistik yang homogen, tetapi penelitian tentang eponim yang dibuktikan telah mengarah pada identifikasi daerah pusat linguistik di selatan wilayah ini, kira-kira di sekitar tempat yang sekarang disebut Albania dan Montenegro, tempat yang diyakini bahasa Iliria pernah dituturkan.

Sedikit yang diketahui tentang hubungan antara Iliria dan bahasa tetangganya. Karena kurangnya informasi lebih lanjut, Iliria biasanya digolongkan cabang tersendiri dalam rumpun Indo-Eropa. Hubungan dekat dengan bahasa Messapia, yang pernah dituturkan di Semenanjung Italia bagian selatan belum terbukti. Hubungan dengan bahasa Venetia dan Liburnia juga pernah diusulkan tetapi sekarang ditolak oleh sebagian besar cendekiawan. Di antara bahasa-bahasa modern, Albania merupakan sering dianggap sebagai turunan bahasa Iliria yang masih hidup, meskipun hal ini juga masih belum terbukti.

Di era modern awal dan hingga abad ke-19, isilah "Iliria" juga diterapkan pada bahasa-bahasa Slavia Selatan di Dalmatia, yang sekarang dikenal sebagai Serbo-Kroasia. Bahasa ini hanya terkait secara jauh dengan Iliria asli karena memiliki leluhur yang sama, Proto-Indo-Eropa; kedua bahasa tersebut tidak pernah berhubungan karena bahasa Iliria telah punah sebelum migrasi Slavia ke Balkan. Jadi bahasa Iliria paling mungkin berhubungan dengan leluhur bahasa Albania.

Penggolongan[sunting | sunting sumber]

Suku-suku Iliria di Eropa Tenggara.

Ilirian adalah bagian dari rumpun bahasa Indo-Eropa. Hubungannya dengan bahasa Indo-Eropa Kuno dan Modern masih belum jelas karena kurangnya data dan masih diteliti. Saat ini, sumber utama informasi otoritatif tentang bahasa Iliria terdiri dari beberapa kata Iliria yang dikutip dalam sumber-sumber Klasik, dan banyak contoh antroponim, etnonim, toponim, dan hidronim Iliria. Mengingat kelangkaan data, sulit untuk mengidentifikasi perubahan bunyi yang terjadi dalam bahasa Iliria, yang paling banyak diterima adalah bahwa aspirasi bersuara Indo-Eropa /bʰ/, /dʰ/, /ɡʰ/ yang berubah menjadi /b/, /d/, /ɡ/.[1][2]

Bahasa Messapia adalah bahasa Zaman Besi yang pernah dituturkan di Apulia oleh Iapigi (Messapia, Peuketia, Daunia), yang menetap di Italia sebagai bagian dari migrasi suku Iliria dari Iliria pada periode transisi antara Zaman Perunggu dan Besi.[3] Dengan demikian, Messapia sebagai bahasa yang berbeda dianggap sebagai bagian dari pengelompokan bahasa kawasan Paleo-Balkan yang sama dengan Iliria.[4] Eric Hamp telah mengelompokkannya di bawah "Messapo-Iliria" yang selanjutnya dikelompokkan dengan Albania di bawah "Indo-Eropa Adriatik".[5] Skema lain mengelompokkan tiga bahasa di bawah "Iliria Umum" dan "Paleo-Balkan Barat".[6]

Dalam penelitian yang lebih tua di bawah pengaruh Teori Pan-Iliria, bahasa Histri, Venetia, dan Liburnia dianggap sebagai dialek Iliria. Ketika penelitian arkeologi berkembang dan data onomastik tentang bahasa-bahasa ini meningkat, menjadi jelas bahwa bahasa-bahasa tersebut tidak berhubungan dengan Iliria baik sebagai dialek atau sebagai bagian dari cabang yang sama.[7][8]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mallory & Adams 1997.
  2. ^ Christidis, Arapopoulou & Chritē 2007.
  3. ^ Wilkes 1995, hlm. 68.
  4. ^ Joazhim Matzinger (2016). Die Altbalkanischen sprachen, p. 19 Link
  5. ^ Hamp & Adams 2013, hlm. 8.
  6. ^ Ismajli 2015, hlm. 45.
  7. ^ Wilkes 1995, hlm. 183: "We may begin with the Venetic peoples, Veneti, Carni, Histri and Liburni, whose language set them apart from the rest of the Illyrians."
  8. ^ Wilkes 1995, hlm. 81: "In Roman Pannonia the Latobici and Varciani who dwelt east of the Venetic Catari in the upper Sava valley were Celtic but the Colapiani of the Colapis (Kulpa) valley were Illyrians (north Pannonian), exhibiting names such as Liccaius, Bato, Cralus, Lirus and Plassarus."

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pustaka lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]