Badan Pangan Nasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
BADAN PANGAN NASIONAL
(National Food Agency (NFA))
NFA badan pangan nasional.png
Gambaran umum
Didirikan29 Juli 2021
Dasar hukumPerpres 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional
Bidang tugasKedaulatan, Ketahanan, dan Kemandirian di Bidang Pangan
Kepala Badan Pangan Nasional
Arief Prasetyo Adi, S.T, M.T
Sekretaris Utama
Dr. Sarwo Edhy, S.P, M.M (Plt)
Deputi
Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi PanganDr. I Gusti Ketut Astawa, S.Sos, M.M
Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan GiziDrs. Nyoto Suwignyo, M.M
Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan PanganDr. Andriko Noto Susanto, S.P, M.P
Website
http://badanpangan.go.id/

Badan Pangan Nasional merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden dalam pelaksanaan urusan pangan[1] untuk menciptakan kedaulatan pangan, ketahanan pangan, dan kemandirian pangan bagi negara.[2] Terdapat sembilan komoditas pangan yang menjadi sasaran tugas Badan Pangan Nasional, yaitu beras, jagung, kedelai, gula konsumsi, bawang, telur unggas, daging ruminansia, daging unggas, cabai.[3]

Badan Pangan Nasional dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional yang merupakan amanat dari UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Badan ini akan melaksanakan pengadaan, pengelolaan, dan penyaluran cadangan pangan yang dilakukan melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Berkaitan dengan stabilitas harga dan inflasi, khususnya bahan pokok, tetap akan dijaga oleh Badan Pangan Nasional melalui BUMN di bidang pangan sebagai instrumennya.[4]

Dalam menjalankan tugasnya Badan Pangan Nasional dipimpin oleh seorang Kepala yang dilantik dan bertanggungjawab langsung kepada Presiden RI. Pada 21 Februari 2022, Presiden RI Joko Widodo melantik Arief Prasetyo Adi sebagai Kepala Badan Pangan Nasional.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Catriana, Elsa (2021-08-25). Djumena, Erlangga, ed. "Jokowi Bentuk Badan Pangan Nasional, Apa Fungsinya?". Kompas.com. Diakses tanggal 2022-08-19. 
  2. ^ "Jokowi Resmi Bentuk Badan Pangan Nasional". CNN Indonesia. Diakses tanggal 2022-08-19. 
  3. ^ Nugraheny, Dian Erika (2021-08-25). Krisiandi, ed. "9 Komoditas Jadi Sasaran Kerja Badan Pangan Nasional Bentukan Jokowi". Kompas.com. Diakses tanggal 2022-08-19. 
  4. ^ "Indonesia.go.id - Badan Pangan Nasional, Harapan Gerak Cepat Urusan Pangan". indonesia.go.id. Diakses tanggal 2022-08-19. 
  5. ^ Al-Farraby, Raden Muhammad Ikhsan (2022-02-21). "Presiden Joko Widodo Lantik Gubernur Lemhannas dan Kepala Badan Pangan Nasional". Presiden RI. Diakses tanggal 2022-08-19.