Bahasa Hakka Taiwan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Hakka Taiwan
toiˇ vanˇ hagˋ gaˊ ngiˊ / toiˇ vanˇ hagˋ fa
Thòi-vàn Hak-kâ-ngî / Thòi-vàn Hak-fa
PengucapanSixian: [tʰoi˩ van˩ hak̚˨ fa˥]
Hailu: [tʰoi˥ van˥ hak̚˨ fa˩]
Dapu: [tʰoi˧ van˩˩˧ kʰak̚˨˩ fa˥˧]
Raoping: [tʰoi˧ van˥ kʰak̚˥ fa˨˦]
Zhao'an: [tʰai˧ ban˥˧ kʰa˥ su˥]
Dituturkan diRepublik Tiongkok/Taiwan
WilayahTaoyuan, Miaoli, Hsinchu, Pingtung, Kaohsiung, Taichung, Nantou, Changhua, Yunlin, Yilan, Hualien dan Taitung
Penutur
2.580.000 (2015)[1]
Latin (Pha̍k-fa-sṳ)
Status resmi
Bahasa resmi di
Republik Tiongkok[a]
Diatur olehDewan Urusan Hakka
Kode bahasa
ISO 639-3
ISO 639-6htia
GlottologTidak ada
Linguasfer79-AAA-gap
QIDQ2391532
Lokasi penuturan
Proporsi penduduk berusia 6 tahun atau lebih yang menggunakan Hakka di rumah di Republik Tiongkok/Taiwan, pada tahun 2010.
 Portal Bahasa
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Bahasa Hakka Taiwan adalah kelompok bahasa yang terdiri dari dialek Hakka yang dipertuturkan di Taiwan (Republik Tiongkok), dan terutama digunakan oleh Orang Hakka-Taiwan. Bahasa Hakka di Taiwan dapat dibagi menjadi lima dialek utama: Sixian, Hailu, Dabu, Raoping, dan Zhao'an. Dialek yang paling banyak digunakan dari lima dialek Hakka di Republik Tiongkok adalah Sixian (Siyen) dan Hailu (Hoiliuk).

Perbedaan di antara dialek-dialek Hakka Taiwan[sunting | sunting sumber]

Dialek Siyen memiliki 6 nada, merupakan rumpun bahasa Hakka kawasan Meizhou, Guangdong, dipertuturkan di Miaoli , Pingtung dan Kaohsiung. Dialek Hoiliuk bercirikhas 7 nada, leluhur mereka berasal dari Haifeng dan Lufeng, Guangdong. Dialek Hoiliuk terkonsentrasi di wilayah Hsinchu, Kota Taoyuan dan Hualien.

Bahasa Hakka Taiwan secara resmi terdaftar sebagai salah satu bahasa nasional Republik Tiongkok. Selain lima dialek utama, terdapat pula dialek Xihai (Si-hoi ; 四海腔), yakni percampuran antara Dialek Siyen dan Hoiliuk. Secara historis pernah ada penutur dialek-dialek dari kawasan lainnya seperti Yongding, Fengshun, Wuping, Wuhua, dan Jiexi. Namun penutur-penutur dialek ini dinilai telah terserap ke dalam masyarakat Hoklo atau dialek Hakka utama sehingga dapat dinyatakan lenyap dewasa ini.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eberhard, David M.; Simons, Gary F.; Fennig, Charles D., ed. (2019). "Chinese, Hakka". Ethnologue: Languages of the World (edisi ke-22nd). Dallas, Texas: SIL International. Diakses tanggal 14 August 2019. 
  2. ^ "Draft National Language Development Act Clears Legislative Floor". Focus Taiwan (CNA English News) (dalam bahasa Inggris). Central News Agency. 2018-12-25. 
  3. ^ "Dàzhòng yùnshū gōngjù bòyīn yǔyán píngděng bǎozhàng fǎ" 大眾運輸工具播音語言平等保障法 [Act on Broadcasting Language Equality Protection in Public Transport] (dalam bahasa Tionghoa) – via Wikisource. 
  4. ^ "Standards for Identification of Basic Language Abilities and General Knowledge of the Rights and Duties of Naturalized Citizens" (PDF). Republic of China (Taiwan): Ministry of the Interior. Amended 9 April 2016. Article 6. Archived from the original on 25 July 2017. Accessed 20 July 2020.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan