Babi has dalam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Babi has dalam panggang sebagai makanan pembuka
Babi has dalam (ditandai dengan angka "8")
Babi has dalam mentah

Babi has dalam (dalam bahasa Inggris disebut pork tenderloin), disebut juga filet daging babi atau Gentleman's Cut, adalah potongan memanjang tipis dari bagian daging babi.

Sama seperti quadrupedalisme lainnya, bagian daging ini merujuk ke bagian otot psoas mayor di sepanjang bagian tulang belakang sentral, ventral ke vertebra lumbar. Ini adalah bagian yang paling empuk dari hewan, karena otot-otot ini digunakan untuk postur, bukan penggerak.

Produk Amerika dan penggunaan[sunting | sunting sumber]

Di beberapa negara, seperti AS dan Belanda ('varkenshaas'), tenderloin babi dapat dibeli sebagai produk olahan, yang sudah dibumbui dengan rendaman. Hidangan Amerika yang umum adalah sandwich daging babi has dalam (juga disebut hanya "tenderloin") - sepotong daging babi yang diiris sangat tipis, biasanya otot loineye (longissimus) yang lebih besar dan lebih keras, babak belur dan dilapisi tepung roti, yang digoreng dan disajikan dalam roti hamburger, biasanya dengan hiasan seperti mustard, kecap, acar dan bawang. Sandwich ini umumnya dijual di Midwest AS, terutama di negara bagian Indiana. Di negara-negara selatan, babi has dalam sering disiapkan sebagai biskuit sarapan, biasanya dengan telur atau keju. Sangat umum untuk tenderloin babi digunakan sebagai alternatif untuk daging sapi has dalam (biasanya disebut fillet daging sapi di Inggris), karena dapat saja sebagai tender tetapi biaya secara signifikan lebih sedikit.

Acara televisi Alton Brown yaitu Good Eats memasukkan episode mengenai babi has dalam dengan judul: "Tender is the Pork".[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]