Baby Driver

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Baby Driver (film))
Baby Driver
Logo film
SutradaraEdgar Wright
ProduserTim Bevan
Eric Fellner
Nira Park
Ditulis olehEdgar Wright
PemeranAnsel Elgort
Kevin Spacey
Lily James
Eiza González
Jon Hamm
Jamie Foxx
Jon Bernthal
Penata musikSteven Price
SinematograferBill Pope
PenyuntingJonathan Amos
Paul Machliss
Perusahaan
produksi
Big Talk Productions
Working Title Films
Media Rights Capital
DistributorTriStar Pictures
Tanggal rilis
  • 11 Maret 2017 (2017-03-11) (South by Southwest)
  • 28 Juni 2017 (2017-06-28) (Amerika Serikat)
  • 30 Agustus 2017 (2017-08-30) (Indonesia)
Durasi113 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
Britania Raya
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$34 juta[2]
Pendapatan
kotor
$226.945.087[3]

Baby Driver adalah film kriminal kejahatan tahun 2017[4] yang disutradarai oleh Edgar Wright dan diproduseri oleh Tim Bevan, Eric Fellner dan Nira Park. Naskah film ini ditulis oleh Edgar Wright. Film ini dibintangi oleh Ansel Elgort, Kevin Spacey, Lily James, Jon Bernthal, Eiza González, Jon Hamm dan Jamie Foxx.

Film Baby Driver ditayangkan secara perdana di South by Southwest (SXSW) pada tanggal 11 Maret 2017[5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 28 Juni 2017.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Baby (Ansel Elgort) adalah seorang pemuda yang bekerja sebagai pengemudi untuk kelompok perampok bank di Atlanta, Georgia. Ketika ia masih kecil, sebuah kecelakaan mobil membunuh orang tuanya dan meninggalkannya bersama tinitus, yang ia blokir dengan mendengarkan musik di iPod. Ia membawa anggota perampok yang dikerahkan oleh Doc (Kevin Spacey), sang otak perampokan, untuk melunasi hutang yang dikeluarkannya setelah mencuri salah satu mobil Doc. Di samping pekerjaannya, Baby menciptakan remix dari cuplikan percakapan yang dicatatnya, dan merawat ayah angkatnya yang tuli, Joseph (CJ Jones). Di restoran, Baby bertemu dengan seorang pelayan, Debora (Lily James), dan mereka mulai berkencan.

Perampokan Baby berikutnya tidak berjalan mulus setelah seorang pemburu bersenjata mengejar mereka, tetapi Baby menghindari pemburu tersebut dan polisi. Ketika Doc memberitahukan bahwa mereka sekarang bergerak "lurus", Baby menghentikan kehidupan kriminalnya dan mulai bekerja sebagai pengantar pizza. Ketika Baby berkencan dengan Debora, Doc memaksanya bergabung dalam aksi pencurian di kantor pos, mengancam akan menyakiti Debora jika Baby menolak.

Para kru yang terdiri dari Buddy (Jon Hamm) yang gaul beserta istrinya, Darling (Eiza González), seorang penembak jitu dan Bats (Jamie Foxx) yang kejam, tidak menyukai Baby. Ketika para kru mencoba membeli senjata ilegal untuk pekerjaan mereka, Bats menyadari bahwa para dealer adalah polisi dan melepaskan tembakan, membunuh semua polisi. Setelah itu, Bats memaksa Baby untuk berhenti di restoran Debora, tidak menyadari percintaan antara Baby dan Debora, dan hampir membunuh Debora saat ditahan.

Doc, marah dengan kesepakatan yang gagal, mencoba membatalkan pencurian, tetapi Baby meyakinkannya untuk melewatinya. Ia mencoba melarikan diri nanti malam, berharap bisa membawa Debora dan meninggalkan Atlanta. Ia dihentikan oleh Buddy and Bats, yang telah menemukan rekamannya dan percaya bahwa ia adalah seorang informan. Ketika mereka dan Doc mendengar rekaman tersebut, mereka yakin akan kepolosannya.

