Babakan, Pangandaran, Pangandaran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Babakan
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Pangandaran
Kecamatan Pangandaran
Pemerintahan
 • Kepala desa Undan Herdi
Luas -
Jumlah penduduk sekitar 9000 orang
Kepadatan 35

Babakan adalah desa di kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.

Babakan Merupakan desa gerbang masuk ke Kota Pangandaran dimana Babakan juga seperti beberapa desa lain di Pangandaran, memiliki pantai. Pantai yang berada di Babakan adalah Pantai Timur Pangandaran dan Pantai Bulaksetra atau oleh warga sekitar lebih dikenal dengan Basisir Cileutik yang disana juga terdapat muara Cileutik, serta terdapat muara cikidang yang saat ini sedang dikerjakan proyek Pelabuhan Laut Cikidang Pangandaran.

Wilayah ini juga merupakan area wisata yang sangat digemari oleh wisatawan domestik maupun manca negara mancanegara yang mengunjungi Pantai Pangandaran.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Sungai Cikidang Pangandaran Jawa Barat

Desa Babakan juga diapit oleh dua sungai sebagai batas wilayah, sungai Ciputrapinggan untuk batas wilayah timur berbatasan dengan Desa Ciputrapinggan dan sungai Cikidang untuk batas wilayah barat berbatasan dengan Desa Pangandaran, sementara ke selatan Desa Babakan langsung menghadap ke Samudra Indonesia dan kesebelah utara dibatasi oleh pesawahan. Pesawahan ini termasuk wilayah babakan yang sangat luas sebanding dengan luas pemukiman penduduknya.

Babakan saat ini terbagi atas beberapa Dusun atau kampung yang rata-rata ada 3 RW yaitu Desa Bojongsari, Karanggedang, Kalapatiga,Kamurang dan Bojongkarekes. Kalapatiga adalah kampung yang berada di tengah-tengah desa ini, dan disini terdapat banyak fasilitas-fasilitas utama.

Desa Babakan memiliki luas wilayah 604 hektare  yang terdiri dari 5 (lima) Dusun, yaitu Dusun Bojongsari, Dusun Karanggedang, Dusun Kalapatiga, dusun Kamurang dan Dusun Bojongkarekes. Dimana Desa ini  terletak sekitar 3 Kmdari  ibu kota kecamatan. Secara Geografis, Desa Babakan berbatasan langsung dengan beberapa wilayah sekitarnya, meliputi ;

1.    Sebelah Utara                       :    Desa Sukahurip

2.    Sebelah Selatan                    :    Samudera Hindia

3.    Sebelah Timur                      :    Desa Putrapinggan

4.    Sebelah Barat                       :    Desa Pananjung

Luas wilayah Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis meliputi 604 Hektare,dengan perincian luas wilayah sebagai berikut;

  1. Pemukiman/bangunan        :    300           ha
  2. Jalan                                 :    12.000      m
  3. Sawah                              :    241           ha 
  4. Perkebunan                      :    51             ha
  5. Lainnya (yaitu: Pesisir)      :   12             ha

Fasilitas dan Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Pintu Masuk PPI Cikidang Babakan

Saat ini,di desa Babakan, tepatnya basisir Cileutik telah projek pembangunan pelabuhan pendaratan ikan bernama Pelabuhan Pendaratan Ikan atau PPI Cikidang Pangandaran sebagai terminal dari lal ulintas perahu pelabuhan pendaratan ikan[1] pembangunannya hampir selesai, di tiap sudutnya terlihat sudah banyak kemajuan, seperti bangunan utama yaitu Aula, Tempat Pelelangan Ikan, Mess, Pintu Gerbang Masuk, Gudang Ikan Asin, Kios-kios, Mushola, juga tempat pendaratan perahu yang mulai dikeruk. Sedangkan untuk pelabuhan samudra umum bagi kapal-kapal pesiar, penumpang, hingga kargo di Pelabuhan Bojongsalawe, meski belum jelas.

Demografis[sunting | sunting sumber]

Penduduk dari desa Babakan ini kebanyakan bermatapencaharian sebagai nelayan. Selain itu petani juga mendominasi mata pencaharian dari penduduknya menyusul pekerjaan lainnya seperti PNS, pedagang dan lainnya.

1.   Penduduk

Pada awal tahun 2012, penduduk di desa Babakan, kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis berjumlah 9.949 orang / jiwa. Dengan perincian penduduk terlihat dalam tabel 1berikut ini :

Tabel 1

Jumlah Penduduk Desa Babakan

WNI Jumlah
Laki-laki Perempuan
4.549 4.900 9.949

Sumber : Profil Desa Babakan Tahun 2012

2.   Pendidikan

Sarana pendidikan di Desa Babakan dapat dilihat pada Tabel 2 di bawah ini :

Tabel 2

Lembaga Pendidikan di Desa Babakan

Lembaga Pendidikan Jumlah Unit
PAUD 10
TK/RA 6
SD/ MI/ Sederajat 5
SLTP/ Sederajat 1
SLTA/ Sederajat 3

Berdasarkan tabel  di atas dapat dilihat bahwa sarana pendidikan yang terdapat di desa Babakan cukup memadai.

