Bahan penyerap radiasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ruang RF nirgema digunakan untuk pengujian EMC.

Bahan penyerap radiasi, biasanya dikenal sebagai RAM, adalah bahan yang telah dirancang khusus dan dibentuk untuk menyerap radiasi RF (juga dikenal sebagai radiasi non-pengion), seefektif mungkin, dari sebanyak mungkin arah. Semakin efektif RAM, semakin rendah tingkat radiasi RF yang dipantulkan. Banyak pengukuran dalam kompatibilitas elektromagnetik (EMC) dan pola radiasi antena mensyaratkan bahwa sinyal palsu yang timbul dari pengaturan tes, termasuk refleksi dapat diabaikan untuk menghindari risiko menyebabkan kesalahan pengukuran dan ambiguitas.

Teknologi siluman[sunting | sunting sumber]

Bahan penyerap radar digunakan dalam teknologi siluman untuk menyamarkan kendaraan atau struktur dari deteksi radar. Daya serap suatu bahan pada frekuensi tertentu dari gelombang radar tergantung pada komposisinya. RAM tidak dapat menyerap radar dengan sempurna pada frekuensi berapapun, tetapi komposisi apa pun memang memiliki daya serap yang lebih besar pada beberapa frekuensi daripada yang lain, dengan kata lain tidak ada RAM yang cocok untuk penyerapan semua frekuensi radar. Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa RAM membuat objek tidak terlihat oleh radar. Bahan penyerap radar dapat secara signifikan mengurangi penampang radar objek dalam frekuensi radar tertentu, tetapi tidak menghasilkan fitur "tembus pandang" pada frekuensi radar berapapun. Cuaca buruk dapat berkontribusi terhadap defisiensi kemampuan siluman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bentuk pelapisan siluman yang paling awal adalah bahan yang disebut Sumpf dan Schornsteinfeger, pelapis yang digunakan oleh angkatan laut Jerman selama Perang Dunia II untuk snorkeling (atau periskop) kapal selam, untuk menurunkan reflektivitasnya pada pita radar 20 cm yang digunakan Sekutu. Bahan ini memiliki struktur berlapis dan didasarkan pada partikel grafit dan bahan semikonduktif lainnya yang tertanam dalam matriks karet. Efisiensi material sebagian dikurangi oleh pengaruh air laut.[1][2]

Penggunaan terkait direncanakan untuk pesawat Horten Ho 229. Perekat yang mengikat lembaran kayu lapis di kulitnya diresapi dengan partikel grafit yang dimaksudkan untuk mengurangi visibilitasnya terhadap radar Inggris.[3][4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hepcke, Gerhard. "The Radar War, 1930-1945" (PDF). Radar World. 
  2. ^ "The History of Radar". BBC. 2003-07-14. 
  3. ^ Shepelev, Andrei and Ottens, Huib. Ho 229 The Spirit of Thuringia: The Horten All-wing jet Fighter. London: Classic Publications, 2007. ISBN 1-903223-66-0.
  4. ^ Is it stealthy? Diarsipkan 2016-02-24 di Wayback Machine. Smithsonian National Air and Space Museum (Retrieved February 2016)