Baby Huwae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Baby Huwae
Baby Huwae pada tahun 1963
LahirBaby Constance Irene Theresia Huwae
(1939-11-22)22 November 1939
Rotterdam, Belanda
Meninggal5 Juni 1989(1989-06-05) (umur 49)
Jakarta, Indonesia
Sebab meninggalPenyakit degeneratif
Nama lainLokita Purnamasari
Pekerjaan
Anak7

Baby Constance Irene Theresia Huwae (22 November 1939 – 5 Juni 1989)[1] adalah seorang peramal, pengusaha, mantan aktris, dan mantan peragawati berkebangsaan Indonesia. Ia juga memiliki nama lain Lokita Purnamasari yang diberikan oleh Presiden Soekarno. Ayahnya berdarah Jawa - Maluku dan ibunya berdarah Jerman. Namanya mulai terkenal setelah membintangi film Asrama Dara garapan Usmar Ismail. Selama hidupnya, ia telah membintangi sekitar tiga belas film.[2]

Di samping itu, Baby juga tergabung dalam grup vokal The Baby Dolls bersama Rima Melati, Indriati Iskak dan Gaby Mambo. Setelah berhenti bermain film, Baby beralih profesi menjadi peramal. Ia juga terjun dalam bisnis busana, biji tengkawang, karet, dll.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Baby memiliki 7 orang anak. Salah satu putranya yaitu Ruli Huwae yang lahir di Jakarta, Indonesia, pada 13 September 1971, berprofesi sebagai seorang model dan penyanyi, pernah mengikuti Penghuni Terakhir yang disiarkan di ANteve.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November 1986, Baby dilarikan ke rumah sakit dikarenakan sakit komplikasi jantung, darah tinggi, liver, dan ginjal yang dideritanya. Ia didiagnosis mengalami gagal ginjal pada saat itu dan kemudian dirawat di berbagai rumah sakit yang berada di Jakarta dan Semarang. Ia juga harus menjalani cuci darah secara rutin.

Rima Melati sahabatnya kemudian mencoba membantu biaya pengobatan Baby dengan membuat gerakan dana amal pada tahun 1988, namun Baby Huwae meninggal dunia di salah satu Rumah Sakit yang berada di Jakarta pada Senin, 5 Juni 1989 dalam usia 49 tahun akibat penyakit yang dideritanya.

Jenazahnya kemudian dimakamkan di TPU Menteng Pulo, Jakarta Selatan[3].

Referensi[sunting | sunting sumber]