BISS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Basic Interoperable Scrambling System, biasanya dikenal sebagai BISS, adalah sistem pengacakan sinyal satelit yang dikembangkan oleh European Broadcasting Union dan konsorsium produsen perangkat keras.

Peralatan seluler untuk mengirim berita melalui tautan satelit yang digunakan oleh reporter berita TVNZ .

Sebelum pengembangannya, umpan berita satelit "ad hoc" atau "sesekali digunakan" ditransmisikan dengan menggunakan metode enkripsi berpemilik (mis. RAS, atau PowerVu), atau tanpa enkripsi apa pun. Umpan satelit yang tidak terenkripsi memungkinkan siapa pun dengan peralatan yang benar untuk melihat materi program.

Metode enkripsi eksklusif ditentukan oleh produsen pembuat enkode, dan menempatkan batasan kompatibilitas utama pada jenis penerima satelit (IRD) yang dapat digunakan untuk setiap umpan. BISS adalah upaya untuk menciptakan sistem enkripsi "platform terbuka", yang dapat digunakan di berbagai peralatan pabrik.

Kolom untuk memasukkan kunci BISS pada Ericsson RX8200 IRD

Ada dua jenis enkripsi BISS yang digunakan:

  • Transmisi BISS-1 dilindungi oleh "kunci sesi" heksadesimal 12 digit yang disepakati oleh pihak pengirim dan penerima sebelum transmisi. Kunci dimasukkan ke dalam encoder dan decoder, kunci ini kemudian membentuk bagian dari enkripsi sinyal TV digital dan setiap penerima dengan dukungan BISS dengan kunci yang benar akan mendekripsi sinyal.
  • BISS-E (E untuk terenkripsi) adalah variasi di mana decoder telah menyimpan satu kunci BISS rahasia yang dimasukkan oleh, misalnya, pemegang hak. Ini tidak diketahui oleh pengguna decoder. Pengguna kemudian dikirim kode heksadesimal 16 digit, yang dimasukkan sebagai "kunci sesi". Kunci sesi ini kemudian secara matematis dikombinasikan secara internal untuk menghitung kunci BISS-1 yang dapat mendekripsi sinyal.

Hanya decoder dengan kunci BISS-rahasia yang benar yang dapat mendekripsi umpan BISS-E. Ini memberikan kontrol pemegang hak untuk mana decoder yang dapat digunakan untuk mendekripsi/decode feed tertentu. Umpan terenkripsi BISS-E mana pun akan memiliki kunci BISS-1 yang sesuai yang akan membukanya.

BISS-E antara lain digunakan oleh EBU untuk melindungi Liga Champions UEFA dan feed satelit profil tinggi lainnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]