3.   Agama

Pada umumnya penduduk Desa Babakan menganut agama Islam dan dapat dikatakan hampir 100% masyarakatnya menganut agama Islam.  Dimana masyarakat Desa ini sangatlah religius, begitu banyak kegiatan-kegiatan agama yang dilakukan salah satunya seperti membentuk Majelis Taklim yang pelaksanaaan kegiatannya di lakukan di Masjid. Untuk sarana beribadah yang terdapat di Desa Babakan dapat dilihat pada Tabel 3 di bawah ini :

4.   Kesehatan

Di DesaBabakan terdapat beberapa sarana kesehatan, di antaranya dapat dilihat pada Tabel 4 di bawah ini :

Tabel 4

Sarana kesehatan yang terdapat di Desa Babakan

No Pustu/ Posyandu Dusun Jumlah
1 Posyandu Dewi Permanik Bojongsari 1 buah
2 Posyandu Dewi Arum Karanggedang 1 buah
3 Posyandu Dewi Sinta Kalapatiga 1 buah
4 Posyandu Dewi Mayangsari Kamurang 1 buah
5 Posyandu Dewi Pursita Kamurang 1 buah
6 Pustu Desa Babakan Kamurang 1 buah
7 Posyandu Dewi Kania Bojongkarekes 1 buah
8 Posyandu Dewi Mawarti Bojongkarekes 1 buah
Jumlah 8 Buah

Sumber : Profil Desa Babakan Tahun 2012

5.   Sosialbudaya

Manusia adalah makhluk sosial. Artinya manusia dimasyarakat tidak dapat hidup sendiri, selalu membutuhkan pertolongan orang lain. Tolong menolong dilakukan secara kekeluargaan serta gotong royong berdasarkan kesadaran.

Sejak dahulu tradisi dan kebiasaan tolong menolong telah tumbuh dan tertanam dalam kehidupan masyarakat Desa Babakan, misalnya pada musim tanam padi. Kita menyaksikan lelaki dan perempuan melakukan kerjasama. Untuk kegotong royongan akan kita jumpai pada kegiatan lain misalnya pada pesta perkawinan, acara bangun rumah, Jumat bersih, dll.

Masyarakat Desa Babakan selalu bekerja sama dalam segala hal, sehingga desa ini amatlah tenteram, aman, dan damai.

6.   MataPencaharian

Penduduk dari desa Babakan ini kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani. Selain itu juga nelayan mendominasi mata pencaharian dari penduduknya menyusul pekerjaan lainnya seperti PNS, pedagang dan lainnya.

Tabel 5

Mata Pencaharian Penduduk Desa Babakan

No Mata Pencaharian Jumlah 1 TNI/Polisi 13
2 PNS Guru/Dosen 101
3 PNS Nonguru/Nondosen 12
4 Karyawan Swasta 390
5 Wiraswasta 42
6 Pedagang 273
7 Petani 1.647
8 Nelayan 229
9 Buruh Pertanian 250
10 Buruh Nonpertanian 52
11 Pensiunan 90

Sumber : Profil Desa Babakan Tahun 2012

Lembaga Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dalam sektor pendidikan, terdapat Sekolah Menengah Umum Negeri 1 (SMAN 1) Pangandaran (SMA Negeri 1 Pangandaran) yang berlokasi di kampung Kamurang. SMP dan SMA PGRI juga berlokasi di daerah yang sama. Untuk tingkat SD dan TK, dimulai dari SD Babakan I sampai dengan SD Babakan V dan juga terdapat beberapa TK (Taman Kanak-Kanak) yang berada di daerah ini. Selain itu di Desa Babakan ini juga terdapat TK dan Paud seperti PAUD Al Musri' di Dusun Kamurang, PAUD Nurul Hikmah di Dsusun Kalapatiga, TKA Al Hidayah di Dusun Karanggedang, serta RA Ar Risalah di Dusun Bojongsari. Untuk tingkat sekolah menengah pertama terdapat SMP Miftahul Huda Musri Pangandaran.

Rumah Ibadah[sunting | sunting sumber]

Masjid Jami' Al Huda Babakan

Di desa yang penduduknya sekitar ada 9000 orang ini, terdapat gedung-gedung publik yang penting seperti Gardu Induk Pangandaran, PLN Pangandaran, dan Loka Litbang Pangandaran. Juga terdapat banyak masjid di antaranya; Masjid Jami' Al Huda di Kalapatiga, Masjid jami' Nurul Ikhlas di Karanggedang, Masjid Jami' At taqwa di Bojongkarekes, dan Masjid Jami' Al Hikmah di Bojongsari. Selain masjid besar di atas di desa ini juga terdapat banyak Masjid yang digunakan untuk beribadah para penduduk, yaitu Masjid Al Istiqomah, Masjid Al Fadiliyah, Masjid Nurul Hikmah, Masjid Al Mujahidin, Masjid Khairul Falah, Masjid Al Amin, Masjid Miftahul Jannah, Masjid Miftahul Khair, Masjid Nurul Qomariah, Masjid Al Jihad, Masjid Ar Rosyad, Masjid Al Hidayah, Masjid Al Kautsar, Masjid Miftahul Huda, Masjid Miftahul Ulum, Masjid At Tarbiyah SMA 1 Pangandaran, Masjid Al Manar, Masjid Sirojul Muhsinin, Masjid Nurul Jannah, Masjid Al Umm, Masjid Al Musri, Masjid PPI Cikidang dan lainnya.

Potensi Wisata[sunting | sunting sumber]

Mangrove Bulak Setra

Di Babakan Kecamatan Pangandaran, terdapat potensi wisata, yakni wisata edukasi mangrove. Lokasinya berada di pinggir teluk Pangandaran, yaitu Mangrove Bulak Setra, selain itu lokasi PPI Cikidang juga banyak diminati oleh para pendatang lokal yang hanya ingin sekadar refreshing.

Referensi[sunting | sunting sumber]