BMD-3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
BMD-3 1.jpg

BMD-3 (Boyevaya Mashina Desanta, Rusia "Боевая Машина Десанта", harfiah "Kendaraan Tempur dari Airborne") adalah kendaraan tempur infanteri (IFV) yang berasal dari bekas Uni Soviet.

Kendaraan tempur lapis baja ini adalah salah satu teringan di kelasnya dan dimaksudkan untuk menjadi platform dukungan tembakan untuk digunakan oleh unit serangan udara dan udara. Persenjataan utama adalah meriam 30 mm 2A42 mampu menembak berbagai jenis amunisi yang meliputi ledakan tinggi dan baju besi-piecing. BMD-3 memiliki beberapa senjata sekunder seperti rudal 9M113 Konkurs dan AGS-17 peluncur granat untuk mengalahkan berbagai target dari infanteri musuh dan untuk kendaraan tempur lapis baja lainnya.

Dirancang pada tahun 1980, kendaraan itu diproduksi oleh pabrik traktor Volgograd di bawah industri indeks Objek 950. BMD-3 memasuki layanan dengan VDV pada tahun 1990 dengan hanya 137 kendaraan yang diproduksi karena depresi ekonomi. Operator dari BMD-3 adalah Angola dan Rusia. Pada 2013, 123 BMD-3 dan 60 BMD-4s dalam pelayanan dengan Pasukan Rusia Airborne.

Referensi[sunting | sunting sumber]