BabyBanks Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


BabyBanks Indonesia
PT.BIONET INDONUSA PERSADA
AlamatGading Bukit Indah blok W no. 5

Jl. Bukit Gading Raya

Jakarta Utara 14240
Telp021-294 34567 (Hunting)
Fax021-294-51285
Emailadmin@babybanks.co.id
Hotline0811 882 5678 (24 Jam)
FacebookBaby Banks Indonesia
Twitter@BabyBanksIndo
Websitebabybanks.co.id

BabyBanks merupakan Bank Stemcell Tali Pusat Privat terbesar di Asia. BabyBanks didirikan oleh BIONET Corp (perusahaan yang begerak di bidang bioteknologi), pada tahun 1999 di Taiwan yang telah memiliki reputasi baik, terkemuka dan tepercaya bukan hanya di Asia melainkan di dunia. Merupakan suatu kebanggaan, BabyBanks menjadi bank penyimpanan darah tali pusat PERTAMA di ASIA yang memperoleh akreditasi AABB (the American Association of Blood Banks). Ini merupakan bukti dari keseriusan dan komitmen kami yang kuat dalam pengecekan darah, pemrosesan darah, dan penyimpanan sel induk (stem cell) untuk memastikan standar penyimpanan yang tinggi, agar kualitas dan kelangsungan hidup sel induk yang disimpan tetap baik untuk keperluan terapi kelak.

Sejarah Awal[sunting | sunting sumber]

Sejarah terbentuknya BMDW berawal tahun 1988 dari inisiatif misi kemanusiaan perkumpulan EBMT (imunobiologi uni eropa untuk transplantasi sel induk). EBMT melihat adanya upaya penyimpanan stem cell yg kian menjamur dan menjadi industri bisnis komersial yg hanya beraktivitas menyimpan stem cell saja; akan tetapi kerapkali sejumlah bank stem cell tersebut tidak mampu berbuat apa-apa bagi keluarga yg menemui kebuntuan tatkala kode HLA stem cell yg telah disimpan dengan biaya mahal tenyata kode HLA tidak cocok ataupun jumlah sel-nya masih saja kurang dari keperluan dokter transplantasi. Masalah ini membuat harapan awal di depan mata ribuan keluarga untuk memperoleh keselamatan penyembuhan berakhir menjadi sirna. Untuk itu, kerja keras terus dilakukan untuk membantu proses keberhasilan terapi stem cell dengan cara menggalang jaringan di antara sesama anggota bank sel induk berkualitas di seluruh penjuru dunia untuk mengumpulkan tersedianya jutaan stemcell berkualitas sebanyak mungkin guna bersatu padu menuju keberhasilan terapi, dan tidak mengarah ke industri bisnis komersial. Terbentuklah Bone Marrow Donors Worldwide (BMDW)

Media Penyimpanan[sunting | sunting sumber]

Darah tali pusat diproses dan disimpan di laboratorium BabyBanks yang berlokasi di Taiwan. BabyBanks saat ini memiliki 2 laboratorium penyimpanan darah tali pusat yang terletak di utara dan selatan Taiwan (Taipei dan Tainan), di mana kedua lab tersebut telah terakreditasi oleh AABB, sehingga apabila anda menyimpan darah tali pusat anak anda bersama BabyBanks, anda tidak perlu khawatir lagi karena sudah pasti akan disimpan di bank darah yang telah memenuhi standardisasi tertinggi AABB. BabyBanks merupakan satu-satunya bank darah tali pusat yang dapat menyimpan stem cell di 2 metode penyimpanan sesuai dengan yang anda kehendaki, yakni:

1. Triple Bag: Metode penyimpanan di kantung darah yg memungkinkan penggunaan stem cell hanya dipastikan untuk 1 kali terapi saja. Hal ini dikarenakan prinsip stem cell yg hanya mengenal sistem one time frozen, karena dua kali perubahan suhu akan mematikan viabilitas stem cell (thermo damage).

2. 7-Sterile Cryo vials: Metode penyimpanan dengan 7 cryo vials yg memungkinkan penggunaan stem cell lebih dari satu kali terapi. Hal ini dikarenakan kemampuan sifat fleksibilitasnya dalam menyesuaikan dosis terapi sesuai kebutuhan dokter. Dokter akan memakai vial secukupnya sesuai dosis yg diperlukan.

Spesifikasi
No. Deskripsi Program Family Banking BabyBanks
1 Media penyimpanan. • Triple Bag.

• 7-Sterile Cryovials.

• Suhu -196oC ( Sesuai dengan Akreditasi AABB )

2 Cakupan dari penyimpanan disetiap kali kelahiran. Mencakup seluruh anggota keluarga tanpa kecuali.
3 Rekomendasi penyimpanan disetiap kali kelahiran. • Tidak perlu.

• Satu kali penyimpanan dapat dimanfaatkan untuk seluruh anggota keluarga.

4 Pengujian kode HLA. Langsung di cek sejak awal sample darah tiba di laboratorium dengan fasilitas laboratorium sendiri.
5 Harga pengujian kode HLA. Gratis tanpa biaya.
6 Waktu dan biaya yang diperlukan jika mencari HLA yang cocok dan mencari kekurangan jumlah sel induk di Bank Publik. Pencarian dalam hitungan hari dengan gratis searching tanpa biaya.
7 Hak searching pencarian sel induk dengan kode HLA yang cocok. Hak searching penuh pencarian tiada batas bagi seluruh anggota keluarga hingga 3 generasi.
8 Jika kode HLA tidak cocok saat ingin melakukan terapi. • Hak searching untuk mencari sel induk dengan kecocokan kode HLA beserta untuk mendapatkan stem cell pengganti secara gratis tanpa biaya sesuai dengan kode HLA yang diperlukan dokter transplantasi.

• Harapan untuk melakukan terapi penyembuhan dapat tetap dilakukan

9 Jika jumlah sel induk kurang saat dilakukan terapi. • Hak searching untuk mencari kekurangan jumlah sel induk beserta untuk mendapatkan sel pengganti secara gratis tanpa biaya sesuai dengan dosis jumlah sel induk yang diperlukan dokter transplan.

• Harapan untuk melakukan terapi penyembuhan dapat tetap dilakukan

10 Akreditasi dan pengakuan internasional. AABB (the American Association of Blood Banks).

CAP (College American Pathologist).

BMDW (Bone Marrow Donors Worldwide).

COLA (Commision on Laboratory).