Babakan, Kertajati, Majalengka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kantor Desa Babakan

Desa Babakan adalah merupakan bagian dari wilayah administrasi Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka dengan luas wilayah ± 1.081.847 hektar yang terdiri atas 4 Dusun, 7 RW dan 19 RT. Batas wilayah administrasi Desa Babakan adalah sebelah barat berbatasan dengan Desa Palasah, sebelah Utara Desa Kertajati sebelah Selatan Desa Kertawinangun dan sebelah Timur Desa Sukawana . Sedangkan Jarak dari Desa Babakan ke Ibu Kota Kecamatan ± 0,50 km, ke Ibu Kota Kabupaten ± 26 km, dan ke Ibu Kota Provinsi ± 90 km.

Secara geografis, Desa Babakan adalah merupakan wilayah dataran dengan ketinggian 25 - 40 m di atas permukaan laut yang terdiri dari persawahan dan tegalan.

Desa Babakan adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka, terletak ± 0,50 Km dari Desa Kertajati dan dilewati poros jalan Kadipaten Jatitujuh.

Babakan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenMajalengka
KecamatanKertajati
Kode Kemendagri32.10.14.2005 Edit the value on Wikidata
Luas10.818,47 km²
Jumlah penduduk5.879 jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk Desa Babakan sampai dengan akhir tahun 2017 sebesar 5.879 jiwa dengan jumlah Laki-laki 2.137 Orang dan Perempuan 3.742 orang. Sedangkan laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Majalengka sebesar 0,95 persen. Hal ini menunjukkan bahwa laju pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Peningkatan Pembangunan bidang pendidikan dilaksanakan dalam upaya pencapaian program Wajib Belajar 9 tahun melalui pendidikan formal maupun non formal, serta terus mendorong dan meningkatkan kesadaran warga masyarakat untuk terus melanjutkan sekolah baik ke SLTA atau ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi/ perguruan tinggi.

Komposisi penduduk berdasarkan jenjang pendidikan yang ditamatkan, pendidikan Sekolah Dasar (SD) yaitu sebanyak 1.514 orang, SLTP sebanyak 786 orang persen, SLTA sebanyak 627 orang, dan Sarjana sebesar 132 orang.

Sarana prasarana dan tenaga pengajar sebagai pendukung peningkatan pendidikan, pada tahun 2014 jumlah bangunan TK/Kober sebanyak 4 Buah, bangunan SD 4 buah, SLTP 1 Buah, SMKN 1 Buah Sedangkan untuk sarana pendidikan SMK terdekat 6 km yang letaknya berada di Dusun Sukamanah, Desa Babakan. Sedangkan untuk pendidikan Agama, tersedia Madrasah tempat anak-anak.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Kesehatan adalah merupakan faktor yang sangat perlu diperhatikan dalam upaya mewujudkan masyarakat yang handal, dimana kesehatan bukan hanya kesehatan jasmani saja akan tetapi harus didukung pula oleh kesehatan lingkungan.

Kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh diantaranya kesadaran dan akses atau pasilitas yang tersedia. Untuk memenuhi peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, terdapat 4 Posyandu, 1 Poskesdes dengan tenaga kesehatan 3 Bidan Desa. Untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sakit, yaitu tersedia Puskesmas yang berlokasi di Kota Kecamatan dengan jarak tempuh 3 Km, dan bagi yang memerlukan perawatan di Rumah sakit, yaitu tersedia rumah sakit daerah dengan jarak tempuh 18 km dari luar desa.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Kondisi perekonomian masyarakat secara umum mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, hal ini dapat dilihat dari berbagai aspek diantaranya dari aspek pertanian, hasil panen padi dari luas lahan 1 ha meningkat, dari 6,5 ton/ha pada tahun 2014 menjadi 7 ton/ha pada tahun 2017. Demikian pula dalam pengelolaan lahan apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2018 ini, mayoritas petani pengelolaannya sudah menggunakan traktor yang jumlahnya semakin meningkat. Peningkatan perekonomian masyarakat dapat pula dilihat dari pola hidup dan sarana penunjang kehidupan sehari-hari, dimana untuk menunjang aktifitas kehidupan sehari hari di Desa Babakan terdapat peningkatan yang cukup signifikan pemilik kendaraan baik kendaran roda dua maupu kendaraan roda empat.

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

Wilayah Desa Babakan Terdiri Dari 1 Blok dan 3 Dusun yaitu Blok Desa, Dusun Sukamaju, Dusun Sukamelang dan Dusun Sukamanah Yang masing-masing dikepalai oleh kepala dusun, Selain itu juga terbagi menjadi 7 Rukun warga dan 19 Rukun Tetangga, untuk RW.1 terdiri dari 3 Rukun Tetangga, RW.2 terdiri dari 3 Rukun Tetangga dan untuk RW.3 terdiri dari 3 Rukun Tetangga, RW 4 terdiri dari 3 Rukun Tetangga, Rw 5 terdiri dari 3 Rukun Tetangga, RW 6 terdiri dari 2 Rukun Tetangga, RW 7 terdiri dari 2 Rukun Tetangga Batas antara Rukun Warga dibatasi ada dengan jalan Raya dan ada juga yang dibatasi dengan saluran pembuang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]