Bahan bakar jet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Truk bahan bakar Jet A-1 Shell di tikungan yang berada di Bandar Udara Internasional Vancouver (perhatikan plakat Bahan Berbahaya dan stiker "JET A-1")

Bahan bakar jet (Bahasa Inggris: jet fuel) atau avtur (singkatan dari aviation turbine fuel) merupakan salah satu jenis bahan bakar penerbangan yang dirancang untuk digunakan pada pesawat terbang yang bermesin turbin gas. Warnanya cerah sampai kekuningan. Bahan bakar yang paling umum adalah Jet A dan Jet A-1 (Avtur) yang diproduksi dalam perlengkapan spesifikasi yang terstandardisasi secara internasional. Satu-satunya bahan bakar jet yang umum digunakan dalam penerbangan bermesin turbin disebut Jet B dan digunakan untuk menghadapi cuaca dingin.

Bahan bakar jet adalah campuran sejumlah hidrokarbon yang berbeda, kemungkinan ribuan lebih. Kisaran ukurannya (berat molekul atau nomor karbon) dibatasi oleh persyaratan untuk produk, sebagai contoh, titik beku atau titik asap. Bahan bakar jenis kerosin (termasuk Jet A dan Jet A-1) memiliki distribusi nomor karbon antara 8-16; bahan bakar jet tipe potong luas atau nafta (termasuk Jet B), berkisar antara 5-15 nomor karbon.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chevron Products Corporation. "Aviation Turbine Fuel Composition". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-27. Diakses tanggal 2009-05-08. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]