Bülent Arınç

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bülent Arınç
Bülent Arınç

Arınç berpidato di Chatham House pada 2014


Petahana
Mulai menjabat 
1 Mei 2009
Bersama dengan Ali Babacan dan Cemil Çiçek
Perdana Menteri Recep Tayyip Erdoğan
Pendahulu Hayati Yazıcı

Masa jabatan
19 November 2002–22 Juli 2007
Presiden Ahmet Necdet Sezer
Pendahulu Ömer İzgi
Pengganti Köksal Toptan

Lahir 25 Mei 1948 (umur 70)
Bursa, Turkey
Kebangsaan Turki
Partai politik Partai Keadilan dan Pembangunan
Suami/Istri Münevver Arınç
Anak Mehmet Fatih (wafat 1997), Ayşenur, Mücahit
Agama Islam Sunni

Bülent Arınç adalah seorang politisi konservatif Turki. Ia pernah memangku amanah sebagai Ketua Parlemen Turki yang ke-22 masa bakti 2002-2007. Ia kini menjadi salah seorang Menteri Negara Turki dan juga menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Turki.

Riwayat Hidup[sunting | sunting sumber]

Ia lahir pada 25 Mei 1948 di Bursa, Turki. Setelah menamatkan pendidikan SMA di Manisa, Bulent melanjutkan kuliah di Universitas Ankara hingga meraih gelar Sarjana Hukum pada tahun 1970. Lulus kuliah, ia kemudian bekerja sebagai pengacara lepas di kota Manisa.

Memasuki kancah politik[sunting | sunting sumber]

Sudah tertarik dengan politik sejak dari masa-masa kuliah, Bulent maju bertarung untuk mewakili Manisa pada pemilihan umum 1995, dan berhasil masuk Majelis Besar Nasional Turki dari Partai Kesejahteraan (Refah Partisi). Ia juga menjadi anggota jajaran pengurus teras partainya dan di parlemen berkiprah di komisi hukum.

Menyusul pembubaran Partai Kesejahteraan oleh Mahkamah Konstitusional Turki pada 15 Februari 1998, ia lantas bergabung ke Partai Kebajikan (Fazilet Partisi). Pada tahun 1999, Arinc terpilih kembali mewakili Manisa, kali ini melalui Partai Kebajikan. Di parlemen, ia menduduki amanah sebagai anggota komisi hubungan luar negeri.

Mahkamah Konstitusi kemudian juga menutup Partai Kebajikan pada 22 Juni 2001. Bulent bersama Recep Tayyip Erdogan, kemudian bersama-sama mendirikan Partai Keadilan dan Pembangunan (Adalet ve Kalkinma Partisi) pada tanggal 14 Agustus masih pada tahun yang sama. Waktu itu ia ditunjuk sebagai juru bicara fraksi partainya di parlemen.

Bulent kemudian terpilih untuk kali ketiga mewakili Manisa dalam pemilu yang digelar 3 November 2002. Pada 19 November 2002, ia terpilih sebagai Ketua Parlemen. Pada 1 Mei 2009, ia diangkat sebagai Menteri Negara yang bertanggung jawab atas Yayasan-yayasan dan perusahaan radio televisi Turki (TRT). Dalam Kabinet Erdogan II, ia menjabat sebagai Deputi (Wakil) Perdana Menteri,

External links[sunting | sunting sumber]