Selama masa pencurian, Bats membunuh para penjaga keamanan. Merasa jijik, Baby menolak mengemudi untuk para krunya, menyebabkan Bats memukulnya. Baby membenturkan mobilnya ke batang penguat baja yang runcing, menusuk Bats dan membunuhnya. Ketiganya melarikan diri dari polisi dengan berjalan kaki. Setelah polisi membunuh Darling, Buddy menyalahkan Baby atas kematiannya, dan bersumpah untuk membunuhnya. Baby mencuri mobil lain dan melarikan diri ke apartemennya. Setelah meninggalkan Joseph di tempat perlindungan, Baby pergi ke restoran Debora untuk menjemputnya, di mana ia menemukan Buddy menunggu. Baby menembak Buddy dan melarikan diri dengan Debora saat polisi mendekat.

Baby meminta bantuan Doc, yang awalnya menolak untuk membantunya dan menyalahkan Baby karena telah merusak skenario pencurian tersebut. Setelah melihat Baby benar-benar mencintai Debora, Doc memberi mereka uang dan petunjuk untuk keluar dari negara tersebut, menyatakan bahwa ia juga pernah jatuh cinta. Buddy menyergap mereka di parkir garasi, memukul dan membunuh Doc dengan mobil polisi curian. Saling kejar-mengejar pun terjadi hingga Buddy menangkap Baby dengan menembaknya di samping kedua telinganya, memekakkan telinga Baby. Debora melucuti pistol Buddy dengan linggis dan Baby menembaknya dengan pistol, menyebabkan Buddy meninggal.

Melarikan diri dari Atlanta, perjalanan Baby dan Debora terhambat oleh perbatasan yang dijaga oleh polisi. Debora bersiap untuk menghantam mereka, tetapi Baby menghentikannya dan menyerah, mengatakan kepadanya bahwa Debora bukan orang kriminal. Di persidangan, Joseph, Debora dan beberapa orang yang diselamatkan oleh Baby saat perampokan terjadi, bersaksi dalam pembelaannya. Baby dijatuhi hukuman 25 tahun penjara dengan pembebasan bersyarat setelah lima tahun. Ia menerima kartu pos dari Debora, yang berjanji akan menunggunya. Baby bebas dan bertemu Debora yang menunggunya, dan mereka berkencan.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Ansel Elgort sebagai Baby / Miles, pemuda yang menyukai musik dan bekerja sebagai pengemudi untuk kelompok perampok bank
    • Hudson Meek sebagai Baby / Miles muda
  • Lily James sebagai Debora, seorang pelayan wanita yang menjadi kekasih Baby
  • Kevin Spacey sebagai Doc, gembong misterius dari kru perampok bank dan dalang kriminal veteran
  • Jamie Foxx sebagai Bats / Leon Jefferson III, anggota geng Doc yang impulsif dan kejam
  • Jon Hamm sebagai Buddy / Jason Van Horn, anggota geng Doc yang tampan, liar dan penyuka pesta
  • Eiza González sebagai Darling / Monica Castello, anggota geng Doc yang merupakan istri sekaligus rekan kriminal Buddy yang penuh skandal dan tak taat hukum[7]
  • Jon Bernthal sebagai Griff, anggota geng Doc yang terus-menerus mengganggu Baby
  • Flea sebagai No-Nose / Eddie, anggota geng Doc[8]
  • Lanny Joon sebagai JD, anggota geng Doc
  • CJ Jones sebagai Joseph, ayah angkat Baby yang tuli
  • Sky Ferreira sebagai ibu Baby
  • Lance Palmer sebagai ayah Baby
  • Big Boi sebagai penjaga restoran 1[9]
  • Killer Mike sebagai penjaga restoran 2[9]
  • Paul Williams sebagai penjual daging[9]
  • Jon Spencer sebagai penjaga penjara[9]
  • Micah Howard sebagai barista
  • Morgan Brown sebagai pendeta

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Baby Driver (Music from the Motion Picture)
Album lagu tema karya Various artists
Dirilis23 Juni 2017 (2017-06-23)
Durasi1:43:53
Label30th Century Records
ProduserDanger Mouse

Baby Driver (Music from the Motion Picture) adalah album soundtrack dari film dengan nama yang sama. Soundtrack dirilis pada tanggal 23 Juni 2017 dalam bentuk CD, vinyl dan musik digital melalui label rekaman Columbia Records, 30th Century Records.[10] album ini memiliki kombinasi penyanyi lintas dekade, termasuk Blur, Run the Jewels, Sky Ferreira, Jon Spencer Blues Explosion, dan Queen.[11]

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Memiliki tiga lagu asli – 'Easy' oleh Sky Ferreira, ‘Chase Me’, oleh Danger Mouse, feat Run The Jewels dan Big Boi, serta 'Was He Slow?' oleh Kid Koala. 'Chase Me' sangat dipengaruhi oleh 'Bellbottoms' milik Jon Spencer Blues Explosion, yang juga terdapat dalam album.

