Bahasa Armeno-Kipchak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengalihan nama bahasa.svg
Armeno-Kipchak
Xıpçaχ tili, bizim til, Tatarça
WilayahKrimea
Turk
Kode bahasa
ISO 639-3
Glottologada Tidak ada[1]
Globe of letters.svg Portal Bahasa

Bahasa Armeno-Kipchak (Xıpçaχ tili, bizim til, Tatarça)[2] adalah sebuah bahasa yang tergolong ke dalam rumpun bahasa Turk cabang Kipchak. Bahasa ini pernah dituturkan di Krimea pada abad ke-14 hingga ke-15. Keberadaan bahasa ini diketahui dari peninggalan sastra abad ke-16 hingga ke-17 yang ditulis dalam aksara Armenia. Bahasa Armeno-Kipchak menyerupai bahasa yang digunakan dalam Codex Cumanicus, yang disusun pada abad ke-13.[3]

Asal mula bahasa Armeno-Kipchak masih dipertentangkan. Penutur bahasa ini kadang dianggap sebagai orang Armenia yang terasimilasi secara bahasa (Armeno-Kipchak), walaupun ada juga yang menduga bahwa bahasa ini mungkin dituturkan oleh orang Kipchak setempat yang menjadi penganut Kekristenan Armenia. Diyakini orang Armeno-Kipchak menganggap diri mereka sebagai orang Armenia.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). ada "Armeno-Kipchak" Periksa nilai |chapterurl= (bantuan). Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ a b Kasapoğlu Çengel, Hülya (2013). "Comparative Phonology of Historical Kipchak Turkish and Urum Language". Gazi Türkiyat (dalam bahasa Inggris). 13: 29–43. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Juli 2021. Diakses tanggal 25 Juli 2021. 
  3. ^ Abdurrazak Peler, Gökçe Yükselen (2015). "Tarihte Türk – Ermeni Temasları Sonucunda Ortaya Çıkmış Bir Halk: Ermeni Kıpçakları veya Gregoryan K" [A People Emerged as A Result of Historical Turkic – Armenian Contact: The Armeno-Kipchaks or Gregorian Kipchaks]. Journal of Turkish Studies (dalam bahasa Turki). 10 (8): 253–253. doi:10.7827/turkishstudies.8215alt=Dapat diakses gratis.