BSD Daemon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bsd daemon.jpg

BSD Daemon adalah maskot dari sistem operasi BSD, yang dinamai dari daemon, sebuah tipe perangkat lunak sistem yang umum dalam sistem operasi bertipe Unix. BSD Daemon mengambil bentuk menyerupai setan dalam mitologi klasik. Beberapa sumber memanggil BSD Daemon dengan nama "beastie," bentuk pengucapan dari BSD (BeeS Dee). BSD Daemon digambarkan membawa sebuah trisula sebagai simbol dari fork (garpu) atau pencabangan/pembuatan varian baru dalam proses pengembanagn perangkat lunak.

Hak cipta dari BSD Daemon dimiliki oleh Marshall Kirk McKusick yang hanya digunakan sebagai identifikasi atas perangkat lunak berbasis BSD.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

BSD Daemon pertama kali digambar pada tahun 1976 oleh seniman komik Phil Foglio. Tukang kunci Mike O'Brien, menolong Foglio membukakan lemari besi yang terkunci di apartemen Foglio di Chicago. Sebagai balasan, Foglio setuju untuk membuatkan O'Brien gambar untuk kaos (T-shirt). O'Brien memberikan Foglio beberapa foto Polaroid mengenai sistem PDP-11 yang menjalankan UNIX bersama keterangan ringkas mengenai pipa Unix, daemon, pencabangan, /dev/null dan sebagainya.[1] Hasil karya Foglio menunjukkan empat setan merah ceria yang membawa trisula sedang mendaki (atau jatuh dari) pipa di depan karikatur mesin PDP-11. Gambar ini digunakan dalam pertemuan nasional UNIX Amerika Serikat pertama (yang diadakan di Urbana, Illinois). Bell Labs membeli puluhan kaos yang menampilkan gambar tersebut, yang kemudian muncul di kaos-kaos UNIX selama sekitar satu dekade. Usenix membeli hak reproduksi Foglio pada tahun 1986. Gambar aslinya kemudian hilang setelah dikirim ke Digital Equipment Corporation untuk digunakan dalam iklan dan kini salinan yang ada hanya dari foto-foto kaos tersisa. [2]

Gambar versi BSD daemon kemudian, yang lebih populer, dibuat oleh direktur animasi John Lasseter diawali dengan sebuah lukisan awal abu-abu pada sampul buku Unix Sistem Manager's Manual terbitan tahun 1984 oleh Usenix untuk 4.2BSD.[3] Penulis/ editornya, Sam Leffler (yang merupakan anggota staf teknis di CSRG), dan Lasseter adalah karyawan-karyawan Lucasfilm pada saat itu. Sekitar empat tahun setelah itu, Lasseter menggambar BSD daemon untuk sampul buku McKusick tahun 1988, The Design and Implementation of the 4.3BSD Operating System.[4] Lasseter juga menggambar BSD daemon untuk sampul buku 4.4BSD pada tahun 1994.

Digunakan sebagai logo sistem operasi[sunting | sunting sumber]

Dari 1994 sampai 2004, proyek NetBSD menggunakan karya Shawn Mueller sebagai logo, menggambarkan empat BSD Daemon dalam pose mirip dengan foto yang terkenal Mengibarkan Bendera di Iwo Jima. [5] Kemudian diganti dengan logo bendera abstrak, yang dipilih dari lebih dari 400 peserta dalam sebuah kompetisi logo.[6]

Versi awal OpenBSD (2.3 dan 2.4) menggunakan BSD daemon dengan halo tetapi kemudian beralih ke Puffy sebagai maskot.

Proyek FreeBSD menggunakan gambar John Lasseter tahun 1988 sebagai logo dan maskot selama 12 tahun. Namun, timbul pertanyaan mengenai efektifitas gambar tersebut sebagai logo. Daemon tersebut tidak unik bagi FreeBSD karena secara historis sudah digunakan oleh varian BSD lain dan anggota tim inti FreeBSD menganggapnya tidak baik untuk perusahaan dan tujuan pemasaran.

Karena gambar Lasseter tidak dibuat secara vector maka sulit diubah ukurannya serta kurang bagus dalam dua atau tiga warna. Sebuah kontes untuk membuat logo FreeBSD baru dimulai pada bulan Februari 2005 dan logo resmi baru telah dipilih pada bulan Oktober berikutnya, walaupun "si kecil meraha" tetap dipertahankan sebagai maskot.[7]

Masalah nama[sunting | sunting sumber]

Pertengahan 1990an seorang wiraniaga Walnut Creek CDROM menamai maskot tersebut Chuck, mungkin merujuk pada merek sepatu yang dipakai si maskot (Chuck Taylor All-Stars). Namun nama tersebut diprotes oleh pemegang hak ciptanya yang mengatakan bahwa BSD daemon ""sangat bangga bahwa ia tidak punya nama, dia hanya BSD daemon. Jika Anda bersikeras pada nama, Beastie panggilannya."[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ mckusick.com, Usenix, retrieved 15 December 2007
  2. ^ minnie.tuhs.org, Saving UNIX from /dev/null, retrieved 15 December 2007 - The artwork was intended for an ad for DEC's Ultrix.
  3. ^ FreeBSD.org, The BSD Daemon, retrieved 15 December 2007
  4. ^ frbsd.org, Chuck's Corner (in French), retrieved 19 December 2007
  5. ^ "Old NetBSD logo". The NetBSD Foundation. Diakses 2008-04-24. 
  6. ^ "The NetBSD Foundation Press Release: Announcement of New Logo". The NetBSD Foundation. 2004-10-30. Diakses 2008-04-21. 
  7. ^ "Final result for the FreeBSD logo design competition". The FreeBSD Project. 2005. Diakses 2007-03-01. 
  8. ^ mckusick.com, Beastie, retrieved 15 December 2007

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]