No.JudulPenyanyiDurasi
1."Bellbottoms"Jon Spencer Blues Explosion5:17
2."Harlem Shuffle"Bob & Earl2:52
3."Egyptian Reggae"Jonathan Richman & The Modern Lovers2:37
4."Smokey Joe's La La"Googie Rene3:02
5."Let’s Go Away For Awhile"The Beach Boys2:21
6."B-A-B-Y"Carla Thomas2:57
7."Kashmere"Kashmere Stage Band4:57
8."Unsquare Dance"Dave Brubeck2:00
9."Neat Neat Neat"The Damned2:42
10."Easy (Single Version)"The Commodores4:16
11."Debora"T. Rex3:19
12."Debra"Beck5:43
13."Bongolia"Incredible Bongo Band2:15
14."Baby Let Me Take You (In My Arms)"The Detroit Emeralds3:53
15."Early In The Morning"Alexis Korner3:01
16."The Edge"David McCallum2:54
17."Nowhere to Run"Martha and the Vandellas3:02
18."Tequila"The Button Down Brass3:32
19."When Something Is Wrong With My Baby"Sam & Dave3:16
20."Every Little Bit Hurts"Brenda Holloway2:57
21."Intermission"Blur2:27
22."Hocus Pocus (Original Single Version)"Focus3:18
23."Radar Love (1973 Single Edit)"Golden Earring3:44
24."Never, Never Gonna Give Ya Up"Barry White4:51
25."Know How"Young MC4:02
26."Brighton Rock"Queen5:10
27."Easy"Sky Ferreira4:28
28."Baby Driver"Simon & Garfunkel3:16
29."Was He Slow (Credit Roll Version)"Kid Koala1:47
30."Chase Me"Danger Mouse feat. Run the Jewels dan Big Boi3:27
Durasi total:1:43:53

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Baby Driver mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 93%, berdasarkan 327 ulasan, dengan rating rata-rata 8/10.[12] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 86 dari 100, berdasarkan 53 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[13] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[14]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Baby Driver mendapatkan $107.825.862 di Amerika Utara dan $119.119.225 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $226.945.087, melebihi anggaran produksi film $34 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $20.553.320, menempati posisi kedua di box office di belakang film Despicable Me 3.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Baby Driver (15)". British Board of Film Classification. June 18, 2017. Diakses tanggal April 26 ,2018. 
  2. ^ "'Despicable Me 3' To Own Crowded Independence Day Weekend Stretch – Box Office Preview". Deadline.com. June 27, 2017. 
  3. ^ a b c "Baby Driver (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 17, 2017. 
  4. ^ "Baby Driver (2017)". AllMovie. Diakses tanggal June 23, 2017. 
  5. ^ D'Alessandro, Anthony (January 31, 2017). "SXSW 2017 Lineup: 'Baby Driver', 'Free Fire', 'Muppet Guys Talking' & Docus That Matter In Trump Era". Deadline.com. Diakses tanggal January 31, 2017. 
  6. ^ Gettell, Oliver (March 27, 2017). "Baby Driver release date moves up to June". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 28, 2017. Diakses tanggal March 27, 2017. 
  7. ^ "Eiza Gonzalez Joins Ansel Elgort in Edgar Wright's 'Baby Driver'". Diakses tanggal 12 May 2016. 
  8. ^ Hewitt, Chris. "Baby Driver Trailer Breakdown With Edgar Wright". 
  9. ^ a b c d "Jon Hamm, Jamie Foxx, Edgar Wright couldn't get enough of Atlanta while shooting 'Baby Driver'". Diakses tanggal 20 June 2017. 
  10. ^ Roffman, Michael. "Soundtrack to Baby Driver spans 30 tracks and multiple decades". Consequence of Sound. Diakses tanggal June 19, 2017. 
  11. ^ Connick, Tom. "Queen, Blur, The Beach Boys and more join 'Baby Driver' soundtrack". NME. Diakses tanggal June 19, 2017. 
  12. ^ "Baby Driver (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  13. ^ "Baby Driver reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  14. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]